kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,57   -7,97   -0.88%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Badan Kurus? Cek Cara Menaikkan Berat Badan Secara Alami & Sehat Berikut


Sabtu, 07 Januari 2023 / 06:35 WIB
Badan Kurus? Cek Cara Menaikkan Berat Badan Secara Alami & Sehat Berikut
ILUSTRASI. Badan Kurus? Cek Cara Menaikkan Berat Badan Secara Alami & Sehat Berikut


Sumber: Sonora.id,KONTAN.co.id | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara menaikkan berat badan secara alami dan sehat berikut. Catat juga daftar makanan yang dapat menambah berat badan secara cepat pada anak-anak maupun orang dewasa. Jika berat badan terlalu kurus, lakukan cara menaikkan berat badan berikut ini.

Banyak orang tua yang bingung cara menambah berat badan anak. Selain untuk anak-anak, cara menaikkan berat badan secara alami ini juga bisa diterapkan bagi orang dewasa.

Cara menaikkan berat badan secara alami untuk anak-anak dan orang dewasa ini perlu dilakukan agar tubuh lebih berisi. Pasalnya, tubuh yang terlalu kurus juga tidak baik bagi kesehatan maupun kepercayaan diri.

Kekurangan berat badan juga sama bahayanya dengan kelebihan berat badan. Jika memiliki tubuh yang terlalu kurus hingga tergolong kurang gizi, ada beberapa gangguan kesehatan yang akan dialami.

Baca Juga: Cara Meratakan Perut Buncit Tanpa Olahraga, Cek Juga Bahan Alami Mengecilkan Perut

Seperti penyakit anemia, tulang rapuh, daya tahan tubuh lemah, hingga masalah kesuburan. Melansir dari berbagi sumber, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambah berat badan dengan cara yang sehat untuk anak-anak-anak dan orang dewasa.

Seperti apa itu? Berikut 5 cara menaikkan berat badan secara alami pada anak-anak dan orang dewasa, dilansir dari Sonora.id:

1. Mengonsumsi makanan lebih sering

Cara menaikkan berat badan secara alami anak-anak dan orang dewasa yang pertama adalah makan lebih sering. Makan lebih sering bisa dilakukan untuk menaikkan berat badan. Menambah kalori dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh bisa menaikkan berat badan.

Jika kamu tidak bisa makan dengan banyak porsi, makanlah dengan porsi yang sedikit namun sering, setidaknya 5-6 kali sehari.

2. Memilih makanan lebih cermat

Cara menaikkan berat badan secara alami anak-anak dan orang dewasa yang kedua adalah memilih makanan lebih cermat. Pilihlah makanan yang lebih mengandung banyak nutrisi seperti karbohidrat kompleks, protein, lemak, vitamin dan mineral karena lebih cepat membantu menaikkan berat badan dan lebih bergizi.

3. Mengonsumsi lemak baik

Cara menaikkan berat badan secara alami anak-anak dan orang dewasa yang ketiga adalah memperbanyak konsumsi lemak baik. Lemak baik berasal dari makanan seperti ikan, alpukat, telur, kacang-kacangan. Lemak baik atau lemak tak jenuh mengandung omega-3 dan omega-6.

Jenis lemak ini berfungsi untuk memelihara Kesehatan tubuh karena tidak menimbulkan penimbunan lemak di tubuh.

4. Sering minum susu

Cara menaikkan berat badan secara alami anak-anak dan orang dewasa yang keempat adalah rutin minum susu. Dalam susu, terdapat kandungan nutrisi seperti protein dan kalsium.

Anda bisa minum susu yang berasal dari susu sapi murni atau susu penggemuk badan, 1-2 gelas per hari. Namun ingat, minum susu harus dilakukan setelah makan, jangan sebelum makan.

5. Sering berolahraga

Cara menaikkan berat badan secara alami anak-anak dan orang dewasa yang kelima adalah rutin berolahraga. Salah satu olahraga yang bisa menaikkan berat badan adalah angkat beban. Diimbangi dengan makan banyak yang bergizi dan bernutrisi, massa otot akan terus bertumbuh.

Angkat beban akan membuat nafsu makan meningkat karena kita banyak mengeluarkan tenaga dan kalori selama olahraga.

Makanan yang dapat menambah berat badan secara cepat

Makan adalah kunci utama menambah berat badan. Namun, tidak semua makanan dapat menambah berat badan secara cepat.

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, Very Well Fit merekomendasikan Anda untuk makan makanan tertentu yang dapat menambah berat badan dalam porsi keci, tapi dengan frekuensi makan yang ditambah dari biasanya.

Berikut daftar makanan yang dapat menambah berat badan secara cepat:

Buah kering

Buah kering termasuk salah satu makanan yang dapat menambah berat badan secara cepat. Salah satu jenis buah kering yang bisa Anda dapat dengan mudah adalah kismis. Anda bisa mendapat sekitar 400 kalori dengan mengonsumsi satu gelas kismis.

Baca Juga: 7 Cara Menambah Berat Badan Memakai Bahan-Bahan Alami

Pasta

Makanan yang dapat menambah berat badan secara cepat yang kedua adalah pasta. Ternyata, jenis hidangan itu termasuk salah satu makanan penambah berat badan, lo. Terdapat 400 kalori dalam dua gelas spageti yang sudah dimasak. Jumlah kalori itu masih bisa bertambah jika Anda menambah saus, keju, dan bahan-bahan yang lain.

Alpukat

Makanan yang dapat menambah berat badan secara cepat yang ketiga adalah buah alpukat. Mengutip dari Very Well Fit, alpukat bisa dimanfaatkan untuk menambah berat badan Anda.

Bukan tanpa alasan, jenis buah ini mengandung sekitar 200 kalori. Anda bisa mengolah alpukat menjadi berbagai jenis hidangan. Namun, pastikan untuk mengolahnya dengan cara yang sehat, ya.

Kentang

Makanan yang dapat menambah berat badan secara cepat yang keempat adalah kentang. Anda bisa mendapat 62 kalori dengan mengonsumsi 100 g kentang. Selain kentang, Anda juga bisa mencoba jenis umbi-umbian yang lain, misalnya singkong.

Itulah cara menaikkan berat badan secara alami untuk anak-anak dan orang dewasa serta daftar makanan yang dapat membantu menambah berat badan secara cepat. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×