Kecantikan & Kebugaran

Manfaat masker kopi dan cara membuatnya

Kamis, 27 Agustus 2020 | 10:23 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Manfaat masker kopi dan cara membuatnya

ILUSTRASI. Tak hanya enak diminum, kopi juga bisa dibuat masker. Kulit menjadi sehat dan cerah adalah salah satu manfaat masker kopi. (KONTAN/ Bidara Pink)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak hanya diolah menjadi minuman yang memberikan energi, kopi juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain. Salah satunya adalah sebagai bahan dasar masker. Ada banyak manfaat masker kopi karena mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang tinggi.

Mengutip dari United Kingdom Association for Solution Focused Practice (UKASFP), ada beberapa manfaat masker kopi yang bisa Anda dapat. Masker kopi dapat mencegah tanda-tanda penuaan, mencegah jerawat, dan membuat kulit sehat.

Baca Juga: 3 Cara menghilangkan jerawat batu dengan bahan alami

Pijatan memutar menggunakan kopi juga mampu menghilangkan selulit karena memperlancara aliran darah di bawah kulit. Manfaat kopi masker lainnya adalah membuat kulit segar dan lentur karena kafein yang dikandung.

Manfaat Masker Kopi

Menurut UKASFP, manfaat masker kopi yang pertama adalah sebagai exfoliation alami. Dengan teksturnya yang unik, kopi bisa dimaksimalkan sebagai masker dan face scrub. Tak hanya mengangkat sel kulit mati, kopi juga mampu membuat kulit menjadi lebih cerah.

Manfaat masker kopi untuk mencerahkan kulit semakin terasa jika dicampurkan dengan susu. Anda bisa membuat masker kopi sendiri. Caranya, campurkan kopi dan susu sampai berbentuk pasta. Aplikasikan pasta tersebut pada wajah, diamkan 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Tak hanya berfungsi sebagai exfoliation alami dan mencerahkan, manfaat masker kopi lainnya adalah mengurangi mata panda dan kantung mata yang mengganggu penampilan. Pembuluh darah di bawah mata akan menyusut saat Anda mengaplikasikan masker kopi di bawah mata.

Kandungan antioksidan mampu mengembalikan tekstur alami dan kesehatan kulit di sekitar mata. Gunakan masker kopi selama 10 menit di sekitar mata, lalu bilas. Penggunaan teratur akan membuat hasil jadi lebih maksimal.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan mata panda

Manfaat Masker Kopi dengan Minyak Kelapa

Manfaat masker kopi adalah melancarkan aliran darah dan mengurangi kerusakan akibat sinar matahari. Sedangkan minyak kelapa bermanfaat untuk menjaga kulit dari polusi karena adanya kandungan antiinflamasi dan antimikroba.

Minyak kelapa juga berperan melembabkan kulit. Masker yang terbuat dari kopi dan minyak kelapa akan membuat kulit jadi lebih cerah, sehat, dan tampak lebih muda. Untuk membuat masker, siapkan bahan-bahanya terlebih dahulu, yaitu bubuk kopi (1 sdm) dan minyak kelapa secukupnya.

Campurkan dua bahan itu hingga membentuk pasta. Aplikasikan masker yang sudah jadi pada wajah yang sudah dibersihkan lalu diamkan selama 15 menit. Jangan lupa untuk memberi sedikit pijatan sebelum membilas masker menggunakan air.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru