Cara membuat hand sanitizer sendiri, aman dan sesuai aturan

Selasa, 21 Juli 2020 | 12:19 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Cara membuat hand sanitizer sendiri, aman dan sesuai aturan

ILUSTRASI. Cara membuat hand sanitizer sendiri perlu mengikuti aturan yang telah ditetapkan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selama pandemi virus corona, menjaga kebersihan tangan adalah hal penting yang harus dilakukan. Caranya adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau memakai hand sanitizer. Nah, tahukah Anda cara membuat hand sanitizer yang aman?

Mengutip dari healthline.com, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebutkan bahwa hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% bisa dipakai menggantikan sabun untuk membersihkan tangan. Cara membuat hand sanitizer sendiri cukup mudah untuk dilakukan, yaitu dengan menggunakan 3 bahan saja.

Baca Juga: Catat, begini cara menerapkan protokol kesehatan Covid-19 saat pergi ke mal

Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk praktik cara membuat hand sanitizer sendiri adalah dengan menyiapkan bahan yang dibutuhkan. Bahn-bahan tersebut adalah isopropyl dengan kandungan alkohol 90%, gel lidah buaya, dan eseential oil, seperti tea tree oil, lavender oil, atau air lemon.

Healthline.com menyebutkan bahwa kunci cara membuat hand sanitizer sendiri adalah dengan menggunakan perbandingan 2:1 alkohol dan lidah buaya. Hal itu dilakukan agar standar kandungan alkohol dalam hand sanitizer yang ditetapkan oleh CDC masih terpenuhi.

Masih dari laman yang sama, healthline.com menyebutkan tips cara membuat hand sanitizer sendiri versi Jagdish Khubchandani, Profesol Ilmu Kesehatan di Ball State University. Tips pertama yang dikatakan Jagdish adalah menjaga kebersihan tempat pembuatan hand sanitizer.

Baca Juga: Tips aman bersepeda yang wajib Anda coba

Sebelum melakukan cara membuat hand sanitizer sendiri, cucilah tangan Anda sampai bersih. Jangan lupa juga untuk mencuci peralatan yang dibutuhkan selama pembuatan hand sanitizer. Jagdish juga mengingatkan agar Anda tidak menyentuh bahan-bahan secara langsung sebelum hand sanitizer benar-benar jadi.

Healthline.com mengingatkan bahwa cara membuat hand sanitizer sendiri dilakukan pada saat kondisi benar-benar darurat dan di bawah pengawasan ahli. Dikhawatirkan, bila porsi bahan atau cara pembuatan salah, dapat menimbulkan banyak resiko.

Resiko yang bisa ditimbulkan adalah hand sanitizer kurang ampuh untuk membunuh kuman, iritasi kulit, dan resiko terkena zat kimia berbahaya. Anak-anak juga tidak direkomendasikan untuk memakai hand sanitizer yang dibuat sendiri.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru