Kesehatan Anak

4 obat herbal turun panas anak yang ampuh khasiatnya

Kamis, 16 Juli 2020 | 10:25 WIB   Reporter: Belladina Biananda
4 obat herbal turun panas anak yang ampuh khasiatnya

ILUSTRASI. Anggur bisa dipakai sebagai salah satu obat herbal turun panas anak. Foto Dok. Satriya Grape Farm

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Panas atau demam yang terjadi pada tubuh anak biasanya menjadi tanda bahwa ada penyakit lain. Panas menjadi gejala yang muncul saat tubuh melawan infeksi. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi obat herbal turun panas anak.

Anak-anak yang mengalami gejala panas akan merasa tidak nyaman. Hal itu disebabkan karena panas juga menyebabkan tubuh menjadi lemah dan dehidrasi. Dilansir dari food.ndtv.com, ada 4 obat herbal turun panas anak yang bisa Anda coba.

Bawang Putih

Obat herbal turun panas anak pertama yang disebutkan oleh food.ndtv.com adalah bawang putih. Bawang putih memiliki banyak kandungan antibakteri dan antijamur. Kandungan tersebut cukup ampuh untuk mengatasi infeksi sehingga panas anak bisa turun. Rasa hangat dari bawang putih bisa menstimulasi keluarnya keringat, jadi panas yang dirasakan dapat turun.

Baca Juga: Inilah 15 cara menghilangkan jerawat secara alami

Obat herbal turun panas anak bisa dikonsumsi dengan menghancurkan sebutir bawang putih kemudian campur dengan segelas air hangat. Biarkan campuran tersebut selama 10 menit lalu saring. Minumlah sebanyak dua kali sehari untuk hasil yang lebih baik.

Jahe

Jahe terbukti mampu melawan berbaga macam jenis penyakit. Tak hanya dipakai untuk obat herbal turun panas anak, jahe juga bisa dipakai untuk menyembuhkan flu, demam, inflamasi, radang tenggorokan, dan lain sebagainya.

Jahe memiliki kandungan antibakteri yang bisa melawan infeksi. Selain itu, sistem imun tubuh juga bisa meningkat karena konsumsi jahe. Anda bisa menambahkan jahe pada teh atau mencampurnya dengan bahan lain, seperti lemon atau madu.

Baca Juga: 5 obat herbal yang wajib dikonsumsi di tengah pandemi corona

Anggur

Food.ndtv.com mengatakan bahwa anggur memiliki efek mendinginkan. Karena hal tersebut, anggur sangat cocok dipakai sebagai obat herbal turun panas anak. Dengan mengonsumsi anggur, panas yang dirasakan tubuh anak akan segera hilang.

Daun Kemangi

Tak hanya bahan-bahan di atas, daun kemangi juga cukup efektif dipakai untuk obat herbal turun panas anak. Alasannya karena adanya antibiotik yang terkandung dalam daun kemangi. Panas anak bisa turun dengan cepat menggunakan obat herbal ini.

Anda bisa merebus 20 daun kemangi dengan satu sendok teh bawang putih yang sudah dihancurkan. Setelah itu, rebusan daun kemangi bisa diminum sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari. Anda bisa menambahkan sedikit madu pada larutan tersebut.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru