kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

12 Cara Agar Asam Urat di Kaki Langsung Rontok, Mudah Dilakukan


Jumat, 17 Februari 2023 / 06:17 WIB
12 Cara Agar Asam Urat di Kaki Langsung Rontok, Mudah Dilakukan
ILUSTRASI. Cara membantu menurunkan asam urat di kaki antara lain banyak minum air putih, konsumsi ceri, kurangi alkohol dll


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara menghilangkan asam urat di kaki. Cara menghilangkan asam urat di kaki bisa dilakukan dengan cara alami dan mudah.

Asam urat adalah salah satu penyakit yang sering kali terjadi seiring bertambahnya usia. Kabar baiknya, kondisi ini bisa diobati dengan cara alami, seperti banyak minum air putih.

Penyakit asam urat disebabkan oleh penumpukan asam urat yang tinggi dalam darah. Asam urat kemudian menumpuk di persendian, menyebabkan peradangan disertai rasa tidak nyaman dan nyeri.

Mengutip Medical News Today, asam urat ini adalah produk sampingan saat tubuh memecah purin yang ditemukan dalam makanan. Mengubah beberapa kebiasaan dapat membantu seseorang mengurangi kadar purin yang menyebabkan penyakit asam urat.

Berikut beberapa cara alami untuk membantu menghilangkan asam penyakit asam urat di kaki:

1. Mengurangi stres

Cara ketiga untuk membantu menghilangkan asam urat di kaki adalah mengurangi stres.v Mengutip Medical News Today, stres yang meningkat dapat memperburuk gejala penyakit asam urat seseorang.

Meskipun tidak selalu mungkin untuk menghilangkan semua sumber stres, tips berikut mungkin bisa membantu:

  • Berolahraga, seperti berjalan-jalan sebentar, jika rasa sakit tidak membatasi gerakan.
  • Minta cuti kerja.
  • Menulis jurnal atau membaca buku favorit.
  • Mendengarkan musik.
  • Bermeditasi.
  • Istirahat yang cukup juga dapat membantu seseorang merasa kurang stres.

Baca Juga: Cara Menggunakan Cabai untuk Meredakan Nyeri dan Bengkak Akibat Asam Urat Tinggi

2. Melatih sendi yang sakit

Cara keempat untuk membantu menghilangkan asam urat di kaki adalah melatih sendi yang sakit. Penyakit asam urat dapat menyebabkan rasa sakit dan bengkak, terutama pada kaki, tangan, lutut, dan pergelangan kaki.

Mengutip Medical News Today, salah satu cara untuk mengurangi pembengkakan adalah dengan melatih mengangkat sendi yang sakit itu. Cara itu mendorong darah dan cairan untuk menjauh dari sendi dan kembali ke jantung. Seseorang juga dapat mengangkat sendi sambil mengompresnya dengan es untuk mengurangi gejala penyakit asam urat mereka.

3. Makan lebih banyak ceri

Cara kelima untuk membantu menghilangkan asam urat di kaki adalah makan ceri. Mengutip Medical News Today, sebuah studi penelitian yang diterbitkan dalam jurnal "Arthritis and Rheumatology" menemukan pengaruh makan ceri dengan penurunan kadar asam urat dalam tubuh.

Peningkatan asupan ceri selama 2 hari menurunkan risiko serangan penyakit asam urat sebesar 35 persen pada mereka yang sebelumnya didiagnosis sakit asam urat. Ceri mengandung anthocyanin tingkat tinggi, yang merupakan senyawa anti-inflamasi.

Para peneliti menemukan ada manfaat pengurangan gejala penyakit asam urat bagi orang yang makan ceri utuh atau jus ceri dan suplemen ekstrak ceri. Para peneliti juga menemukan pengurangan risiko 75 persen untuk serangan penyakit asam urat ketika seseorang mengonsumsi ceri selain minum obat asam urat. Ceri dan jus ceri tersedia di banyak supermarket. Orang juga dapat membeli suplemen ekstrak ceri di toko makanan kesehatan.

Baca Juga: Asam Urat Tinggi Bisa Rontok dengan Minum Kopi




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×