kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak 7 Cara Mencegah Demensia dan Penyakit Terkait Lainnya


Jumat, 03 November 2023 / 16:10 WIB
Simak 7 Cara Mencegah Demensia dan Penyakit Terkait Lainnya
ILUSTRASI. Simak 7 Cara Mencegah Demensia dan Penyakit Terkait Lainnya


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak cara mencegah demensia dan penyakit terkait yang wajib Anda lakukan. Intip beberapa panduan yang perlu dipahami atas bahayanya salah satu penyakit di masa tua.

Demensia merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kelompok gejala penurunan fungsi kognitif dan kemampuan mental yang parah. Sehingga, ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari seseorang.

Penyakit Demensia bukanlah penyakit tunggal, melainkan merupakan gejala dari berbagai kondisi yang mempengaruhi otak, termasuk penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, Lewy body dementia, dan sebagainya.

Gejala demensia dapat mencakup kesulitan dalam berpikir, mengingat, berbicara, mengambil keputusan, dan menjalankan tugas-tugas sehari-hari.

Baca Juga: Ini 9 Makanan untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus selama Beraktivitas

Langkah pencegahan demensia

Demensia

Pencegahan demensia merupakan area penelitian yang sedang berkembang, dan berbagai faktor risiko dan praktik sehat bisa mengurangi risiko perkembangan demensia telah diidentifikasi.

Meskipun bertambahnya usia adalah faktor risiko terbesar demensia, bukti menunjukkan ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi risikonya.

Tentunya, Anda perlu memulainya dengan tetap rajin berolahraga, makan sehat, dan melatih pikiran.

Beberapa langkah pencegahan demensia yang dapat Anda pertimbangkan dilansir dari laman Alzheimers Society UK.

Baca Juga: Inilah 9 Makanan Sehat untuk Menjaga Ginjal Tetap Fit dan Cegah Penyakit

1. Konsumsi makanan sehat

Diet yang seimbang dengan konsumsi makanan tinggi serat, buah-buahan, sayuran, ikan berlemak, dan kacang-kacangan dapat mendukung kesehatan otak. Hindari makanan tinggi gula dan lemak jenuh yang bisa picu diabetes.

Pilihlah vitamin yang baik untuk saraf dan otak yang sekaligus menjaga tubuh untuk tetap bugar.

2. Rajin aktivitas fisik

Berolahraga secara teratur memiliki manfaat besar untuk kesehatan otak. Aktivitas fisik dapat meningkatkan aliran darah ke otak, merangsang pertumbuhan sel-sel saraf, dan membantu dalam menjaga berat badan yang sehat.

3. Jaga kesehatan jantung

Kondisi kesehatan jantung yang baik juga berhubungan dengan kesehatan otak. Kontrol tekanan darah, kolesterol, dan diabetes dapat membantu mengurangi risiko demensia.

4. Hindari Merokok dan Konsumsi Alkohol

Kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol berlebihan dapat merusak otak dan meningkatkan risiko demensia. Anda perlu menghindari kebiasaan ini atau bahkan bisa berhenti konsumsi untuk mencegah penyakit terkait

5. Rutin Aktivitas Sosial

Keterlibatan sosial, seperti berpartisipasi dalam kegiatan bersama teman dan keluarga, dapat membantu menjaga kognisi dan kesehatan mental yang baik.

6. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup penting untuk kesehatan otak. Gangguan tidur dapat meningkatkan risiko demensia. Tidur dengan waktu yang baik bisa menghindari stres kronis dapat berdampak negatif pada otak.

Praktik tidur cukup dan manajemen stres tentu bisa diterapkan bersama meditasi, yoga, atau terapi lainnya.

7. Stimulasi Mental

Dengan menjaga pikiran Anda aktif dengan membaca, menyelesaikan teka-teki, belajar hal baru, atau bermain permainan otak dapat membantu melatih otak dan menjaga kognisi.

Meskipun tidak ada jaminan bahwa dapat sepenuhnya mencegah demensia, gaya hidup sehat dan menjaga kesehatan fisik dan mental dapat membantu mengurangi risiko perkembangan penyakit ini.

Itulah sederet langkah dan cara mencegah demensia dan penyakit terkait lainnya yang tentu perlu dipahami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×