kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,47   7,12   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Terapi Alami untuk Obati Asam Urat Tanpa Obat, Lakukan Saat Kambuh


Selasa, 21 Februari 2023 / 07:17 WIB
6 Terapi Alami untuk Obati Asam Urat Tanpa Obat, Lakukan Saat Kambuh
ILUSTRASI. Cara mengatasi asam urat tanpa obat antara lain minum air lemon, banyak minum air putih, minum kopi dan kompres dingin.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak cara mengatasi asam urat tanpa obat. Cara mengatasi asam urat tanpa obat ini bermanfaat sebagai pertolongan pertama saat kambuh.

Sudah banyak yang tahu, jika penyakit asam urat bisa kambuh setiap saat. Saat asam urat kambuh sangat merepotkan, seluruh persendian akan terdera nyeri, panas dan juga pembengkakan.

Asam urat seringnya menyerang area persendian di jari-jemari tangan dan kaki, pergelangan kaki juga lutut. Ketika asam urat kambuh, nyeri akan mendera dengan cepat dalam beberapa jam pertama. Kemudian akan timbul kesulitan untuk bergerak, yang seringnya terjadi di malam hari.

Penyebab asam urat

Penyebab asam urat karena banyak faktor. Penyebab asam urat antara lain karena faktor keturunan.

Penyebab asam urat lainny adalah faktor pola makan. Terlalu banyak mengonsumsi jerohan, daging merah dan hidangan laut yang mengandung purin tinggi adalah salah satu faktor penyebab asam urat.

Baca Juga: Kenali penyebab dan gejala asam urat yang paling umum terjadi

Cara mengatasi asam urat

Nah, jangan khawatir jika asam urat kambuh. Ada berbagai cara mengatasi asam urat tanpa obat.

Salah satu cara mengatasi asam urat tanpa obat adalah dengan terapi. Terapi merupakan salah satu cara tepat untuk mengatasi asam urat.

Pasalnya, saat asam urat kambuh, tak ada yang bisa Anda lakukan untuk mencegah peningkatan gejala yang ada. Yang bisa Anda lakukan hanyalah meringankan nyeri yang ada dengan menggunakan terapi-terapi alami rumahan.

Melansir dari WebMD, obat untuk asam urat bisa berupa obat berjenis allopurinol. anakinra, lesinurad, probenecid, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah terapi alami yang bisa Anda coba di rumah sebagai cara mengatasi asam urat tanpa obat:

1. Kompres dingin

Cara pertama mengatasi asam urat tanpa obat adalah kompres menggunakan air dingin. Kompres air dingin menggunakan es batu bisa digunakan meredakan nyeri asam urat.

Gejala awal asam urat bisa berupa sensasi gatal seperti digelitik dan sedikit panas di sekitar persendian. Ketika Anda sudah menghapal tanda-tanda ini, maka segeralah ambil air dingin atau sebongkah es batu.

Gunakan handuk untuk melapisi es, atau celupkan handuk di air dingin, dan gunakan untuk mengompres persendian yang mulai terasa panas. Lakukan pengompresan selama 20 menit, ulangi setiap beberapa jam sekali.

Baca Juga: Selain Jahe, Ini Obat Asam Urat Alami yang Mudah Didapat




TERBARU

[X]
×