kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,72   -3,94   -0.44%
  • EMAS1.368.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak 7 Manfaat Bunga Teratai Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Sabtu, 28 Oktober 2023 / 12:05 WIB
Simak 7 Manfaat Bunga Teratai Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat bunga teratai untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah manfaat bunga teratai untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui dan kerap luput dari perhatian. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi bunga teratai juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat bunga teratai secara maksimal.

Bunga teratai, dengan kecantikan dan ketenangannya, telah menjadi simbol yang penting dalam banyak budaya di seluruh dunia. 

Tidak hanya sebagai bunga yang indah, tetapi teratai juga memiliki manfaat kesehatan yang mengejutkan. Sebagai bunga yang tumbuh di air, teratai memiliki banyak sifat yang bermanfaat untuk tubuh manusia.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Bunga Sepatu untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Melansir dari Lybrate, berikut beberapa manfaat bunga teratai untuk kesehatan di antaranya:

1. Mengurangi Stres dan Meningkatkan Kesejahteraan Emosional

Bunga teratai dikenal memiliki efek menenangkan yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Aroma lembut dari bunga teratai dapat merangsang perasaan rileks dan meningkatkan suasana hati. Ini telah digunakan dalam berbagai bentuk terapi aromaterapi dan meditasi untuk meredakan stres.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Cempedak untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Memperbaiki Kualitas Tidur

Aroma bunga teratai yang harum juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Merupakan praktik yang umum untuk meletakkan bunga teratai di dalam kamar tidur atau menggabungkan minyak esensial teratai dalam aromaterapi sebelum tidur. Ini dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak dan bangun dengan perasaan segar.

3. Merangsang Sirkulasi Darah

Air yang tumbuh dengan bunga teratai biasanya memiliki suhu yang lebih rendah daripada suhu tubuh manusia. Ketika Anda merendam kaki Anda dalam air dengan bunga teratai, itu dapat merangsang sirkulasi darah. Ini dapat membantu meredakan pembengkakan dan meredakan ketegangan otot. Teratai juga mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan.

Baca Juga: Simak 7 Manfaat Jus Kiwi untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Teratai mengandung senyawa yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit Anda. Ekstrak bunga teratai digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit untuk mengurangi peradangan, mengurangi noda, dan meningkatkan kelembapan kulit. Senyawa dalam teratai juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV.

5. Mendukung Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bunga teratai dapat membantu mengendalikan tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah. Ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan serat dalam bunga teratai juga dapat membantu mengatur kadar gula darah.

Baca Juga: 8 Manfaat Durian Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Sudah Tahu?

6. Efek Antioksidan

Teratai mengandung senyawa antioksidan, seperti fenolik dan flavonoid, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis dan proses penuaan.

Baca Juga: Kenali 10 Manfaat Terong Bulat Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

7. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Akar teratai telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meningkatkan fungsi pencernaan. Makanan atau minuman yang mengandung ekstrak akar teratai dapat membantu meredakan masalah pencernaan seperti diare dan sembelit.

Meskipun teratai adalah bunga yang indah, manfaatnya untuk kesehatan juga patut diperhatikan. Namun, perlu diingat bahwa jika Anda berencana untuk mengonsumsi teratai atau produk teratai untuk tujuan kesehatan, selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan tenaga medis yang berkualifikasi. Seperti halnya dengan semua jenis pengobatan alami, hasil dapat bervariasi, dan reaksi individu dapat berbeda. Tetapi dengan cara yang benar, bunga teratai dapat menjadi tambahan yang indah dan bermanfaat untuk perawatan kesehatan Anda.

Selanjutnya: Berkshire Hathaway Digugat Pilot Flying di Pengadilan Amerika

Menarik Dibaca: 5 Film Horor Ini Bertema Rumah Angker Berhantu, Berani Nonton Sendirian?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×