kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45902,39   -6,15   -0.68%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daftar Sayur Penambah Berat Badan, Cek Olahraga untuk Menaikkan Berat Badan


Selasa, 16 Mei 2023 / 05:00 WIB
Daftar Sayur Penambah Berat Badan, Cek Olahraga untuk Menaikkan Berat Badan


Reporter: Adi Wikanto, Helvana Yulian | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak daftar sayur penambah berat badan. Selain konsumsi makanan, olahraga tertentu juga bisa membantu menaikkan berat badan.

Sayur penambah berat badan perlu Anda konsumsi secara rutin jika ingin menaikkan bobot tubuh. Sayur penambah berat badan akan membantu Anda lebih cepat gemuk dibandingkan bahan makanan lainnya.

Diberitakan Grid.id, sayur adalah makanan yang punya banyak manfaat baik untuk kesehatan. Sayur bisa melancarkan pencernaan, mencegah darah tinggi, mencegah kanker, mengurangi stres, sampai menyehatkan kulit.

Ada beberapa sayur yang mengandung gula dan bisa membuat berat badan jadi cepat bertambah. Oleh karena itu, sayur penambah berat badan ini sangat tepat dikonsumsi jika Anda sedang dalam program penggemukan.

Baca Juga: Sayuran Penambah Darah, Cek Makanan untuk Meningkatkan Tekanan Darah Rendah

Sayur penambah berat badan

Berikut 6 sayur penambah berat badan:

1. Kacang hijau

Sayur penambah berat badan yang pertama adalah kacang hijau. Kacang hijau punya kandungan serat dan protein yang tinggi.

Nah, kedua kandungan ini diperlukan untuk mengisi bahan bakar dan mengatur makanan dalam tubuh. Selain itu, kacang hijau juga mengandung karbohidrat yang tinggi. Inilah sumber utama penambahan berat badan.

2. Daun pepaya

Sayur penambah berat badan yang kedua adalah daun pepaya. Daun pepaya punya banyak kandungan yang baik untuk tubuh, contohnya vitamin A, B C, E, K dan mineral. Selain itu, daun pepaya juga mengandung 79 kalori yang bisa membantu menambah berat badan.

3. Jagung

Sayur penambah berat badan yang ketiga adalah jagung. Jagung mengandung gula yang cukup tinggi. Gula ini bisa jadi penyebab kenaikan berat badan.

Gula membuat hormon enggak seimbang, termasuk insulin dan kortisol. Hal ini bisa memberi sinyal pada tubuh untuk menyimpan kalori sebagai lemak. Selain itu, 100 gram jagung mengandung 125 kalori yang sangat tepat menjadi sayuran penambah berat badan.

4. Terong

Sayur penambah berat badan yang keempat adalah terong. Terong punya kandungan protein yang rendah dan tinggi kalori.

Selain itu, saat terong diolah menjadi masakan, akan cenderung menyerap minyak dan garam. Nah, itu sebabnya terong justru bisa menambah berat badan kita.

5. Wortel

Sayur penambah berat badan yang kelima adalah wortel. Melansir Readers Digest, wortel mengandung kalori dan gula yang cukup tinggi.

Kandungan gula sukrosa pada gula tak jauh berbeda dengan gula pasir yang sering kita dapatkan di supermarket. Hal ini bisa membuat berat badan naik, terutama kalau dikonsumsi berlebihan.

6. Kacang polong

Sayur penambah berat badan yang keenam adalah kacang polong. Kacang polong juga menyimpan kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga kalori dalam tubuh bisa lebih mudah naik.

Kalori pada kacang polong cukup untuk memenuhi kebutuhan makanan saat ingin meningkatkan berat badan.

Olahraga untuk menaikkan berat badan

Selain diet dengan konsumsi bahan makanan tertentu, olahraga juga perlu dilakukan untuk menaikkan berat badan. Diberitakan Momsmoney.id, olahraga bisa menaiikan berat badan karena olahraga bisa meningkatkan massa otot. 

Nah, berikut ini adalah beberapa olahraga yang bisa menaikkan berat badan yang bisa Anda coba, mengutip Health Focus, antara lain:  

1. Berenang

Olahraga untuk membantu menaikkan berat badan pertama adalah berenang. Berenang tidak hanya untuk orang yang ingin menurunkan berat badan.  

Orang kurus pun bisa melakukannya untuk mendapatkan berat badan ideal. Tak hanya meningkatkan kesehatan jantung, berenang juga bermanfaat untuk otot tubuh.  

2. Pull up

Olahraga untuk membantu menaikkan berat badan kedua dengan melakukan pull up. Pull up adalah olahraga untuk menaikkan berat badan yang dilakukan dengan berdiri sambil mengangkat tubuh ke atas.  

Untuk melakukannya, Anda membutuhkan benda kokoh yang menempel di dinding atau pull up bar yang bisa Anda beli di toko olahraga.

3. Zumba

Olahraga untuk membantu menaikkan berat badan selanjutnya adalah Zumba. Zumba merupakan jenis senam yang menggabungkan berbagai aliran dan jenis musik. 

Gerakan Zumba membutuhkan banyak energi akan membantu membentuk tubuh Anda menjadi lebih ideal.  

Oleh karena itulah, zumba menjadi jenis olahraga yang dianjurkan untuk orang kurus yang ingin gemuk dan lebih berotot. 

4. Squat

Olahraga untuk membantu menaikkan berat badan keempat dengan melakukan squat.  Squat adalah olahraga untuk menaikkan berat badan yang dapat dilakukan di rumah tanpa peralatan apa pun.  

Cara melakukannya cukup mudah, Anda hanya perlu berdiri tegak (kaki sejajar dengan pinggul), kemudian turunkan bokong Anda layaknya ingin duduk. 

Saat melakukannya, usahakan tubuh tetap lurus. Jika belum terbiasa, jangan terlalu banyak melakukan gerakan ini karena bisa menimbulkan cedera.

5. Sit-up

Olahraga untuk membantu menaikkan berat badan terakhir adalah sit-up. Jika push-up membantu membentuk massa otot bagian bahu dan lengan, sit-up akan membentuk otot perut.  

Tidak hanya itu, sit-up bisa membuat tubuh menjadi lebih stabil dan postur tubuh Anda pun akan terlihat lebih ideal. 

Tapi, jangan lupa untuk diimbangi dengan asupan makanan bergizi dan konsumsi vitamin. 

Itulah daftar sayur penambah berat badan dan Olahraga untuk membantu menaikkan berat badan. Selamat mencoba dan membuktikan hasilnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×