kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,08   6,72   0.72%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Cara Mengobati Keputihan Secara Alami


Kamis, 16 Februari 2023 / 14:59 WIB
7 Cara Mengobati Keputihan Secara Alami
ILUSTRASI. Beras juga merupakan salah satu obat keputihan alami.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Obat keputihan alami akan dibahas di artikel ini. Keputihan adalah kondisi ketika lendir kental atau cairan bening keluar dari vagina. Keputihan adalah cara alami tubuh menjaga kebersihan, kelembapan, serta untuk melindungi organ intim wanita. 

Namun, jika keputihan terlalu banyak, kondisi ini bisa menjadi hal yang tidak nyaman oleh wanita. Nah, sebenarnya, ada beberapa obat keputihan alami.

Cara mengobati keputihan secara alami bisa dilakukan dengan bahan-bahan herbal. obat keputihan alami juga bisa menjadi alternatif ketimbang menggunakan obat bebas yang biasanya berbentuk krim. 

Lantas, apa saja obat keputihan alami yang efektif?

Baca Juga: 4 Tips Membuat Anak Mau Mendengarkan Anda, Nomor 3 Paling Penting!

Cara mengobati keputihan secara alami

Berikut ini sederet obat keputihan alami yang bisa Anda coba sendiri di rumah sebagaimana dilansir dari laman Lybrate:

1. Ketumbar

Cara mengobati keputihan secara alami pertama adalah dengan ketumbar.

Cara mengobati keputihan secara alami pertama adalah dengan ketumbar. Untuk menghentikan keputihan, biji ketumbar dapat digunakan sebagai obat alami.

Cara menggunakan obat keputihan alami, yakni rendam beberapa sendok teh biji ketumbar dalam air sepanjang malam.

Kemudian, saring air dari larutan ketumbar tersebut dan minumlah dengan kondisi perut kosong di pagi hari. Larutan ketumbar ini adalah salah satu solusi ara mengobati keputihan secara alami yang cukup manjur. 

Baca Juga: Ini 11 Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat dan Mudah Didapat

2. Delima

Delima sebagai obat keputihan alami.

Delima adalah buah yang tidak hanya enak tetapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk sebagai obat keputihan alami.

Delima digunakan sebagai salah satu pengobatan rumahan yang efektif untuk menghentikan keputihan pada wanita. 

Anda bisa mengonsumsinya mentah dengan bijinya atau mengekstrak sarinya. Bahkan, daun buah delima juga kerap dipakai untuk obat keputihan alami.

Cara mengobati keputihan secara alami dengan daun buah Delima adalah dengan ditumbuk lalu dicampur dengan air. Kemudian ramuan tersebut dapat dikonsumsi di pagi hari setiap hari.

Baca Juga: Moms Bisa Coba, Cara Ini Efektif untuk Mencegah Keputihan yang Mengganggu

3. Kemangi

Orang telah menggunakan kemangi sebagai obat keputihan alami.

Kemangi adalah salah satu bahan yang memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Sudah lama, orang telah menggunakannya sebagai obat keputihan alami. 

Anda bisa membuat jus dari daun kemangi dan tambahkan madu. Konsumsi jus tersebut setiap hari dua kali untuk meredakan masalah keputihan secara total. 

Sebagai alternatif obat keputihan alami, Anda juga bisa mengkonsumsinya dengan susu setiap hari untuk menghindari masalah keputihan. Anda juga bisa mencampur jus kemangi dengan sirup atau gula.

Baca Juga: 9 Tanda-tanda Mau Melahirkan, Cek Beda Rembesan Air Ketuban dan Kencing

4. Beras

Beras juga merupakan salah satu obat keputihan alami.

Beras juga merupakan salah satu obat keputihan alami. Cara mengobati keputihan secara alami dengan beras yaitu ekstrak tepung beras menjadi pati dengan cara merebusnya.

Anda hanya perlu merebus beras dan menyaring airnya. Pati beras ini sangat direkomendasikan bila Anda berulang kali menderita masalah keputihan.

Lalu dinginkan dan diminum secara teratur untuk mencegah masalah keputihan pada wanita.

Baca Juga: Mengobati Batuk, Ini Sederet Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan

5. Daun jambu biji

Kemudian, salah satu obat keputihan alami dan gatal-gatal adalah daun jambu biji.

Kemudian, salah satu obat keputihan alami dan gatal-gatal adalah daun jambu biji. Petik beberapa daun jambu biji dari pohonnya dan rebus sampai airnya tinggal setengah. 

Saring air rebusan daun tersebut dan minum airnya untuk mengurangi masalah keputihan. Minum ramuan ini dua kali sehari agar tetap bugar dan sehat. Cara mengobati keputihan secara alami dengan daun jambu biji ini bisa dibilang cukup efektif. 

Baca Juga: Cara Mudah Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Vagina

6. Jahe

Obat keputihan alami selanjutnya yaitu jahe.

Obat keputihan alami selanjutnya yaitu jahe. Cara mengobati keputihan secara alami yakni potong jahe menjadi beberapa bagian menggunakan pisau atau ditumbuk. 

Ambil dua sendok teh tumbukan jahe kering dan rebus dengan air secukupnya. Setelah air rebusan tinggal setengah, minum ramuan tersebut sebagai obat untuk keputihan. 

Anda perlu meminum air jahe secara rutin selama tiga minggu agar terhindar dari keputihan. Air jahe adalah obat keputihan alami yang sudah banyak dibuktikan.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, Mampu Meradakan Sakit Haid

7. Fenugreek

Obat keputihan alami terakhir yakni menggunakan fenugreek

Obat keputihan alami terakhir yakni menggunakan fenugreek. Fenugreek adalah ramuan mirip daun semanggi yang berasal dari wilayah Mediterania, Eropa Selatan, dan Asia Barat.

Fenugreek digunakan sebagai bahan masakan, untuk membuat obat, atau untuk menyamarkan rasa obat lain. Anda dapat merebus biji fenugreek dalam 1 liter air selama 30 menit. Tunggu hingga dingin lalu minum ramuan tersebut.

Itulah sederet obat keputihan alami yang bisa dibuat di rumah secara mudah. Beberapa cara mengobati keputihan secara alami ini sudah dilakukan turun temurun di berbagai negara sejak lama. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×