kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apakah Stres Bisa Menurunkan Berat Badan? Cek Cara Menurunkan Berat Badan Alami


Selasa, 09 Mei 2023 / 13:58 WIB
Apakah Stres Bisa Menurunkan Berat Badan? Cek Cara Menurunkan Berat Badan Alami
ILUSTRASI. Apakah Stres Bisa Menurunkan Berat Badan? Cek Cara Menurunkan Berat Badan Alami


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah stres bisa menurunkan berat badan? Simak cara lain menurunkan berat badan secara alami.

Banyak orang bertanya, "apakah stres bisa menurunkan berat badan?" Hal ini karena orang yang menderita stress sering kali mengalami penurunan berat badan.

Lalu, apakah stres bisa menurunkan berat badan? Bagaimana stres bisa menurunkan berat badan?

Dilansir dari Kompas.com, bagi banyak orang, stres bisa berdampak langsung pada berat badan. Selain menyebabkan makan berlebihan, stres juga bisa menyebabkan seseorang kehilangan selera makan sehingga mengalami penurunan berat badan. Namun, hal ini biasanya hanya bersifat sementara hingga pemicu stres berlalu.

Orang yang mengalami penurunan berat badan karena stres juga bisa mengalami hal-hal berikut: sakit kepala, gangguan pencernaan, sakit dan nyeri otot tegang, perubahan mood, kelelahan, sulit tidur, sering lupa, peningkatan detak jantung, penurunan gairah seks.

Baca Juga: Berat Badan Bisa Langsung Turun dalam Waktu 1 Minggu, Ini 5 Caranya

Lalu, apa kaitan stres dengan penurunan berat badan?

Saat stres,tubuh akan melepaskan hormon adrenalin dan kortisol. Adrenalin berfungsi untuk mempersiapkan tubuh melakukan aktivitas berat. Namun, hormon ini juga bisa meminimalisir nafsu makan.

Sementara itu, kortisol memberi sinyal pada tubuh untuk menekan fungsi-fungsi yang tidak penting, termasuk respons sistem pencernaan, kekebalan, dan reproduksi.

Respon stres yang berlebihan juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Akibatnya, saluran penceraan melambat agar tubuh bisa berfokus untuk merespon pemicu stres. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko sakit perut, maag, diare, dan sembelit.

Bahkan, stres kronis bisa memicu sindrom iritasi usus besar. Perubahan pada pencernaan inilah yang akhirnya membuat kita makan lebih sedikit dan berefek besar pada penurunan berat badan.

Stres juga membuat kita hanya terpaku pada hal-hal yang memicunya sehingga kita tidak bisa memikirkan hal lain. Situasi ini bisa mempengaruhi kebiasaan makan kita.

Akibatnya, kita tidak merasa lapar atau mungkin lupa kalau belum ada makanan yang masuk ke tubuh kita. Kondisi ini juga bisa mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memproses dan menyerap nutrisi.

Selain itu, stres mempengaruhi saraf vagus, yang memengaruhi cara tubuh mencerna, menyerap, dan memetabolisme makanan. Hal ini bisa memicu peradangan di tubuh.

Yang harus diperhatikan saat berat badan turun akibat stres

Penurunan berat badan secara drastis bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh kita. Itu sebabnya, kita tidak boleh menyepelehkannya. Kehilangan berat badan satu hingga dua kilo mungkin bukan masalah besar.

Namun, kita harus berhati-hati jika berat badan turun melebihi lima persen daritotal berat badan semula dalam periode enam hingga 12 bulan. Kita juga harus berkonsultasi ke dokter saat penurunan berat badan yang terjadi disertai gejala berikut: sakit kepala kronis nyeri di dada merasa gelisah berkepanjangan.

Cara menurunkan berat badan secara alami

Tak perlu stres untuk menurunkan berat badan. Cara menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan mudah, tanpa harus olahraga berat.

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, berikut cara menurunkan berat badan secara alami:

  • Batasi Konsumsi Gula

Cara menurunkan berat badan secara alami yang pertama adalah membatasi konsumsi gula. Mengonsumsi makanan atau minuman dengan pemanis membuat Anda ingin mengonsumsi lebih banyak makanan. Tak hanya itu, gula juga mengandung banyak kalori yang tidak baik untuk berat badan Anda. Maka dari itu, usahakan untuk membatasi konsumsi gula tiap hari.

  • Kurangi Konsumsi Daging

Cara menurunkan berat badan secara alami yang kedua adalah mengurangi konsumsi daging. Redbook (redbookmag.com) merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi lebih banyak protein yang terdapat dalam sayuran. Kebiasaan itu mampu mempercepat proses penurunan berat badan.

  • Minum Teh Hijau

Cara menurunkan berat badan secara alami yang ketiga adalah dengan rutin minum teh hijau. Katekin dalam teh hijau bertugas untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga ada lebih banyak kalori yang terbakar dalam tubuh Anda. Tidak berhenti sampai di situ, teh hijau juga mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.

  • Perbanyak Asupan Alpukat

Cara menurunkan berat badan secara alami yang keempat adalah memperbanyak asupan alpukat. Jika Anda mudah merasa lapar, cobalah untuk memperbanyak asupan alpukat. Kandungan dalam jenis buah itu mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk mengonsumsi camilan tinggi kalori pun berkurang.

  • Konsumsi Makanan Kaya Zat Besi

Cara menurunkan berat badan secara alami yang kelima adalah memperbanyak konsumsi makanan kaya zat besi. Redbook mengatakan bahwa cara diet cepat juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi. Distribusi oksigen ke seluruh tubuh terganggu saat tubuh kekurangan zat besi. Hal itu menyebabkan metabolisme menurun sehingga penurunan berat badan pun ikut melambat.

  • Hindari Alkohol

Cara menurunkan berat badan secara alami yang keenam adalah menghindari alkohol. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, cobalah untuk tidak mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Minuman beralkohol dapat memperlambat metabolisme. Tidak hanya itu, minuman beralkohol juga akan tersimpan dalam bentuk lemak, apalagi di bagian perut dan paha.

Itulah jawaban, apakah stres bisa menurunkan berat badan? Daripada stres, lakukan cara menurunkan berat badan secara alami. Selamat membuktikan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×