3 obat jerawat yang ampuh dari bahan alami

Jumat, 17 Juli 2020 | 15:32 WIB   Reporter: Belladina Biananda
3 obat jerawat yang ampuh dari bahan alami

ILUSTRASI. Selain berkonsultasi dengan dokter, bahan alami juga bisa dipakai untuk obat jerawat yang ampuh.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jerawat adalah salah satu kondisi kulit yang dialami oleh hampir seluruh manusia. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah jerawat. Mulai dari berkonsultasi dengan dokter kulit hingga menggunakan obat jerawat yang ampuh menggunakan bahan-bahan alami.

Healthline.com menyebutkan, jerawat muncul akibat pori-pori yang tersumbat karena minyak atau sel kulit mati. Minyak berlebih pada kulit bisa menghasilkan banyak sebum. Itulah menyebabkan pori-pori tersumbat. Tak hanya itu, bakteri juga bisa timbul akibat sebum.

Jerawat bisa lebih parah karena faktor lain. Bisa karena stres yang Anda rasakan, perubahan hormon, makanan yang Anda konsumsi, atau karena faktor gen. Dilansir dari healthline.com, ada obat jerawat yang ampuh untuk Anda coba.

Baca Juga: Perbedaan sunscreen dengan sunblock, mana yang lebih baik?

  • Cuka Apel

Obat jerawat yang ampuh untuk Anda coba adalah cuka apel. Sama seperti jenis cuka lainnya, cuka apel juga bisa dipakai untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Cuka apel mengandung banyak asam alami.

Salah satu asam alaminya bernama succinic acid. Kandungan asam itu mampu mengurangi inflamasi akibat jerawat. Penggunaan cuka apel sebagai obat jerawat yang ampuh bisa mengurangi jumlah minyak berlebih.

  • Madu dan Kayu Manis

Selain menggunakan cuka apel, Anda bisa memakai gabungan madu dan kayu manis sebagai obat jerawat yang ampuh. Gabungan bahan alami itu bisa Anda pakai untuk masker. Kedua bahan yang telah disebutkan kaya akan antioksidan sehingga cukup baik untuk menghilangkan jerawat.

Baca Juga: 4 obat herbal turun panas anak yang ampuh khasiatnya

Sama seperti cuka apel, madu dan kayu manis bisa berfungsi sebagai bahan antiinflamasi. Bakteri penyebab jerawat juga bisa hilang karena madu dan kayu manis memiliki sifat antibakteri.

  • Teh Hijau

Tak hanya sehat untuk tubuh, teh hijau juga bermanfaat sebagai obat jerawat yang ampuh. Anda bisa menggunakan teh hijau sebagai obat jerawat yang ampuh dengan memakaikannya secara langsung, bukan diminum.

Teh hijau memiliki kandungan flavonoid di mana kandungan tersebut bisa membunuh bakteri dan mengurangi inflamasi. Produksi sebum yang berlebih juga bisa dikurangi dengan teh hijau karena adanya kandungan EGCG.

Tak hanya memakai bahan alami sebagai obat jerawat yang ampuh, helathline.com juga mengatakan bahwa ada hal lain yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan jerawat. Caranya adalah dengan mengurangi stres dan rajin melakukan aktivitas fisik seperti olahraga.

 

Editor: Belladina Biananda


Terbaru