Kecantikan & Kebugaran

Cara menghilangkan bruntusan di dahi ini perlu Anda coba

Kamis, 23 Juli 2020 | 13:43 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Cara menghilangkan bruntusan di dahi ini perlu Anda coba

ILUSTRASI. Menjaga kebersihan harus Anda lakukan sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah. KONTAN/Carolus Agus Waluyo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memiliki bruntusan di dahi memang sangat mengganggu, tapi bukan berarti Anda tidak bisa mengobatinya. Cara menghilangkan bruntusan di dahi cukup mudah untuk Anda lakukan.

Dengan mengetahui penyebab dan mengubah kebiasaan, bruntusan di dahi Anda bisa hilang dengan cepat. Sebab, dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, Anda bisa mencegahnya.

Dalam laman resminya, Skin Kraft Laboratories menyebutkan, ada beberapa hal yang menyebabkan bruntusan muncul di dahi.

Pertama, dahi termasuk dalam T-zone bersama dengan area hidung dan dagu. Area T-zone berpotensi mengalami lebih banyak masalah kulit karena produksi minyak berlebih.

Baca Juga: Manfaat kopi hitam tanpa gula, bisa turunkan berat badan hingga jaga ingatan

Kedua, perubahan hormon juga berperan karena dapat memengaruhi produksi sebum pada wajah. Perubahan hormon tersebut bisa semakin parah jika Anda mengalami stres.

Ketiga, kebersihan memegang peranan penting dalam kemunculan bruntusan pada dahi. Apalagi, jika kulit Anda tergolong kulit berminyak.

Keempat, rambut yang jarang dicuci dan menempel di wajah bisa menyebabkan bruntusan di dahi lebih parah. Terlebih, jika Anda juga memiliki ketombe.

Kelima, ketombe mampu membuat kulit kepala menjadi berminyak. Karena itu, ketombe menjadi penyebab umum bruntusan di dahi.

Baca Juga: 4 obat herbal turun panas anak yang ampuh khasiatnya

Cara menghilangkan bruntusan di dahi

Skin Kraft Laboratories memberikan beberapa rekomendasi yang bisa Anda coba sebagai cara menghilangkan bruntusan di dahi. Yang terutama, menjaga kebersihan kulit wajah.

Cucilah wajah sebanyak dua kali sehari. Namun, jangan sampai berlebihan dalam mencuci wajah karena akan membuat kulit kering dan justru menstimulasi produksi sebum.

Cara menghilangkan bruntusan di dahi selanjutnya adalah dengan membersihkan sel kulit mati penyebab bruntusan. Anda bisa melakukannya sebanyak dua kali dalam seminggu. Pilihlah produk perawatan kulit yang sesuai agar kulit tidak menjadi iritasi.

Kemudian, bersihkan make up tiap selesai digunakan sebagai cara menghilangkan bruntusan di dahi lebih cepat. Sisa make up yang tidak dibersihkan akan membuat pori-pori tersumbat.

Hilangkan pula kebiasaan memegang bruntusan atau jerawat karena bakteri yang mungkin menempel di tangan bisa membuat kondisinya lebih parah.

Baca Juga: Cara membuat hand sanitizer sendiri, aman dan sesuai aturan

Cara menghilangkan bruntusan di dahi juga bisa Anda lakukan dengan mengurangi stres dan mengonsumsi makanan bergizi.

Skin Karft Laboratories menyebutkan, makanan-makanan yang mengandung banyak vitamin C, vitamin A, dan vitamin E bisa mencegah munculnya bruntusan. Sebaliknya, hindari makanan berkarbohidrat dan mengandung gula tinggi karena akan membuat bruntusan menjadi lebih parah.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru