kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Gejala Asam Urat Tinggi Pada Kaki dan Cara Mengobatinya


Senin, 20 Februari 2023 / 10:20 WIB
6 Gejala Asam Urat Tinggi Pada Kaki dan Cara Mengobatinya
ILUSTRASI. Gejala asam urat pada kaki terutama jempol kaki dapat terjadi secara tiba-tiba.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Ciri-ciri dan gejala asam urat pada kaki sebaiknya perlu diwaspadai. Asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. 

Kondisi ini dapat terjadi pada sendi mana pun, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di jempol kaki. Sehingga, gejala asam urat pada kaki terutama jempol kaki perlu diwaspadai.

Asam urat dapat menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan. Selain itu, salah satu gejala asam urat pada kaki adalah pembengkakan dan rasa panas di area persendian. Umumnya asam urat lebih mudah menyerang pria, terutama yang berusia di atas 30 tahun.

 Baca Juga: 6 Obat Herbal yang Pas Dijadikan Pilihan untuk Bikin Asam Urat Kabur

Asam urat adalah penyakit keturunan dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Itulah sebabnya, seseorang yang menderita asam urat seringkali memiliki orang tua atau saudara yang juga mempunyai asam urat. 

Namun, kondisi genetis asam urat ini meski tidak bisa disembuhkan bisa dikendalikan. Sehingga, hampir pasti tidak menimbulkan gejala asam urat maupun keluhan lainnya di kemudian hari. 

Untuk mengendalikan ciri-ciri asam urat, maka faktor pencetus serangan asam urat terutama dari gaya hidup sebaiknya dihindari. Lantas, apa saja gejala asam urat pada kaki? 

Baca Juga: 5 Manfaat Secang untuk Kesehatan Jika Diminum Setiap Hari

Ciri-ciri asam urat tinggi 

Untuk mengendalikan ciri-ciri asam urat, maka faktor pencetus serangan asam urat terutama dari gaya hidup sebaiknya dihindari.

Sebelum membahas mengenai gejala asam urat pada kaki, perlu diketahui ciri-ciri asam urat tinggi secara umum. Dirangkum dari laman resmi Kementerian Kesehatan, berikut adalah ciri-ciri asam urat tinggi:

  • Sendi mendadak terasa sangat sakit.
  • Kesulitan untuk berjalan akibat sakit yang mengganggu, khususnya di malam hari.
  • Nyeri akan berkembang dengan cepat dalam beberapa jam dan disertai nyeri hebat, pembengkakan, rasa panas, serta muncul warna kemerahan pada kulit sendi.
  • Saat gejala mereda dan bengkak pun mengempis, kulit di sekitar sendi yang terkena akan tampak bersisik, terkelupas dan terasa gatal.

Meski ciri-ciri asam urat tinggi ini bisa mereda dengan sendirinya, harus tetap dilakukan pengobatan untuk mencegah risiko kambuh dengan tingkat gejala yang meningkat.

Gejala asam urat pada kaki 

Serangan gejala asam urat pada kaki terutama jempol kaki dapat terjadi secara tiba-tiba dan tanpa peringatan

Sementara itu, menurut National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases (NIAMS), serangan asam urat sering dimulai di jempol kaki.

Gejala asam urat pada kaki terutama jempol kaki dapat terjadi secara tiba-tiba dan tanpa peringatan, seringkali di tengah malam, awalnya menyebabkan rasa sakit yang hebat. 

Gejala asam urat pada kaki biasanya paling hebat dalam, 6 hingga 12 jam. Lalu, gejala asam urat pada kaki tersebut akan mulai mereda dalam 1 hingga 2 minggu. 

Baca Juga: Kenali Gejala Asam Urat Muncu ldi Tangan, Tak Diobati Bisa Nongol Benjolan Keras

Dirangkum dari laman Medical News Today, berikut adalah beberapa gejala asam urat pada kaki yang patut diwaspadai:

  1. Nyeri sendi yang intens di jempol kaki
  2. Gejalanya datang dengan cepat 
  3. Pembengkakan dan kemerahan atau perubahan warna pada jempol kaki
  4. Terasa nyeri saat ditekan
  5. Kesulitan bergerak
  6. Karena rasa sakit dan bengkak yang parah, orang yang mengalami serangan asam urat mungkin merasa kesulitan untuk berjalan atau berdiri.

Baca Juga: Selain Menurunkan Berat Badan, Ini Manfaat Teh Daun Kelor untuk Kesehatan

Cara mengobati gejala asam urat pada kaki 

Ada beberapa cara mengobati gejala asam urat pada kaki

Menurut Arthritis Foundation, jika seseorang mengalami asam urat pada jempol kaki, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Namun, selain itu ada beberapa cara mengobati gejala asam urat pada kaki:

1. Minum obat

Penderita asam urat dapat mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti naproxen (Aleve), ibuprofen, dan celecoxib (Celebrex). Namun, aspirin dosis rendah dapat memperburuk gejalanya.

Baca Juga: Kenali Gejala Asam Urat Muncu ldi Tangan, Tak Diobati Bisa Nongol Benjolan Keras

2. Meninggikan posisi kaki dan oleskan es 

Selanjutnya, cara mengobati gejala asam urat pada kaki yakni meninggikan posisi kaki sehingga lebih tinggi dari dada dan mengoleskan es. 

Selain itu, kompres kaki menggunakan es selama 20 hingga 30 menit, beberapa kali sehari. Hal ini dapat meredakan peradangan dan nyeri.

Baca Juga: Makanan Minuman Pantangan Asam Urat, Cek Cara Menurunkan Asam Urat dengan Alami

3. Hindari mengonsumsi alkohol dan minuman manis

Penderita asam urat juga sebaiknya menghindari mengonsumsi alkohol dan minuman manis. Selain itu, konsumsi cairan sebanyak 8 hingga 16 gelas air putih dalam sehari untuk meredakan gejala asam urat pada kaki. 

Seseorang yang mengalami gejala asam urat pada kaki terutama jempol kaki sebaiknya menggunakan sandal terbuka daripada sepatu untuk meringankan gejalanya. 

Demikian sejumlah gejala asam urat pada kaki dan cara mengobatinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×