Kecantikan & Kebugaran

Ini ciri kulit sensitif pada wajah yang mungkin Anda miliki

Rabu, 29 Juli 2020 | 15:33 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Ini ciri kulit sensitif pada wajah yang mungkin Anda miliki

ILUSTRASI. Jerawat yang mudah muncul jadi ciri kulit sensitif pada wajah.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ciri kulit sensitif pada wajah bisa terjadi karena berbagai hal. Contohnya, eksema yang merupakan penyakit genetik. Tak hanya itu, berbagai macam alergi juga dapat menjadi penyebabnya.

Kulit sensitif akan bereaksi pada beberapa jenis produk atau bahan. Mengutip Dermstore, kulit sensitif bisa Anda ketahui dari beberapa ciri berikut:

  • Kulit mudah memerah

Ciri kulit sensitif pada wajah adalah warna kemerahan yang timbul akibat gen ataupun reaksi terhadap beberapa jenis bahan. Jika kulit Anda menjadi iritasi karena bahan tertentu, lebih baik hindari pemakaiannya dalam bentuk apapun.

Baca Juga: Manfaat kopi hitam tanpa gula, bisa turunkan berat badan hingga jaga ingatan

  • Ruam atau jerawat mudah muncul

Ruam atau jerawat yang mudah muncul bisa menjadi ciri kulit sensitif pada wajah. Jika Anda ingin mencoba produk baru, Dermstore merekomendasikan agar Anda mencobanya terlebih dahulu di area yang tidak terlalu kentara, seperti di bawah lengan atau belakang telinga.

Kemudian, tunggu sampai 24 jam untuk melihat, apakah ada ruam yang muncul atau tidak.

  • Kulit terasa terbakar

Saat menggunakan produk tertentu kemudian Anda merasakan sensasi terbakar, itu bisa jadi ciri kulit sensitif pada wajah. Orang-orang yang memiliki kulit sensitif biasanya memiliki skin barrier yang lebih tipis sehingga sensasi terbakar lebih mudah terasa.

Untuk itu, pilihlah produk perawatan yang mengandung hypoallergenic yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif.

Baca Juga: Ampuh! Inilah cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit

Kulit kering

Kulit kering dan iritasi adalah salah satu ciri eksema, di mana skin barrier tidak bisa menjaga kelembabab kulit. Semakin lama, kulit akan menjadi bersisik dan mengelupas.

Untuk eksema ringan, beberapa jenis krim bisa membantu menghilangkan gejala yang timbul.

Kulit terasa gatal

Kulit kering adalah ciri kulit sensitif pada wajah yang bisa karena terlalu sering mencuci wajah dengan air yang terlalu panas. Akan lebih baik jika mengganti kebiasaan tersebut dengan menggunakan air hangat kuku dan gunakan pencuci wajah dengan bahan yang tepat.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru