kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat, 6 Obat Maag Alami yang Efektif Mengatasi Sakit Maag


Selasa, 16 Agustus 2022 / 12:16 WIB
Catat, 6 Obat Maag Alami yang Efektif Mengatasi Sakit Maag
ILUSTRASI. Cuka apel adalah salah satu obat maag alami.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beberapa jenis obat maag alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi sakit maag. Selain itu, obat maag alami cukup mudah dicari karena banyak dijual di pasaran.

Selain itu, mengonsumsi obat maag alami cocok untuk dikonsumsi saat puasa. Pasalnya, saat berpuasa, perut kosong dan berisiko menyebabkan maag kambuh. 

Maag merupakan gangguan lambung yang bisa terjadi kapan, di mana, dan siapa aja . Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi sakit maag sesegars mungkin. 

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Asam Lambung Naik yang Perlu Diwaspadai Mulai Dari Mulut Asam

Namun, untuk meminimalisir efek samping dan memaksimalkan manfaat obat maag alami, Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Melansir dari Netmeds, berikut beberapa obat maag alami yang perlu Anda ketahui, di antaranya: 

1. Teh herbal

Teh herbal adalah rekomendasi obat maag alami yang pertama. Teh herbal mengandung banyak antioksidan dan antiinflamasi yang dapat melancarkan pencernaan dan mengurangi rasa sakit karena sakit maag atau masalah lambung lainnya.

2. Biji adas

Biji adas adalah obat maag alami yang telah teruji dapat meredakan sakit maag serta mengatasi kembung dan masuk angin.

Terdiri dari sejumlah besar senyawa tanaman yang berharga fenchone, anethole, dan estragole, biji adas merangsang sekresi lambung, memungkinkan pemrosesan partikel makanan tanpa hambatan serta mengurangi gejala gangguan pencernaan dan tentunya mengatasi sakit maag.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2022/2023: PSIS Semarang vs Persik Kediri Jadi Pembuka Pekan Ke-5

3. Minyak peppermint

Minyak peppermint dianggap sebagai solusi efektif untuk mengatasi gangguan pada saluran perut, seperti kembung, sembelit, perut kembung, dan sakit maag.

Sebab, tingkat mentol yang penting dalam ekstrak peppermint mampu melemaskan otot-otot usus dan memungkinkan proses pencernaan dan ekskresi yang lancar, sehingga sakit maag bisa teratasi.

4. Cengkih

Cengkih adalah obat tradisional untuk menyembuhkan sejumlah masalah pencernaan termasuk kembung, keluhan lambung, perut kembung, sembelit, dan bahkan sakit maag. 

Mengunyah biji cengkih atau menelan satu sendok teh bubuk cengkih dengan elaichi setelah makan merangsang sekresi asam pencernaan, sehingga mencegah keasaman dan menghilangkan gas yang berlebihan dari tubuh.

Baca Juga: 5 Makanan Rendah Kalori yang Cocok Dikonsumsi Saat Diet Menurunkan Berat Badan

5. Cuka apel

Obat maag alami selanjutnya yaitu cuka apel. Cuka apel mengandung senyawa yang mampu melancarkan pencernaan, mengurangi rasa sakit dan mencegah sakit maag kambuh. Selain itu, cuka apel juga dapat menyebuhkan peradangan. Di perut.

6. Probiotik

Prebiotik juga termasuk salah satu obat maag alami. Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang tergabung dalam berbagai makanan, dengan proses yang dikenal sebagai fermentasi. 

Prebiotik terdiri dari bakteri dan jamur (ragi) yang termasuk dalam kelompok Lactobacillus, Bifidobacterium, Rhizopus, dan Saccharomyces.

Mereka disebut sebagai "bakteri baik" karena mereka membantu dalam mempertahankan pasokan alami mikroba menguntungkan di perut dan juga membantu untuk mengalahkan gastritis, ISK, diare, dan termasuk sakit maag.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×