Tips Sehat

Tips aman bersepeda yang wajib Anda coba

Kamis, 16 Juli 2020 | 10:51 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Tips aman bersepeda yang wajib Anda coba

ILUSTRASI. Menerapkan protokol kesehatan corona agar tetap aman bersepeda.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren bersepeda  terjadi di Indonesia saat pandemi corona. Banyak orang yang melakukannya untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengisi waktu luang. Namun, sayangnya masih banyak orang yang abai terhadap keselamatan saat bersepeda. Menanggapi hal itu, Divisi Humas Polri memberikan tips aman bersepeda yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan keselamatan.

Melalui akun Twitter resminya, @DivHumas_Polri, ada 4 tips aman bersepeda sesuai dengan protokol kesehatan yang perlu dilakukan oleh pengguna sepeda. Tips-tips tersebut meliputi:

1. Gunakan Perlengkapan Aman Bersepeda

Divisi Humas Polri mengimbau agar pengguna sepeda memakai perlengkapan lengkap aman bersepeda. Perlengkapan yang dimaksud meliputi helm, sarung tangan, sepatu, membawa botol minum.

Baca Juga: Menggunakan masker saat bersepeda atau lari punya manfaat, lo, ini penjelasannya

Selain itu, jangan lupa untuk memakai masker. Virus corona bisa tersebar melalui droplet atau aerosol yang berputar di udara. Jika Anda tidak memakai masker, dikhawatirkan virus corona akan masuk ke tubuh Anda.

2. Bawa Hand Sanitizer

Salah satu protokol kesehatan yang harus selalu diterapkan adalah menjaga kebersihan tangan. Saat bersepeda, jangan lupa untuk membawa hand sanitizer. Fungsinya tentu saja agar tangan tetap bersih dari virus corona dan jenis kuman yang lainnya.

3. Lakukan Pemanasan

Selain menerapkan protokol kesehatan, Divisi Humas Polri juga merekomendasikan para pengendara sepeda untuk pemanasan terlebih dahulu. Hal ini penting untuk dilakukan agar tubuh menjadi lebih siap untuk aman bersepeda. Selain itu, pastikan jangan bersepeda terlalu lama. 60 menit adalah waktu maksimal untuk melakukannya.

Baca Juga: Olahraga sepeda membakar kalori berapa? Ini rinciannya

4. Taati Aturan Lalu Lintas

Salah satu keluhan yang disampaikan oleh pengguna kendaraan lain adalah masih banyak pengguna sepeda yang mengabaikan aturan lalu lintas. Karena hal tersebut, tidak sedikit kecelakaan yang terjadi.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pengguna sepeda wajib mematuhi aturan. Ikuti rambu lalu lintas. Selain itu, carilah rute aman bersepeda yang tidak terlalu ramai. Jika Anda bersepeda dengan banyak orang, wajib menjaga jarak agar tidak terjadi penyebaran virus corona.

5. Konsumsi Vitamin

Tips terakhir yang diberikan oleh Divisi Humas Polri adalah menjaga sistem imun tubuh dengan mengonsumsi vitamin. Anda bisa melakukannya sebelum bersepeda agar tubuh tetap dalam kondisi yang sehat

Editor: Belladina Biananda


Terbaru