kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45983,40   -6,54   -0.66%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wajib bagi Anda yang Obesitas, 6 Cara Menurunkan Berat Badan


Selasa, 05 Desember 2023 / 08:10 WIB
Wajib bagi Anda yang Obesitas, 6 Cara Menurunkan Berat Badan
ILUSTRASI. Wajib Anda Coba, Begini 6 Cara Menurunkan Berat Badan


Reporter: Belladina Biananda | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - Anda perlu segera menjajal cara menurunkan berat badan. Selain mendapatkan berat badan ideal, cara-cara di artikel ini juga bisa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan sehingga cukup aman untuk dilakukan.

Salah satu tips diet yang bisa Anda jadikan pilihan adalah intermittent fasting. Menurut sebuah penelitian, melakukan intermittent fasting selama 24 minggu bisa menurunkan berat badan Anda.

Jika Anda ingin mendapat program intermittent fasting yang tepat, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter. Ada beberapa metode intermittent fasting. Pertama, Anda makan selama delapan jam kemudian berpuasa selama 16 jam.

Kedua, berpuasa selama dua hari dalam tujuh hari. Saat berpuasa, Anda batasi asupan konsumsi sebanyak 500-600 kalori. Selain melakukan intermittent fasting, tentu saja masih banyak tips diet lainnya yang dapat Anda praktikkan:

Baca Juga: Bisa Dicoba, Inilah 4 Makanan yang Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol

Makan protein

Tidak hanya serat, Anda juga perlu memasukkan protein dalam menu sehat yang Anda konsumsi setiap hari. Terlebih lagi saat sarapan. Protein dapat mengatur hormon dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk membuat Anda kenyang.

Konsumsi serat

Melansir Medical News Today, mengonsumsi serat bisa jadi salah satu cara menurunkan berat badan. Saat mengonsumsi serat, Anda bisa merasa lebih kenyang. Beberapa jenis makanan yang termasuk sumber serat adalah buah, sayur, dan oatmeal.

Tidur

Tidur bisa jadi cara menurunkan berat badan.

Tahukah Anda bahwa tidur bisa jadi cara menurunkan berat badan? Hasil penelitian menunjukkan, tidur hanya selama lima hingga enam jam per malam memicu obesitas. Bukan tanpa alasan, hal itu terjadi karena kurang tidur mengakibatkan metabolisme tubuh kurang maksimal.

Kelola stres

Berat badan ideal juga bisa Anda dapat dengan mengelola stres dengan baik, lo. Saat stres tak terkelola dengan baik dalam jangka waktu lama, nafsu makan Anda bisa meningkat. Yoga, meditasi, dan melakukan hobi adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan supaya tak terlalu stres.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan, Apa Saja?

Jangan konsumsi minuman manis

Minuman manis memang terasa lezat, tapi minuman itu bisa menambah berat badan Anda. Alih-alih mengonsumsi minuman bersoda, es kopi susu penuh gula, dan minuman berkalori lain, cobalah untuk minum air putih atau infused water.

Jaga kondisi bakteri dalam usus

Medical News Today merekomendasikan Anda untuk menjaga kondisi bakteri dalam usus. Saat jumlah dan kondisi bakteri terjaga, metabolisme tubuh bisa berjalan lebih maksimal.

Salah satu cara untuk menjaga kondisi bakteri adalah dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan, misalnya, makanan fermentasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×