kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45992,69   1,09   0.11%
  • EMAS1.132.000 -0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

11 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan dan Wanita yang Sudah Terbukti


Selasa, 21 Februari 2023 / 10:16 WIB
11 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan dan Wanita yang Sudah Terbukti
ILUSTRASI. Manfaat jahe merah untuk kesehatan antara lain mengobati rubella, aterosklerosis, tuberkulosis.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Jahe merah dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Manfaat jahe merah untuk kesehatan antara lain mengobati rubella, aterosklerosis, tuberkulosis, gangguan pertumbuhan, radang, muntah, hingga kanker. 

Dirangkum dari laman National Center for Biotechnology Informartion, bukti ilmiah menunjukkan bahwa jahe merah memiliki sifat sebagai imunomodulator, anti-hipertensi, anti-hiperlipidemia, anti-hiperurisemia, anti-mikroba, dan sitotoksik. 

Beberapa sifat dan kandungan aktifnya inilah yang mendasari sejumlah manfaat jahe merah untuk kesehatan. Lantas, apa saja manfaat jahe merah untuk kesehatan serta manfaat jahe merah untuk wanita? 

Baca Juga: 6 Terapi Alami untuk Obati Asam Urat Tanpa Obat, Lakukan Saat Kambuh

Manfaat jahe merah untuk kesehatan 

Manfaat jahe merah yakni dapat melawan flu, pilek, dan infeksi.

Nah, dirangkum dari laman Empathy Herbal, berikut adalah beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan:

1. Manfaat jahe merah membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Senyawa kimia dalam jahe merah dipercaya dapat membantu meredakan sakit perut dan membantu pencernaan. Sejumlah penelitian menyebutkan manfaat jahe merah untuk kesehatan dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan.

Baca Juga: Selain Obat Apotik, Ini Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami

2. Melawan flu, pilek dan infeksi

Selanjutnya, manfaat jahe merah yakni dapat melawan flu, pilek, dan infeksi. Sebab jahe merah mengandung shogaol, gingerol dan zingerone. Ketiga zat ini dapat membantu melawan infeksi. 

Selain itu, sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kaya dalam jahe merah dapat membantu mengurangi bakteri jahat dalam tubuh. Sehingga, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 5 Obat Gusi Bengkak Alami yang Mudah Dibuat Sendiri

3. Melindungi paru-paru

Jahe memiliki banyak manfaat kesehatan untuk paru-paru. Sebuah studi pada 2018 menyimpulkan bahwa jahe merah secara efisien dapat melindungi paru-paru dari kerusakan parah akibat hiperoksia dan peradangan. Sehingga, salah satu manfaat jahe merah untuk kesehatan adalah dapat melindungi paru-paru. 

4. Meredakan mual, terutama morning sickness

Nah, meredakan mual terutama morning sickness adalah salah satu manfaat jahe merah untuk wanita hamil. Para ilmuwan telah membuktikan bahw jahe efektif dan aman untuk membantu menghilangkan mual yang disebabkan oleh berbagai alasan, seperti kehamilan dan kemoterapi.

Baca Juga: ​9 Obat Asam Urat Alami Paling Ampuh yang Bisa Dicoba

5. Manfaat jahe merah untuk mengurangi peradangan

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat tinggi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan di dalam tubuh. 

Jahe merah dapat dikonsumsi sebagai suplemen untuk arthritis dan osteoarthritis. Jadi, salah satu manfaat jahe merah untuk kesehatan yakni bisa meredakan nyeri sendi.

Baca Juga: 9 Bahan Alami yang Bikin Kolesterol Tak Berkutik, Cek Juga Vitamin Lainnya

6. Menjaga kesehatan jantung

Selanjutnya, manfaat jahe yakni dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Sebuah studi menunjukkan bahwa jahe memiliki sifat anti-diabetes yang luar biasa. 

Sebuah penelitian juga membuktikan jahe dapat membantu menurunkan gula darah yang merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung. Juga, banyak penelitian menunjukkan jahe dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (jahat) dan mendukung kesehatan jantung. 

Baca Juga: Menurunkan Kolesterol dan Trigliserida, Ini Manfaat Wedang Sereh Gula Merah

7. Mencegah kanker

Kemudian, manfaat jahe merah untuk kesehatan adalah membantu mencegah kanker. Jahe merah mengandung banyak gingerol dan zingerone yang dapat membantu menurunkan risiko terkena kanker.

Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi jahe merah dalam jangka panjang dapat membantu mencegah kanker karena kandungan antioksidan dan antikankernya.

Baca Juga: Tingkatkan Ekspor Jahe Merah, Bintang Toedjoe Targetkan Masuk Pasar Jepang Tahun Ini

Manfaat jahe merah untuk kesehatan juga bisa digunakan untuk menghangatkan tubuh.

8. Manfaat jahe merah untuk menghangatkan tubuh 

Manfaat jahe merah untuk kesehatan juga bisa digunakan untuk menghangatkan tubuh. Rasa pedas jahe merah berasal dari senyawa gingerol yang sangat bermanfaat untuk menghangatkan tubuh.

Oleh karena itu, cobalah teh jahe merah panas di musim hujan atau cuaca dingin untuk membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dan menghangatkan tubuh. 

Baca Juga: 12 Cara Agar Asam Urat di Kaki Langsung Rontok, Mudah Dilakukan

9. Menurunkan berat badan

Mengonsumsi jahe merah dapat bermanfaat untuk membakar kalori melalui rasa hangat yang dihasilkan. Beberapa penelitian menunjukkan manfaat jahe merah berperan dalam membantu penurunan berat badan dan mencegah obesitas.

10. Manfaat jahe merah untuk wanita meredakan nyeri haid

Salah satu manfaat jahe merah yang populer adalah untuk meredakan nyeri, terutama nyeri haid. Penelitian telah membuktikan bahwa jahe secara signifikan membantu meredakan nyeri haid dan nyeri otot. Sehingga, manfaat jahe merah untuk wanita adalah membantu meredakan nyeri haid.  

Baca Juga: Selain Kunyit, Ini Bahan Alami yang Efektif Meredakan Asam Lambung Tinggi

11. Meningkatkan fungsi otak dan melindungi dari penyakit Alzheimer

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa bioaktif dan antioksidan dalam jahe dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif. 

Studi tersebut juga membuktikan mengonsumsi jahe merah setiap hari dapat meningkatkan fungsi otak dan mengurangi kehilangan memori.

Baca Juga: 7 Cara Mengobati Keputihan Secara Alami

Banyak penelitian setuju bahwa jahe dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit Alzheimer. Sehingga, salah satu manfaat jahe merah untuk kesehatan adalah meningkatkan fungsi otak dan melindunginya dari penyakit Alzheimer. 

Demikian penjelasan mengenai manfaat jahe merah, manfaat jahe merah untuk kesehatan, serta manfaat jahe merah untuk wanita. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×