kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Olahraga Menurunkan Berat Badan, Simak Cara Hitung Berat Badan Ideal Wanita


Jumat, 01 September 2023 / 05:00 WIB
7 Olahraga Menurunkan Berat Badan, Simak Cara Hitung Berat Badan Ideal Wanita


Reporter: Adi Wikanto, Helvana Yulian | Editor: Adi Wikanto

Olahraga Menurunkan Berat Badan - Jakarta. Olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Namun, apa olahraga yang cepat menurunkan berat badan? Simak berat badan ideal wanita menurut umur berikut ini.

Ada banyak olahraga yang cepat menurunkan berat badan. Namun, olahraga menurunkan berat badan akan terasa manfaatnya jika dilakukan secara rutin dan dalam jangka waktu lama.

Pasalnya, tidak ada cara singkat untuk menurunkan berat badan berlebih selain melalui operasi. Jika ingin menurunkan berat badan dengan alami, Anda harus rutin olahraga.

Selain menjalankan olahraga untuk menurunkan berat badan, Anda juga perlu mengubah pola makan. Hindari kebiasaan makan dalam porsi besar jika ingin cepat menurunkan berat badan.

Lalu, apa olahraga menurunkan berat badan dengan cepat?

Baca Juga: 7 Tips Diet Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Pas Dicoba Pejuang Diet

Olahraga menurunkan berat badan dengan cepat

Diberitakan Kompas.com, Forbes memberitakan bahwa para ahli merekomendasikan penurunan berat hingga 2 pon (sekitar 1 kilogram) dalam seminggu. Penurunan berta badan itu bisa dilakukan melalui penerapan pola makan dan rutinitas olahraga.

Menurut The Health Site, berikut beberapa olahraga yang mampu menurunkan berat badan dengan cepat jika dilakukan paling tidak 30 menit dalam sehari:

1. Jalan kaki

Olahraga menurunkan berat badan dengan cepat yang pertama adalah jalan kaki. Jalan kaki selama 30 menit sehari dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya penurunan berat badan.

Para olahragawan mengatakan bahwa jalan kaki merupakan pendekatan paling sederhana untuk menurunkan berat badan. Bahkan, berjalan kaki secara konsisten konsisten dianggap sebagai salah satu pilihan olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan.

Jalan kaki bisa mengurangi lemak tubuh visceral (lemak yang tersimpan di rongga perut). Penelitian pada 2022 di Nutrients menemukan bahwa total lemak tubuh akan hilang dengan berjalan kaki pada semua kecepatan. Meskipun kecepatan yang lebih lambat dalam jarak dan durasi yang lama pada awalnya lebih efektif untuk orang yang kelebihan berat badan.

 2. Lari

Olahraga menurunkan berat badan dengan cepat yang kedua adalah lari. Lari mampu membakar kalori sebanyak 560-840 kalori per jam. Olahraga ini kerap dianggap sebagai salah satu latihan paling efektif untuk menurunkan berat badan.

Kecepatan joging biasanya antara 4-6 mph (6,4-9,7 km/jam). Sedangkan kecepatan lari lebih cepat dari 6 mph (9,7 km/jam).

3. Bersepeda

Olahraga menurunkan berat badan dengan cepat yang ketiga adalah bersepda. Olahraga ini berdampak negatif rendah sehingga dapat dilakukan oleh lebih banyak orang.

Satu jam bersepeda mampu membakar 400-500 kalori. Dilansir dari Forbes, penelitian menunjukkan bahwa bersepeda dapat memberikan efek yang nyata pada penurunan berat badan melalui pembakaran lemak.

4. Angkat beban

Olahraga menurunkan berat badan dengan cepat yang keempat adalah angkat beban. Seseorang dengan berat badan 70 kg dan berolahraga selama 30 menit mampu membakar sekitar 108 kalori.

Latihan ini juga dapat meningkatkan tingkat metabolisme istirahat atau jumlah kalori yang dibakar tubuh Anda saat istirahat. Tak hanya membakar kalori, angkat beban juga mendorong pertumbuhan otot dan peningkatan kekuatan.

5. Renang

Olahraga menurunkan berat badan dengan cepat yang kelima adalah renang. Studi membuktikan adanya keterkaitan olahraga berenang dengan penurunan berat badan. Baik itu gaya kupu-kupu, gaya dada, maupun gaya bebas.

Penelitian lainnya menyebutkan, berenang selama 30 menit dapat membakar sekitar 216 kalori untuk orang dengan berat badan 70 kg.

6. Yoga

Olahraga menurunkan berat badan dengan cepat yang keenam adalah yoga. Yoga adalah bentuk olahraga yang disukai untuk menghilangkan stres. Di sisi lain, olahraga ini dapat membakar cukup banyak kalori dan membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

7. Zumba

Olahraga menurunkan berat badan dengan cepat yang ketujuh adalah zumba. Zumba merupakan olahraga yang dilakukan sekelompok individu dengan cara menari mengikuti irama musik.

Olahraga jenis aerobik ini bisa menjadi pilihan untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Penelitian menunjukkan, latihan zumba bisa mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan. Berolahraga zumba selama satu jam mampu membakar rata-rata kalori 500-800.

Durasi olahraga yang direkomendasikan

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan pada orang dewasa agar berolahraga dengan intensitas sedang selama 150-300 menit per minggu. Mereka juga bisa memilih olahraga intensitas tinggi, selama 75-150 menit per minggu.

Dengan kata lain, minimal Anda berolahraga dengan intensitas ringan selama 30 menit perhari dengan kurun waktu 5 hari dalam seminggu. Kendati demikian, penelitian terbaru menunjukkan bahwa berolahraga lebih dari yang disarankan bisa memperpanjang harapan hidup seseorang.

Berat badan ideal wanita sesuai umur

Diberitakan Kompas.com, memiliki berat badan yang ideal lebih disarankan untuk menurunkan risiko penyakit yang berbahaya, termasuk penyakit jantung. Untuk itu, ketahui berat badan ideal wanita sesuai usia serta cara sehat untuk mendapatkan berat badan ideal berikut ini.

Dilansir dari WebMD, berat badan ideal pada wanita ditentukan oleh berat dan tinggi badan yang akan menentukan indeks massa tubuh atau body mass index (BMI) yang dimiliki. Untuk bisa menghitung BMI, Anda perlu membagi berat tubuh dalam kilogram dengan kuadrat tinggi badan dalam satuan meter (kg/m2).

Adapun berat badan ideal wanita berdasarkan BMI yang dimiliki, yakni:

  • Kurus atau memiliki berat badan terlalu rendah jika BMI kurang dari 18,5
  • Ideal jika memiliki BMI di antara 18,5 hingga 24,9
  • Gemuk atau kelebihan berat badan jika BMI di antara 25 hingga 29,9
  • Obesitas jika BMI di atas 30

Namun, seperti dikutip dari Medical News Today, pengukuran BMI belum tentu akurat untuk menentukan berat badan ideal seseorang. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan untuk mengetahui berat badan ideal, seperti ukuran tubuh, komposisi otot, dan usia.

Meskipun begitu, faktor usia tidak berlaku untuk orang dewasa dan hanya bisa digunakan untuk anak-anak. Anak-anak umumnya akan bertambah besar seiring dengan bertambahnya usia sehingga terdapat pengukuran BMI untuk anak-anak dan remaja yang berusia 2-19 tahun.

Cara menghitung BMI akan tetap sama, namun berat badan ideal anak akan ditunjukkan dengan ukuran persentil untuk membandingkan dengan anak yang memiliki usia dan jenis kelamin yang sama. Sedangkan untuk orang dewasa, jenis kelamin tidak terlalu dipertimbangkan sehingga akan sama antara wanita dan pria.

Itulah olahraga untuk menurunkan berat badan dan cara menghitung berat badan ideal untuk wanita. Selamat mencoba dan membuktikan hasilnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×