kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,79   5,15   0.56%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rendah Indeks Glikemik! 6 Buah Ini Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes Tipe 2


Jumat, 16 Juni 2023 / 14:38 WIB
Rendah Indeks Glikemik! 6 Buah Ini Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes Tipe 2
ILUSTRASI. Biji jambu memiliki indeks glikemik rendah dan aman dikonsumsi penderita diabetes tipe 2.


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

BUAH UNTUK PENDERITA DIABETES TIPE 2 - Penderita diabetes tidak boleh sembarangan mengonsumsi buah-buahan. Ini enam buah berindeks glikemik rendah yang aman dikonsumsi penderita diabetes tipe 2. 

Penderita diabetes tipe 2 harus selektif dalam mengonsumsi makanan dan minuman. 

Baca Juga: Sushi Baik atau Buruk untuk Kesehatan?

Para ahli kesehatan menyarankan penderita diabetes tipe 2 membatasi atau menghindari konsumsi makanan manis, termasuk buah-buahan jenis tertentu. 

Perlu Anda ketahui, buah - buahan tertentu memiliki indeks glikemik tinggi yang bisa memicu naiknya kadfar gula darah dengan cepat. 

Mengutip dari FOOD NDTV, penderita diabetes tipe 2 disarankan untuk mengonsumsi buah yang memiliki indeks glikemik rendah. Alasannya, buah-buahan tersebut bisa membantu menjaga kadar gula darah agar tidak melonjak. 

Berikut buah-buahan yang memiliki indeks glikemik rendah dan aman dikonsumsi penderita diabetes tipe 2: 

1. Ceri 

Buah ceri memiliki skor indeks glikemik terendah sekitar 20. Selain itu, ceri mengandung vitamin C, serat, potasium, dan antioksidan. 

Bagusnya lagi, ceri memiliki jumlah kalori yang rendah dan bisa membantu  menurunkan berat badan. 

2. Jeruk 

Jeruk, buah kaya vitamin c yang ramah untuk penderita diabetes tipe 2. Satu buah jeruk memiliki skor indeks glikemik 40.  

Jeruk bisa membantu mengatur tekanan darah pada tubuh jika dikonsumsi secara rutin. 

3. Buah pir 

Buah pir memiliki indeks glikemik 38. Buah pir merupakan sumber serat yang membuat perut keyang lebih lama dan menurunkan berat badan. 

Selain itu, buah pir mengandung vitamin C, K, potasium, dan tembaga. 

4. Apel 

Apel memiliki skor indeks glikemik di bawah 40. 

Apel kaya antioksidan dan mengandung serat dan air yang tinggi sehingga bisa menurunkan nafsu makan dan mengelola berat badan. 

5. Jambu biji 

Jambu biji mengandung vitamin C, potasium, dan serat yang dianggap baik untuk penderita diabetes. 

Jambu biji memiliki kalori rendah dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan usus, dan membantu menurunkan berat badan. 

6. Stroberi 

Buah stroberi memiliki indeks glikemik 41 dan mengandung vitamin C. 

Buah stroberi yang dikonsumsi secara rutin bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tubuh sehat secara keseluruhan.

Selain itu, stroberi juga mengandung vitamin A, C, folat, fosfor, dan mangan. 

- Penderita diabetes tidak boleh sembarangan mengonsumsi buah-buahan. Ini enam buah berindeks glikemik rendah yang aman dikonsumsi penderita diabetes tipe 2. 

Penderita diabetes tipe 2 harus selektif dalam mengonsumsi makanan dan minuman. 

Para ahli kesehatan menyarankan penderita diabetes tipe 2 membatasi atau menghindari konsumsi makanan manis, termasuk buah-buahan jenis tertentu. 

Perlu Anda ketahui, buah - buahan tertentu memiliki indeks glikemik tinggi yang bisa memicu naiknya kadfar gula darah dengan cepat. 

Mengutip dari FOOD NDTV, penderita diabetes tipe 2 disarankan untuk mengonsumsi buah yang memiliki indeks glikemik rendah. Alasannya, buah-buahan tersebut bisa membantu menjaga kadar gula darah agar tidak melonjak. 

Berikut buah-buahan yang memiliki indeks glikemik rendah dan aman dikonsumsi penderita diabetes tipe 2: 

1. Ceri 

Buah ceri memiliki skor indeks glikemik terendah sekitar 20. Selain itu, ceri mengandung vitamin C, serat, potasium, dan antioksidan. 

Bagusnya lagi, ceri memiliki jumlah kalori yang rendah dan bisa membantu  menurunkan berat badan. 

2. Jeruk 

Jeruk, buah kaya vitamin c yang ramah untuk penderita diabetes tipe 2. Satu buah jeruk memiliki skor indeks glikemik 40.  

Jeruk bisa membantu mengatur tekanan darah pada tubuh jika dikonsumsi secara rutin. 

3. Buah pir 

Buah pir memiliki indeks glikemik 38. Buah pir merupakan sumber serat yang membuat perut keyang lebih lama dan menurunkan berat badan. 

Selain itu, buah pir mengandung vitamin C, K, potasium, dan tembaga. 

4. Apel 

Apel memiliki skor indeks glikemik di bawah 40. 

Apel kaya antioksidan dan mengandung serat dan air yang tinggi sehingga bisa menurunkan nafsu makan dan mengelola berat badan. 

5. Jambu biji 

Jambu biji mengandung vitamin C, potasium, dan serat yang dianggap baik untuk penderita diabetes. 

Jambu biji memiliki kalori rendah dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan usus, dan membantu menurunkan berat badan. 

6. Stroberi 

Buah stroberi memiliki indeks glikemik 41 dan mengandung vitamin C. 

Buah stroberi yang dikonsumsi secara rutin bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tubuh sehat secara keseluruhan.

Selain itu, stroberi juga mengandung vitamin A, C, folat, fosfor, dan mangan. 

Baca Juga: 4 Air Rebusan Daun Ini Bisa Menurunkan Gula Darah Sekaligus Tekanan Darah Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×