kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tahun Baru Ingin Berat Badan Ideal? Simak Tips Menurunkan Berat Badan yang Sehat Ini


Kamis, 05 Januari 2023 / 15:56 WIB
Tahun Baru Ingin Berat Badan Ideal? Simak Tips Menurunkan Berat Badan yang Sehat Ini
ILUSTRASI. Tahun Baru Ingin Berat Badan Ideal? Simak Tips Menurunkan Berat Badan yang Sehat Ini. dok/Family Doctor


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Salah satu resolusi tahun baru 2023 Anda ingin berat badan ideal? Anda perlu mencoba tips diet yang sehat untuk menurunkan berat badan ini. 

Tahukah Anda bahwa berdasarkan Riset Kesehatan Dasar tahun 2018, 1 dari 5 penduduk Indonesia mengalami obesitas. 

Melansir dari situs program studi (prodi) Gizi Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), ideal atau tidaknya berat badan seseorang, ditentukan oleh jumlah energi masuk (intake) dan energi yang keluar (output). 

Energi-energi tersebut digambarkan dengan bentuk kalori yang sudah biasa kita ketahui. Energi yang masuk didapat dari apa yang kita makan dan minum.

Sedangkan energi yang keluar merupakan energi yang dibutuhkan untuk metabolisme basal (menjalankan fungsi organ tubuh), pencernaan, dan aktivitas fisik.

Baca Juga: Tetap Waspada, Ini Penyebab Pembuluh Darah Otak Pecah dan Langkah Penanganannya

Cara sehat dan tepat menurunkan berat badan

Selain enak dipandang, memiliki berat badan yang ideal juga dapat menjaga kualitas kesehatan secara keseluruhan. Berat badan berlebih memiliki hubungan erat dengan penyakit diabetes, hipertensi, stroke, dan masih banyak lagi. 

Faktor yang membuat berat badan naik salah satunya adalah timbunan lemak jelly di dalam tubuh. 

Lemak ini merupakan suatu kondisi yang disebabkan karena energi yang masuk (dari makanan) lebih besar dari energi yang keluar ((untuk metabolisme basal + pencernaan + aktivitas fisik).

Pada dasarnya, menurunkan berat badan perlu dilakukan melalui tiga cara yang sangat umum yaitu mengurangi asupan energi, meningkatkan aktivitas fisik dan merubah perilaku makan yang salah. 

Sebagian besar orang yang berusaha menurunkan berat badan menghadapi satu masalah yang hampir sama, yaitu mereka menginginkan hasil yang instan. 

Perlu Anda pahami bahwa setiap diet menurunkan berat badan yang sukses berawal dari kerja keras, komitmen, dan kesabaran.

Selain itu, obat pelangsing yang mengklaim dapat menurunkan berat badan atau berbagai macam diet populer yang dilakukan oleh para artis, belum tentu baik untuk Anda. 

Selain tiga cara di atas, berikut ini cara-cara sehat untuk menurunkan berat badan yang berlebih. 

  • Tambah asupan serat

Penurunan berat badan yang dianjurkan adalah 0.5 kg per minggu. Penurunan berat badan yang drastis tidak disarankan untuk kesehatan. 

Perlu diingat bahwa segala sesuatu yang instan biasanya tidak berujung baik. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa diet dengan cara “mengurangi asupan lemak dan meningkatkan asupan serat” adalah pilihan diet terbaik untuk mengurangi berat badan dalam jangka waktu yang panjang. 

Diet ini jauh lebih sehat dan efektif dibandingkan dengan jenis-jenis diet lainnya yang dipopulerkan oleh selebgram idaman Anda.

Baca Juga: Syarat, Biaya Pendaftaran, Materi Tes, dan Jadwal SNBT 2023 Pengganti UTBK-SBMPTN

  • Kurangi minuman kemasan 

Kegemukan sering terjadi karena seseorang sering “meminum” kalori. Tahukah kamu bahwa minuman manis menyumbangkan banyak asupan kalori di tubuh. 

Jika makan pagi, siang, dan malam Anda masih ditemani dengan teh manis, Anda perlu menggantinya dengan air putih. 

Jogging selama 1 jam dapat mengeluarkan energi sebesar 500 kkal, sementara mengonsumsi 1 potong cheese cake menyumbangkan asupan energi yang sama, yaitu 500 kkal. 

Jadi Anda perlu lebih bijak dalam memilih makanan dan minuman. Caranya dengan membaca label informasi gizi. Membaca label ini membantu Anda mengontrol asupan energi.

Anda dapat membandingkan kandungan energi dari satu makanan dengan makanan lain melalui label informasi gizi di kemasannya. Buang makanan ringan tinggi kalori dari pandangan Anda. 

Kontrol diri adalah kunci untuk tubuh ideal Anda. Mengukur berat badan secara teratur dapat membantu dalam memonitor kenaikan berat badan yang tidak diinginkan.

  • Ganti camilan dengan buah 

Ganti snack atau camilan dengan buah-buahan. Buah dapat membantu Anda lebih lama kenyang akibat kandungan seratnya yang tinggi. 

Buah juga kaya akan vitamin dan mineral. Rujak dan buah potong dapat menjadi pilihan yang tepat dalam mengganjal perut. 

Durasi aktivitas fisik lebih penting dibandingkan dengan intensitasnya. Jogging selama 1 jam lebih baik dibandingkan angkat beban selama 10 menit. 

Anda juga dapat memilih tipe aktivitas fisik permainan seperti bermain basket dan sepak bola. 

Tahukah Anda bahwa hormon leptin dan grelin yang mengatur rasa lapar dan kenyang dapat menjadi kacau jika begadang? Karenanya hindari tidur terlalu malam dan atur pola tidur Anda untuk menghindari permasalahan hormonal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×