Simak 7 cara menurunkan berat badan dalam seminggu

Kamis, 11 Maret 2021 | 07:44 WIB   Reporter: kompas.com
Simak 7 cara menurunkan berat badan dalam seminggu

ILUSTRASI. Anda bisa menurunkan berat badan beberapa kilogram (kg) dengan mengikuti diet rendah karbohidrat hanya dalam beberapa hari. Kontan/Alri kemas


3. Kurangi asupan kalori

Mengurangi asupan kalori Anda mungkin menjadi faktor terpenting dalam hal penurunan berat badan. Jika Anda mengasup lebih banyak kalori daripada yang Anda keluarkan, Anda tidak akan kehilangan lemak.

Berikut ini adalah beberapa tip sederhana untuk mengurangi asupan kalori Anda saat ingin menurunkan berat badan:

- Timbang dan catat makanan yang Anda makan. Gunakan alat penghitung kalori untuk melacak jumlah kalori dan nutrisi yang Anda konsumsi

- Kurangi semua camilan dan jangan makan apa pun setelah jam makan

- Singkirkan bumbu dan saus padat kalori

Baca Juga: Jangan asal diet, ini 5 tanda tubuh kekurangan gizi penting

- Isi piring Anda dengan sayuran dan batasi karbohidrat bertepung dan lemak tambahan selama seminggu

- Pilih protein rendah lemak, seperti ayam dan ikan

- Hindari minuman sumber kalori, seperti minuman ringan, jus buah manis, dan lain sebagainya. Sebaliknya, pilih air putih, minuman nol kalori, teh atau kopi tanpa gula

4. Olahraga angkat beban dan coba olahraga intensitas tinggi

Olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk membakar lemak dan memperbaiki penampilan Anda. Latihan ketahanan, seperti angkat beban, diyakini dapat menyebabkan penurunan berat badan dalam jumlah yang sama seperti latihan aerobik biasa. Ini juga membantu Anda menambah atau mempertahankan massa dan kekuatan otot.

Latihan ketahanan seluruh tubuh juga merupakan metode yang bagus untuk menurunkan simpanan karbohidrat tubuh dan berat air, yang dapat menyebabkan penurunan berat badan secara tajam.

Angkat beban juga dapat melindungi metabolisme dan kadar hormon Anda, yang sering kali menurun selama diet. Sementara high intensity interval training (HIIT) adalah olahraga intensitas tinggi adalah metode latihan lain yang sangat efektif.

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga intensitas tinggi selama 5-10 menit dapat menghasilkan manfaat yang sama atau lebih besar untuk kesehatan dan penurunan berat badan sebanyak lima kali lipat dari jumlah olahraga teratur.

Seperti angkat beban, latihan ini dapat dengan cepat mengurangi simpanan karbohidrat otot dan juga meningkatkan aspek penting lainnya dari penurunan berat badan, seperti metabolisme dan hormon pembakar lemak.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru