Kecantikan & Kebugaran

Mau kulit wajah lebih sehat? Cara membuat masker kopi ini harus Anda ikuti

Kamis, 06 Agustus 2020 | 11:13 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Mau kulit wajah lebih sehat? Cara membuat masker kopi ini harus Anda ikuti

ILUSTRASI. Cara membuat masker kopi harus Anda ketahui untuk membuat kulit wajah menjadi lebih sehat. (KONTAN/ Bidara Pink)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapat dari kopi. Selain bisa meningkatkan energi, kandungan dalam kopi juga bermanfaat untuk kesehatan kulit, lo. Cara membuat masker kopi pun perlu Anda ketahui agar kulit makin berseri.

Mengutip dari Death Wish Coffee (deathwishcoffee.com), kafein dalam kopi dijadikan salah satu bahan dasar skincare sejak sekitar 10 tahun lalu. Kafein bermanfaat untuk membuat kulit menjadi lebih kencang dan semua jenis kulit bisa menggunakan bahan ini.

Tak hanya berfungsi untuk mengencangkan kulit, kafein dalam kopi juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat, kantung mata, noda hitam, dan kulit kering. Cara membuat masker kopi juga cukup mudah. Death Wish Coffee memberikan rekomendasi cara membuat masker kopi yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Baca Juga: Ini ciri kulit sensitif pada wajah yang mungkin Anda miliki

Cara membuat masker kopi yang pertama tentu saja dengan menyiapkan bahan-bahannya. Anda perlu menyediakan setengah gelas kopi organik, setengah gelas bubuk cokelat tanpa pemanis, segelas susu tanpa pemanis, satu sendok makan air lemon, dan satu sendok makan madu.

Jika Anda memiliki kulit kering, Death Wish Coffee menyarankan untuk mengganti air lemon dengan olive oil atau almond oil. Untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat, Anda bisa menambahkan air lemon alih-alih menggunakan madu.

Cara membuat masker kopi selanjutnya adalah dengan mencampurkan bubuk kopi dan bubuk cokelat dalam sebuah wadah. Kemudian, tambahkan susu hingga campuran menjadi bentuk pasta. Kalau Anda ingin adonan yang lebih kental, Anda bisa menggunakan susu dengan jumlah yang lebih sedikit.

Jangan lupa untuk mencampurkan air lemon dan madu yang sudah Anda siapkan. Cara membuat masker kopi yang terakhir adalah dengan mencampur semua bahan. Setelah itu, aplikasikan masker kopi yang sudah dibuat pada wajah. Diamkan selama sekitar 20 menit atau sampai kering, kemudian bilas menggunakan air bersih.

Baca Juga: 7 cara tepat untuk mencegah penyakit demensia

Manfaat Masker Kopi yang Bisa Anda Dapat

Death Wish Coffee menjelaskan aneka kelebihan kopi untuk dipakai sebagai masker. Pertama, biji kopi bisa mengurangi inflamasi dan kemerahan pada kulit. Selain itu, kopi juga berfungsi untuk menghilangkan kulit mati pada wajah sehingga kulit menjadi lebih bersih dan halus.

Bubuk cokelat yang dipakai juga memiliki antioksidan yang tinggi sehingga bisa melawan radikal bebas. Kandungan sulfur yang ada di dalamnya juga mampu membasmi tumbuhnya jerawat. Semua manfaat itu masih ditambah dengan kehadiran susu, air lemon, dan madu yang bisa membuat kulit nampak lebih cerah, lembut, dan lembab.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru