kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penyebab dan cara menghilangkan komedo dengan bahan alami


Kamis, 27 Agustus 2020 / 12:28 WIB
Penyebab dan cara menghilangkan komedo dengan bahan alami
ILUSTRASI. Madu bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan komedo.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Tak hanya jerawat, komedo adalah permasalahan lain yang sering muncul di kulit wajah. Meski tak terlalu mengganggu, cara menghilangkan komedo tetap perlu Anda lakukan agar kulit wajah sehat.

Komedo muncul karena ada minyak yang terperangkap dalam kulit wajah. Mengutip Nykaa, cara menghilangkan komedo yang efektif adalah dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Komedo banyak muncul saat pubertas. Perubahan hormon menyebabkan produksi sebum meningkat. Banyaknya sebum membuat pori-pori tersumbat sehingga sel kulit mati dan bakteri tak bisa keluar.

Selain saat pubertas, komedo banyak muncul ketika seorang wanita mengalami perubahaan hormon lainnya. Misalnya, saat hamil,menopause, atau menstruasi. Meningkatnya jumlah progresteron membuat produksi minyak juga bertambah.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan mata panda

Nykaa menyebutkan, faktor genetik juga dapat jadi penyebab munculnya komedo. Orangtua dengan kondisi kulit sensitif memiliki kemungkinkan menurunkan hal yang sama pada anaknya.

Stres dan pola hidup tak sehat lainnya juga bisa memperparah munculnya komedo. Anda perlu mengatur stres lebih baik, berhenti merokok, mengurangi konsumsi alkohol, dan memiliki waktu tidur yang cukup agar komedo tak lebih parah.

Bahan alami untuk menghilangkan Komedo

Sebaiknya, jangan menghilangkan komedo dengan cara memencetnya. Hal itu bisa membuat kondisi komedo jadi lebih parah. Ada banyak cara menghilangkan komedo yang bisa Anda lakukan, salah satunya menggunakan bahan-bahan alami.

Bahan alami pertama yang bisa digunakan untuk menghilangkan komedo adalah Aloe vera. Caranya, menurut Nykaa, campurkan Aloe vera dengan air lemon lalu balurkan pada komedo.

Baca Juga: Cara mengatasi bibir kering dengan bahan alami

Menghilangkan komedo dengan menggunakan Aloe vera cukup efektif. Sebab, lidah buaya memiliki kandungan antimikroba.

Madu juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan komedo. Bahan alami ini mampu membersihkan bakteri.

Menghilangkan komedo menggunakan madu cukup mudah. Caranya, panaskan madu selama 10-15 detik lalu aplikasikan pada wajah yang sudah dicuci.

Kemudian, bilas menggunakan air bersih setelah Anda diamkan selama 15 menit. Jangan lupa untuk memastikan terlebih dahulu, madu tak terlalu panas untuk digunakan agar kulit wajah tak terluka.

Bahan alami untuk menghilangkan komedo lainnya yang bisa Anda gunakan adalah cuka apel. Sama seperti madu, cuka apel juga mampu membersihkan bakteri, mengurangi inflamasi, dan membersihkan pori-pori.

Baca Juga: Manfaat masker kopi dan cara membuatnya

Campurkan dua hingga 3 sendok makan cuka apel dalam air hangat lalu balurkan ke komedo. Diamkan selama 20 menit lalu bilas menggunakan air. Anda bisa mengulangi cara ini sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×