kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,69   4,34   0.47%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kabar Baik Bagi Pejuang Diet, Cek 5 Cara Turunkan Berat Badan dalam Waktu 1 Minggu


Senin, 08 Mei 2023 / 03:49 WIB
Kabar Baik Bagi Pejuang Diet, Cek 5 Cara Turunkan Berat Badan dalam Waktu 1 Minggu


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banyak orang memimpikan punya berat badan yang ideal. Namun, tak jarang mereka menginginkan berat badan ideal secara sekejap, tanpa mempelajari terlebih dahulu risiko yang mungkin bisa dihadapinya. 

Memang, menurunkan berat badan dalam jangka waktu satu minggu bisa dilakukan. Namun, cara ini tidak disarankan oleh para ahli kesehatan. 

Dilansir dari Healthline dan Medical News Today, secara teknis, kita bisa menurunkan berat badan hingga 4,5 kg dalam jangka waktu satu minggu. Namun, hal ini sangat berisiko apabila tidak diawasi oleh tenaga kesehatan. 

Beberapa risiko yang mungkin dihadapi karena penurunan berat badan secara drastis meliputi peningkatan batu empedu, dehidrasi, ketidakseimbangan elektrolit, sakit kepala, lelah, dan terganggunya siklus haid. 

Lalu, berapa penurunan berat badan yang disarankan? 

Baca Juga: Lemak perut menumpuk di usia 40 tahun, ini cara menghilangkannya

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, jumlah penurunan berat badan yang aman adalah sekitar 1 hingga 2 pon atau setara dengan 0,5 kg hingga 1 kg per minggu. Namun, hasilnya akan berbeda pada tiap individu tergantung pola dan kondisi tubuh masing-masing. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan dalam waktu satu minggu secara aman. 

1. Konsumsi protein dalam jumlah cukup 

Setiap makanan yang dikonsumsi harus mengandung gizi seimbang, yang mencakup protein, lemak, karbohidrat kompleks, dan sayuran. 

Merangkum sebuah studi berjudul “Preserving Healthy Muscle during Weight Loss”, protein dalam jumlah yang disarankan sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan dan massa otot. 

Baca Juga: Makanan dan minuman yang bisa meningkatkan kesuburan perempuan

Untuk pria, konsumsi protein yang disarankan sebanyak 56 - 91 gram per hari, sedangkan wanita sebesar 46 - 75 gram per hari. Beberapa makanan yang menjadi sumber protein antara lain daging, ikan, telur, dan biji-bijian. 

2. Konsumsi sayuran 

Selain protein yang cukup, konsumsi sayuran juga sangat penting. Sayuran mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Konsumsi sayuran dalam jumlah banyak pun tidak masalah karena tidak akan meningkatkan kalori atau karbohidrat secara drastis. 

Beberapa sayur yang disarankan antara lain brokoli, bayam, tomat, dan sayuran lainnya. 

Baca Juga: Cara menurunkan berat badan secara cepat tanpa membahayakan kesehatan




TERBARU

[X]
×