Catat 5 Obat Penurun Kolestetol Alami yang Ampuh dan Mudah Dicari

Minggu, 20 November 2022 | 11:00 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Catat 5 Obat Penurun Kolestetol Alami yang Ampuh dan Mudah Dicari

KONTAN.CO.ID - Mengkonsumsi obat penurun kolesterol alami adalah salah satu cara alternatif mengatasi kolesterol tinggi. Selain itu, cukup banyak obat penurun kolesterol alami yang ampuh dan mudah untuk dicari.

Obat penurun kolesterol alami kebanyakan mudah untuk didapatkan karena banyak dijual di pasaran. Selain itu, obat penurun kolesterol alami juga umumnya baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kadar kolesterol dalam tubuh sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya, jika jumlah kolesterol tertalu tinggi dapat meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit seperti serangan jantung, stroke dan penyakit berbahaya lainnya.

Baca Juga: Catat 5 Manfaat Daun Jeruk Untuk Kesehatan yang Cukup Menarik Perhatian

Lantas apa saja obat penurun kolesterol alami yang dapat dikonsumsi?

Melansir dari Common Sense Home, berikut ada beberapa obat penurun kolesterol yang perlu Anda ketahui:

1. Teh Hijau

Teh hijau

Obat penurun kolesterol alami yang pertama adalah teh hijau. Teh hijau merupakan salah satu jenis teh herbal yang mampu membantu menurunkan kolesterol tinggi.

Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi teh hijau secara rutin dapat menurunkan kolesterol lebih cepat. Namun, pastikan meminum teh hijau dengan takaran yang pas dan tidak berlebihan.

Baca Juga: 5 Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Oatmeal

Oatmeal juga merupakan salah satu obat penurun kolesterol alami. Hal tersebut dikarenakan oatmeal mengandung banyak nutrisi dan serat yang baik untuk kesehatan. Bahkan, selain dapat menurunkan kolesterol tinggi, oatmeal juga termasuk salah satu makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan.

3. Apel

Tips Cegah Oksidasi pada Buah Apel

Anda suka makan apel? Hal tersebut sangat baik untuk kesehatan, khususnya penderita kolesterol tinggi. Apel juga termasuk ke dalam obat penurun kolesterol alami. Terdapat penelitian yang dilakukan Florida State University, menunjukkan bahwa apel dapat menurunkan kolesterol jahat jika dikonsumsi setiap hari.

Baca Juga: Catat 5 Obat Sakit Tenggorokan Alami yang Mudah Dicari, Simak!

4. Bawang Putih

Obat penurun kolesterol alami selanjutnya yaitu bawang puting. Bawang putih tentu tak asing ditelinga karena kerap dijadikan bahan masakan. Namun, ternyata bawang putih mampu menurunkan kolesterol jahat loh. Pasalnya, bawang putih mengandung antivirus, antibakteri dan antioksidan yang mampu membantu Anda menghindari berbagai penyakit.

Baca Juga: 9 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan, Cek!

5. Bluberi

Selain apel, mengkonsumsi bluberi juga baik untuk kesehatan tubuh serta mampu menurunkan kolesterol jahat pula. Bluberi mengandung antiinflamasi dan antioksidan efektif melawan radikal bebas dan pemicu berbagai penyakit lainnya termasuk menurunkan kolesterol.

Selanjutnya: Tips Daun Monstera Lebar dan Mengkilap, Begini Cara Merawat Monstera

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru