kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45937,81   9,46   1.02%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Membakar Lemak Perut, Lakukan Gerakan Ini, Cek Minuman Penurun Berat Badan


Rabu, 03 Mei 2023 / 11:11 WIB
Cara Membakar Lemak Perut, Lakukan Gerakan Ini, Cek Minuman Penurun Berat Badan
ILUSTRASI. Cara Membakar Lemak Perut, Lakukan Gerakan Ini, Cek Minuman Penurun Berat Badan


Reporter: Adi Wikanto, Ana Risma | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara membakar lemak perut secara cepat. Ada sejumlah gerakan mudah untuk membakar lemak perut secara alami. Selain itu ada juga minuman penurun berat badan.

Cara membakar lemak perut penting diketahui oleh orang dewasa. Apalagi setelah libur Lebaran, biasanya timbunan lemak perut semakin jelas terlihat.

Selain itu, seiring penambahan usia, lemak perut juga semakin banyak. Oleh karena itu, penting bagi wanita dan pria dewasa mengetahui cara membakar lemak perut.

Lalu bagaimana cara membakar lemak perut?

Dilansir dari Kompas.com, pendiri PTPioneer.com dan pelatih pribadi yang telah berkecimpung di bidang kesehatan dan kebugaran selama 15 tahun terakhir, Tyler Read, menawarkan rutinitas latihan untuk membakar lemak perut dan membentuk otot perut.

Menurut Read, kita harus fokus pada gerakan-gerakan gabungan yang menggunakan banyak kelompok otot untuk membakar kalori secara maksimal dan pertumbuhan otot. "Jadi, atur timer kita selama lima menit dan selesaikan tiga set dengan 10 repetisi untuk setiap latihan," katanya.

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan Sampai 9 Kg dengan Cepat dan Aman

Cara membakar lemak perut dan kencangkan otot dengan gerakan 5 menit

Menurut laman Eat This Not That, berikut beberapa cara membakar lemak perut dan mengencangkan otot dengan gerakan 5 menit

1. Squat

Cara membakar lemak perut dan mengencangkan otot yang pertama adalah dengan melakukan gerakan squat. Bodyweight squat adalah titik awal yang baik sebelum meningkatkan tantangan ke weighted squat.

Untuk melakukan bodyweight squat, buka kaki selebar pinggul atau selebar bahu, lalu rentangkan lengan ke depan atau jaga agar tetap berada di samping tubuh. Pastikan jari-jari kaki kita harus sedikit menonjol. Kemudian, tekuk lutut dan tekan pinggul ke belakang untuk memulai squat. Kita harus menurunkan tubuh hingga paha membentuk posisi sejajar dengan bagian dasar. Setelah itu, tekan kedua kaki untuk bangkit kembali.

2. Lunges

Cara membakar lemak perut dan mengencangkan otot yang kedua adalah dengan melakukan gerakan lunges. Untuk melakukan lunges, kita akan mulai dengan membuka kaki selebar bahu sambil memegang dumbbell di kedua tangan.

Bawa satu kaki ke depan dan tanam kaki tersebut di bagian dasar saat kita menekuk lutut dan turun ke lunges. Jaga punggung tetap lurus saat melakukannya dan pastikan lutut tidak mendahului jari-jari kaki. Lalu, tekan tumit depan untuk kembali ke atas.

3. Deadlift

Cara membakar lemak perut dan mengencangkan otot yang ketiga adalah dengan melakukan gerakan dumbbel deadlift. Dumbbell deadlift akan bisa dilakukan memegang beban di kedua tangan dan menghadapkan telapak tangan ke arah tubuh.

Buka kaki selebar bahu dengan jarak selebar bahu. Jaga agar otot inti tetap aktif, tarik napas, dan engsel pinggul ke belakang saat kita menurunkan beban ke tulang kering dan ke tanah. Lalu, tekan kedua kaki untuk bangkit kembali.

4. Pull up

Cara membakar lemak perut dan mengencangkan otot yang keempat adalah dengan melakukan gerakan pull up. Latihan gabungan ini dimulai dengan kita berdiri di bawah bar. Dengan telapak tangan menghadap ke depan, peganglah bar dan letakkan tangan selebar bahu.

Angkat kedua kaki dari lantai sehingga lengan kita terentang penuh dan menggantung di palang. Tekuk kedua siku saat mengangkat tubuh bagian atas ke bar pull up hingga dagu melewatinya. Setelah kita mencapai puncak, gunakan kontrol untuk kembali ke posisi awal.

5. Dumbbell bench press

Cara membakar lemak perut dan mengencangkan otot yang kelima adalah dengan melakukan gerakan dumbbell bench press. Untuk gerakan terakhir ini, kita bisa memegang dua dumbbell dan menempatkan diri kita telentang di atas bench press.

Luruskan kedua lengan sehingga beban berada di atas tubuh. Lalu, telapak tangan harus menghadap ke depan. Bawa tulang belikat kembali ke arah bangku dan dorong melalui kedua kaki. Selanjutnya, selipkan siku untuk menurunkan beban ke arah dada. Kemudian, gunakan kaki, dada, dan lengan untuk menekan beban ke atas.

Minuman penurun berat badan

Diberitakan Momsmoney.id, terdapat beberapa minuman tertentu yang bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama sekaligus mencegah Anda mengonsumsi kalori berlebih sepanjang hari.

Bahkan, ada juga minuman yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran kalori bisa menjadi lebih efisien.

Apabila Anda sedang berupaya menurunkan berat badan setelah momen Lebaran yang identik dengan makanan bersantan, berikut beberapa minuman penurun berat badan yang layak Anda coba untuk membantu menurunkan berat badan setelah Lebaran sebagaimana dilansir dari Insider dan Healthline.

Baca Juga: 4 Keuntungan Pakai Korset, Benar Bisa Buat Langsing?

1. Air putih

Air adalah salah satu pilihan minuman terbaik untuk menurunkan berat badan. Tak hanya bebas kalori, air juga mampu membuat Anda merasa kenyang tanpa makan berlebihan.

Tinjauan tahun 2019 menemukan bahwa peningkatan asupan air dikaitkan dengan rata-rata penurunan berat badan sebanyak 5,15%.

Untuk membantu menurunkan berat badan, minumlah air putih setidaknya sebanyak setengah berat badan Anda dalam ons air setiap hari.

Misal, jika berat badan Anda adalah 150 pon, maka Anda harus minum air putih setidaknya 75 ons air setiap hari atau sekitar 2,2 liter.

2. Teh hijau

Teh hijau mengandung katekin dan kafein yang mana dua senyawa ini dapat meningkatkan metabolisme.

Menurut penelitian, kandungan kafein dalam teh hijau dapat membantu membakar lemak dan meningkatkan jumlah kalori yang dibakar saat tubuh beristirahat.

Sebuah penelitian kecil pada tahun 2005 terhadap subjek yang kelebihan berat badan dan obesitas sedang menemukan bahwa mengonsumsi campuran teh hijau dengan 150 miligram kafein selama 3 bulan dikaitkan dengan lebih banyak penurunan berat badan dan kehilangan lemak.

Plus, pengurangan lingkar pinggang yang lebih signifikan dibandingkan dengan orang yang minum plasebo.

3. Kopi

Kopi mengandung kafein yang bertindak sebagai stimulan dalam tubuh. Kopi dapat mengurangi asupan energi dan meningkatkan metabolisme untuk membantu menurunkan berat badan.

Sebuah studi pada 33 orang dewasa yang kelebihan berat badan menemukan bahwa mereka yang minum kopi dengan kandungan kafein sebanyak 6 miligram per kilogram berat badan cenderung mengonsumsi kalori yang lebih sedikit secara signifikan daripada mereka yang minum lebih sedikit kafein atau tanpa kafein sama sekali.

Asupan kafein juga telah terbukti mampu meningkatkan metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak dalam beberapa penelitian.

Kemungkinan besar, para peminum kopi lebih mudah mempertahankan penurunan berat badan dari waktu ke waktu.

Baca Juga: 4 Manfaat Konsumsi Jus Seledri Bagi Kesehatan, Bisa Bantu Diet

4. Teh hitam

Sama halnya dengan teh hijau, teh hitam juga mengandung senyawa yang dapat merangsang penurunan berat badan. Di dalam teh hitam, ada kandungan polifenol yang tinggi dan mampu bertindak sebagai antioksidan yang kuat untuk membantu mengurangi berat badan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan polifenol dalam teh hitam dapat meningkatkan penurunan berat badan dengan cara mengurangi asupan kalori, merangsang pemecahan lemak, dan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik pada usus.

Sebuah penelitian pada 111 orang menunjukkan bahwa mereka yang minum 3 cangkir teh hitam setiap hari selama 3 bulan kehilangan lebih banyak berat badan dan mengalami pengurangan lingkar pinggang yang lebih besar dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Studi lain pada 2.734 wanita menemukan bahwa mereka yang memiliki asupan makanan dan minuman kaya flavonoid seperti teh hitam memiliki lemak tubuh dan lemak perut yang jauh lebih rendah daripada wanita yang mengonsumsi lebih sedikit flavonoid.

5. Protein shake

Bubuk protein seperti whey protein, soy protein, egg white protein, casein protein, dan pea protein telah terbukti mampu membantu menurunkan berat badan.

Itu karena kandungan protein dalam protein shake mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama sekaligus membutuhkan lebih banyak energi untuk dicerna oleh tubuh sehingga Anda dapat membakar lebih banyak kalori.

Tinjauan tahun 2014 menemukan bahwa mencerna protein dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh saat beristirahat yakni sebesar 15%-30%. Sedangkan karbohidrat dan lemak hanya menyebabkan peningkatan sebanyak 3%-10%.

Tentu, fakta tersebut bisa membantu menjelaskan mengapa diet tinggi protein cenderung membakar lebih banyak kalori dalam beberapa jam setelah makan dibandingkan dengan diet yang lain.

Itulah cara membakar lemak perut dengan mudah dan daftar minuman penurun berat badan yang layak Anda. Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×