kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,51   7,00   0.76%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rumus Menghitung Berat Badan Ideal, Lakukan Cara Ini untuk Menambah Berat Badan


Sabtu, 17 Juni 2023 / 07:05 WIB
Rumus Menghitung Berat Badan Ideal, Lakukan Cara Ini untuk Menambah Berat Badan


Sumber: Siloam Hospitals,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Rumus Menghitung Berat Badan Ideal - Jakarta. Simak rumus menghitung berat badan ideal. Jika berat badan masih belum ideal, lakukan Rumus berikut untuk menambah berat badan seRumus alami dan sehat.

Rumus menghitung berat badan ideal ada berbagai versi. Setiap rumus menghitung berat badan ideal memiliki kelebihan dan kekurangan.

Namun, Anda tidak harus menggunakan semua rumus menghitung berat badan ideal tersebut. Cukup gunakan salah satu rumus menghitung berat badan ideal dan lakukan olahraga yang tepat untuk mencapai berat badan ideal.

Dilansir dari website resmi Siloam Hospital, salah satu rumus menghitung berat badan ideal adalah menggunakan Body Mass Index atau BMI. BMI adalah perkiraan lemak tubuh yang didasarkan pada tinggi dan berat badan.

Lebih jelasnya, BMI adalah indikator pengukuran yang digunakan untuk menentukan kategori berat badan ideal atau tidak. BMI dikembangkan oleh Adolphe Quetelet selama abad ke-19.

Melalui hasil permenghitung BMI, Anda akan mengetahui kategori berat badan, yaitu kurus, ideal, berlebihan, atau bahkan obesitas.

Baca Juga: Berat Badan Ideal Anak 1-5 Tahun, Cek Makanan Untuk Menaikkan Berat Badan yang Sehat

Rumus menghitung berat badan ideal ini ini juga bisa menjadi alat skrining untuk melihat risiko kesehatan tertentu. Menurut WHO, hasil BMI yang tidak normal/ideal akan meningkatkan risiko terkena beberapa penyakit.

Maka dari itu, sekiranya Anda perlu memahami bagaimana Rumus menghitung BMI seRumus tepat untuk meminimalisir kenaikan atau penurunan berat badan seRumus berlebihan.

Rumus menghitung berat badan ideal dengan BMI

Rumus menghitung berat badan ideal dengan BMI terbagi menjadi dua jenis berdasarkan pengukurannya, yaitu pengukuran metrik dan imperial.Sebelum mencoba Rumus menghitung BMI, pastikan Anda mengetahui berat dan tinggi badan seRumus spesifik ya.

Berikut penjelasan mengenai masing-masing Rumus menghitung berat badan ideal dengan BMI:

 1. Menggunakan Pengukuran Imperial

Rumus menghitung berat badan ideal dengan BMI ini sering diterapkan di Amerika Serikat, sehingga satuannya menggunakan pound (berat badan) dan inci (tinggi badan).

Rumus menghitung berat badan ideal BMI dengan rumus ini yaitu berat badan (pound) dibagi tinggi badan (inci) kuadrat lalu dikalikan dengan faktor konversi (703).

Rumus BMI imperial:

[{berat badan (pound) : (tinggi badan(inci)) kuadrat)} x 703]

atau

[{berat badan (pound) : (tinggi badan(inci) x tinggi badan(inci))} x 703]

Contohnya, Anda memiliki berat badan 130 pound dengan tinggi badan 60 inci, maka Rumus menghitung BMI adalah sebagai berikut:

BMI = {130 : (60 x 60)} x 703 = {130 : 3.600} x 703 = 25,4

Jadi, hasil permenghitung BMI dari seseorang dengan berat badan 130 pound dan tinggi badan 60 inci adalah 25,4.

2. Menggunakan Pengukuran Metrik

Rumus menghitung berat badan ideal BMI metrik adalah permenghitung yang paling sering digunakan di Indonesia, di mana satuannya adalah kilogram (berat badan) dan meter (tinggi badan).

Sehingga rumus menghitung berat badan ideal BMI metrik adalah :

[berat badan (kg) : (tinggi badan(m))kuadrat]

atau

[berat badan (kg) : (tinggi badan (m) x tinggi badan (m))]

Contohnya, Anda memiliki berat badan 60 kg dengan tinggi badan 150 cm (1,5 m), maka Rumus menghitung BMI adalah sebagai berikut:

BMI = 60 : (1,5 x 1,5) = 60 : 2,25 = 26,6

Jadi, hasil permenghitung BMI dari seseorang dengan berat badan 60 kg dan tinggi badan 150 cm adalah 26,6.

Kategori BMI untuk menghitung berat badan ideal

Menurut WHO, kategori standar berat badan ideal pria dan wanita dewasa berdasarkan BMI adalah sebagai berikut:

  • Kurang dari 18,5 berarti berat badan kurang (underweight).
  • Antara 18,5 - 24,9 berarti berat badan normal
  • Antara 25-29,9 berarti berat badan berlebih (overweight).
  • Di atas 30 berarti obesitas

Maka, apabila mengacu dari contoh permenghitung BMI di atas, hasil 26,6 termasuk dalam kategori berat badan berlebih.

Meski begitu, kategori BMI ini berbeda dengan anak-anak dan remaja. Permenghitung BMI pada anak dan remaja perlu disesuaikan dengan usia dan jenis kelamin.

Cara menambah berat badan

Jangan sedih jika hasil pengukuran berat badan Anda masih di bawah ideal. Ada cara mudah untuk menambah berat badan.

Dilansir dari Kompas.com, berikut cara menambah berat badan secara sehat dan alami yang disarikan dari Mayo Clinic dan Everyday Health:

  • Makan lebih sering

Cara menambah berat badan yang pertama secara sehat dan alami adalah makan setiap tiga jam sekali. Anda perlu makan 5-6 kali dalam porsi kecil-kecil di siang hari. Anda perlu merencanakan waktu makan itu, meski Anda tidak terlalu lapar. Saat Anda makan setiap beberapa jam, Anda akan makan lebih banyak kalori dan mencegah kehilangan massa tubuh.

  • Memilih makanan dengan banyak nutrisi

Cara menambah berat badan yang kedua secara sehat dan alami adalah memilih makanan dengan banyak nutrisi. Dalam makan sehari, Anda perlu variasi makanan yang mengandung ragam nutrisi untuk membangun otot Anda. Setidaknya tiga makanan berbeda.

Anda bisa berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan atau ahli gizi Anda tentang berapa banyak kalori yang harus dimakan sehari atau setiap kali makan. Anda juga dapat menanyakan berapa porsi yang harus Anda makan dari kelompok makanan yang berbeda.

  • Meningkatkan asupan protein

Cara menambah berat badan yang ketiga secara sehat dan alami adalah meningkatkan asupan protein. Anda harus mengkonsumsi protein setidkanya 1,5 gram per kilogram berat badan Anda. Pastikan Anda mekonsumsi beragam sumber protein dalam sehari dan setiap makan. Protein paling mudah diubah menjadi massa otot tanpa lemak adalah susu rendah lemak, daging tanpa lemak, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

  • Makan makanan berpati

Cara menambah berat badan yang keempat secara sehat dan alami adalah makan makanan berpati. Karbohidrat adalah kelompok makanan yang juga dapat membantu menambah berat badan, terutama dari sumber mengandung pati.

Jika Anda membangun massa otot, Anda perlu mengkonsumsi pati yang cukup untuk menggunakan protein ekstra. Pati disimpan di otot, memberikan energi yang Anda butuhkan untuk membuat jaringan tubuh.

Karbohidrat yang cukup mengandung pati, meliputi nasi merah, lentil, ubi jalar, dan kacang-kacangan.

  • Makan sehat sebelum tidur

Cara menambah berat badan yang kelima secara sehat dan alami adalah makan sehat sebelum tidur. Jika Anda ingin menaikkan berat badan, Anda bisa makan sebelum tidur. Makanan yang harus dipilih tentu makanan sehat, seperti ragam buah dan sayuran.

Di malam hari tubuh kita sangat aktif dengan sel-sel beregenerasi dan memperbaiki serta menyembuhkan. Dengan makan sebelum jam tidur, Anda membiarkan tubuh menambah kalori dari makanan.

  • Tidur cukup

Cara menambah berat badan yang keenam secara sehat dan alami adalah tidur cukup. Tubuh Anda harus punya waktu cukup untuk membangun kembali otot, tidak hanya mengubah makanan menjadi lemak.

  • Atur kebiasaan minum

Cara menambah berat badan yang ketujuh secara sehat dan alami adalah mengatur kebiasaan minum. Minuman bisa membuat Anda merasa kenyang. Jika itu yang terjadi pada Anda, hindari minum saat makan atau sebelumnya. Namun, pastikan Anda cukup minum sepanjang hari agar terhidrasi.

  • Olahraga

Cara menambah berat badan yang kedelapan secara sehat dan alami adalah berolahraga/ Olahraga, terutama latihan kekuatan, dapat membantu Anda menambah berat badan dengan membangun otot. Olahraga juga dapat merangsang nafsu makan Anda.

Itulah berbagai rumus menghitung berat badan ideal. Segera lakukan cara menambah berat badan secara sehat dan alami agar berat badan ideal bisa tercapai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×