kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45889,80   -6,05   -0.68%
  • EMAS1.327.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

​9 Obat Asam Urat Alami Paling Ampuh yang Bisa Dicoba


Senin, 20 Februari 2023 / 11:28 WIB
​9 Obat Asam Urat Alami Paling Ampuh yang Bisa Dicoba
ILUSTRASI. Jahe juga merupakan salah satu obat alami asam urat paling ampuh.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Beberapa obat asam urat alami paling ampuh bisa dicoba saat asam urat kambuh. Asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. 

Ciri-ciri asam urat tinggi dapat terjadi pada sendi mana pun, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di jempol kaki. Asam urat dapat menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan.

Selain itu, ciri-ciri asam urat adalah pembengkakan dan rasa panas di area persendian. Umumnya asam urat lebih mudah menyerang pria, terutama yang berusia di atas 30 tahun. 

Baca Juga: 6 Gejala Asam Urat Tinggi Pada Kaki dan Cara Mengobatinya

Asam urat adalah penyakit keturunan dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Itulah sebabnya, seseorang yang menderita asam urat seringkali memiliki orang tua atau saudara yang juga mempunyai asam urat. 

Namun, kondisi genetis asam urat ini meski tidak bisa disembuhkan bisa dikendalikan. Sehingga, hampir pasti tidak menimbulkan ciri-ciri asam urat tinggi maupun keluhan lainnya di kemudian hari. 

Untuk mengendalikan gejala asam urat, maka faktor pencetus serangan asam urat terutama dari gaya hidup sebaiknya dihindari. Lantas, apa saja obat asam urat alami paling ampuh?  

Baca Juga: 6 Obat Herbal yang Pas Dijadikan Pilihan untuk Bikin Asam Urat Kabur

Ciri-ciri asam urat tinggi 

Beberapa obat asam urat alami paling ampuh bisa dicoba saat asam urat kambuh.

Sebelum membahas mengenai obat asam urat alami paling ampuh, perlu diketahui ciri-ciri asam urat tinggi secara umum. Dirangkum dari laman resmi Kementerian Kesehatan, berikut adalah ciri-ciri asam urat tinggi:

  • Sendi mendadak terasa sangat sakit.
  • Kesulitan untuk berjalan akibat sakit yang mengganggu, khususnya di malam hari.
  • Nyeri akan berkembang dengan cepat dalam beberapa jam dan disertai nyeri hebat, pembengkakan, rasa panas, serta muncul warna kemerahan pada kulit sendi.
  • Saat gejala asam urat mereda dan bengkak pun mengempis, kulit di sekitar sendi yang terkena akan tampak bersisik, terkelupas dan terasa gatal.

Meski ciri-ciri asam urat tinggi ini bisa mereda dengan sendirinya, harus tetap dilakukan pengobatan untuk mencegah risiko kambuh dengan tingkat gejala yang meningkat.

Baca Juga: 5 Manfaat Secang untuk Kesehatan Jika Diminum Setiap Hari

9 Obat asam urat alami paling ampuh

Sementara itu, dirangkum dari laman resmi Kementerian Kesehatan, berikut beberapa obat asam urat alami yang membantu mengatasi penyakit asam urat tanpa efek samping:

1. Ceri atau jus ceri asam

Salah satu obat alami asam urat yang bisa dicoba adalah ceri atau jus ceri asam.

Salah satu obat alami asam urat yang bisa dicoba adalah ceri atau jus ceri asam. Jumlah yang disarankan untuk mengobati asam urat adalah setengah cangkir ceri per hari.

Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Obat Asam Urat Alami yang Ampuh dan Aman Dikonsumsi

2. Jahe

Jahe juga merupakan salah satu obat alami asam urat paling ampuh.

Jahe juga merupakan salah satu obat alami asam urat paling ampuh. Cara mengobati asam urat menggunakan jahe adalah rebus air yang sudah dicampur dengan 1 sendok makan parutan jahe segar. 

Lalu, rendam kain lap dalam air rebusan tersebut. Saat dingin, tempelkan kompres lap tersebut ke area yang terasa sakit setidaknya sekali sehari selama 15-30 menit. 

Anda juga bisa meminum air rebusan jahe sebagai obat alami asam urat. Caranya rebus air dengan tambahan 2 sendok teh jahe selama 10 menit. Minum 3 cangkir sehari.

Baca Juga: Paskomnas Harap Petani Milenial Jatim Dukung Ketersediaan Cabai di Surabaya

3. Cuka sari apel, jus Lemon, dan kunyit

Cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit merupakan bahan-bahan yang sering direkomendasikan untuk obat asam urat alami.

Cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit merupakan bahan-bahan yang sering direkomendasikan untuk obat asam urat alami. Bila ketiganya digabungkan, mereka bisa menjadi minuman obat asam urat alami yang nikmat.

Cara membuatnya adalah campurkan perasan setengah lemon ke dalam air hangat. Lalu tambahkan 2 sendok teh kunyit dan 1 sendok teh cuka sari apel. Konsumsi minuman tersebut 2-3 kali sehari.

Baca Juga: Kenali Gejala Asam Urat Muncu ldi Tangan, Tak Diobati Bisa Nongol Benjolan Keras

4. Seledri atau biji seledri

Ekstrak dan biji selederi juga merupakan obat asam urat alami yang populer.

Seledri adalah sayuran yang sudah sering digunakan untuk mengatasi masalah buang air kecil. Namun, ekstrak dan biji selederi juga merupakan obat asam urat alami yang populer. 

Diperkirakan seledri bisa mengurangi peradangan. Untuk itu, perbanyak konsumsi seledri secara rutin, terutama batang seledri mentah, jus, ekstrak atau bijinya.

Baca Juga: Meluruhkan Batu Ginjal dan Menurunkan Gula Darah, Ini Manfaat Meniran untuk Kesehatan

5. Vitamin C

 Vitamin C bisa menjadi obat asam urat alami paling ampuh.

Beberapa bukti menunjukkan vitamin C bisa membantu mengurangi kadar asam urat. Sehingga, vitamin C bisa menjadi obat asam urat alami paling ampuh. 

Meski demikian, perlu diingat, tidak semua orang bisa mengonsumsi suplemen vitamin C. Orang dengan penyakit ginjal perlu membicarakannya dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen tersebut.

Baca Juga: Makanan Minuman Pantangan Asam Urat, Cek Cara Menurunkan Asam Urat dengan Alami

6. Daun salam 

Daun salam juga bisa menjadi obat asam urat paling ampuh.

Mengutip dari Grid.id, daun salam mengandung vitamin C, vitamin A, dan asam folat yang baik untuk kesehatan tubuh.  Selain itu, daun salam juga bisa menjadi obat asam urat paling ampuh.

Namun, penderita asam urat tidak bisa mengonsumsinya secara sembarangan. Sebab, ada cara terbaik mengolah daun salam agar ampuh menurunkan asam urat tinggi.

Baca Juga: Catat, Ini Beragam Makanan Pantangan Asam Urat yang Wajib Dihindari

Berikut bahan dan cara mengolah daun salam sebagai obat asam urat alami. Bahannya yakni 10-25 lembar daun salam dan tiga gelas air. 

Cara membuatnya pun cukup mudah yakni cuci daun salam dengan air mengalir sampai bersih. Lalu, rebus daun salam di dalam air mendidih hingga menyisahkan satu gelas air.   

Anda bagi dua air rebusan daun salam tersebut. Anda minum air rebusan daun salam itu sebanyak dua kali sehari.

Baca Juga: Kadar Gula Tinggi, Ini 11 Makanan dan Minuman yang Harus Dijauhi Penderita Diabetes

7. Secang 

Secang juga bisa menjadi obat alami asam urat.

Selanjutnya, secang juga bisa menjadi obat alami asam urat. Secang mengandung resin, resorsin, brazilin, d-alfa phallandrne, oscimenen, dan minyak atsiri.

Senyawa aktif dalam kayu secang mampu menghambat produksi asam urat dalam tubuh.  Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap tikus. 

Baca Juga: Selain Jus Nanas, 2 Jus Buah Segar Ini Efektif Menurunkan Asam Urat Tinggi

8. Meniran 

Berikutnya, obat alami asam urat adalan meniran.

Berikutnya, obat alami asam urat adalan meniran. Meniran mengandung Natrium dan Kalium akan membentuk senyawa garam yang mudah larut dalam air. Sehingga, kristal asam urat dalam darah bisa dikeluarkan sedikit demi sedikit.

Baca Juga: 12 Cara Agar Asam Urat di Kaki Langsung Rontok, Mudah Dilakukan

9. Rambut jagung

Rambut jagung juga bisa menjadi obat alami asam urat paling ampuh.

Dikutip dari Kontan.co.id, rambut jagung juga bisa menjadi obat alami asam urat paling ampuh. Sebab, rambut jagung mengandung alkaloid yang bermanfaat menurunkan kadar asam urat tinggi dalam tubuh.

Cara menggunakan rambut jagung sebagai obat alami asam urat adalah sediakan rambut jagung 50 gram, tempuyung 50 gram, kumis kucing 100 gram. Lalu, cuci semua bahan, kemudian potong kecil-kecil.

Masukkan semua bahan ke dalam panci berisi tiga gelas air. Rebus sampai mendidih hingga menyisakan satu gelas air. Selanjutnya, saring rebusan rambut jagung tersebut dan biarkan sampai digin. 

Konsumsilah minuman tersebut sekaligus di pagi hari. Anda bisa merebus ampas ramuan tersebut sekali lagi pada sore hari.

Baca Juga: Asam Urat Tinggi Bisa Rontok dengan Minum Kopi

Makanan yang harus dihindari penderita asam urat

Jeroan ayam adalah makanan yang perlu dihindari oleh penderita asam urat.

Setelah mengetahui beberapa obat asam urat alami paling ampuh, penderita penyakit ini sebaiknya juga menghindari makanan yang dapat membuat asam urat kambuh.

Nah, berikut daftar makanan yang perlu dihindari oleh penderita asam urat agar penyakitnya tidak kambuh lagi:

  • Jeroan
  • Seafood
  • Daging merah
  • Daging olahan
  • Minuman manis

Demikian penjelasan beberapa obat asam urat alami paling ampuh dan makanan yang harus dihindari penderita asam urat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×