Kesehatan Umum

Perbedaan sunscreen dengan sunblock, mana yang lebih baik?

Sabtu, 11 Juli 2020 | 13:11 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Perbedaan sunscreen dengan sunblock, mana yang lebih baik?

ILUSTRASI. Perbedaan sunscreen dengan sunblock perlu diketahui untuk menjaga kesehatan kulit. ANTARA FOTO/Septianda Perdana/foc.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kesehatan kulit menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah menjaganya dari terpaan sinar matahari. Caranya dengan menggunakan krim pelindung, seperti sunblock atau sunscreen. Ada beberapa hal yang menjadi perbedaan sunscreen dengan sunblock.

Mengutip loreal-paris.co.id, memakai sunscreen atau sunblock bisa mencegah dampak buruk dari paparan sinar matahari. Jika kulit tidak terlindungi, paparan sinar matahari bisa menyebabkan masalah kulit, seperti penuaan dini hingga kanker kulit.

Baca Juga: Paparan sinar UV di Jabodetabek meningkat, ini bahaya bagi kulit

Masih dari laman yang sama, loreal-paris.co.id menyebutkan bahwa perbedaan sunscreen dengan sunblock bisa dilihat dari fungsinya. Sunscreen hanya bisa melindungi kulit dari sinar UVB, sedangkan sunblock bisa dipakai untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. Bisa dikatakan, sunblock memiliki fungsi yang lebih lengkap.

Selain fungsi, perbedaan sunscreen dengan sunblock juga terletak di cara pengaplikasiannya pada kulit. Dilansir dari health.com, sunscreen hanya bisa berfungsi saat terserap dalam kulit. Maka dari itu, cara penggunaannya adalah dengan cara digosokkan pada kulit.

Nah, hal yang berbeda berlaku pada sunblock. Anda tidak perlu menggosok sunblock sampai benar-benar terserap dalam kulit. Jadi, bukan hal yang aneh jika sunblock tidak langsung hilang ketika dipakai.

Health.com menyebutkan, tidak ada efek samping yang terjadi jika sunblock atau sunscreen dipakai dengan cara yang benar. Anda harus menyesuaikan penggunaan dengan kondisi kulit.

Baca Juga: Ini 4 hal yang dapat dilakukan untuk memutus penyebaran corona saat new normal

Beberapa produk sunscreen memiliki kandungan minyak. Hal tersebut bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Bila Anda memiliki kulit yang sensitif, ada kemungkinan kulit menjadi iritasi.

Jadi, Mana yang Lebih Baik?

Sunscreen dan sunblock memiliki keunggulannya masing-masing. Dari perbedaan sunscreen dengan sunblock, health.com merekomendasikan penggunaan sunblock untuk orang-orang yang memiliki kulit sensitif. Hal itu disebabkan karena kandungan bahan kimia yang ada di sunscreen bisa membuat kulit menjadi iritasi.

Tiap sunscreen dan sunblock memiliki kandungan SPF atau Sun Protection Factor. Health.com menyarankan untuk memilih sunscreen atau sunblock dengan minimal SPF 30. Kandungan tersebut bisa dipakai untuk menangkal sinar UVB hingga 97%.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru