Kecantikan & Kebugaran

Inilah bahan alami yang paling ampuh sebagai obat jerawat

Sabtu, 25 Juli 2020 | 08:25 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Inilah bahan alami yang paling ampuh sebagai obat jerawat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Obat jerawat banyak disediakan oleh apotik dan salon kecantikan. Namun, sebenarnya ada banyak bahan alami yang bisa sebagia obat jerawat.

Jerawat adalah satu dari sekian banyak masalah kulit yang bisa dialami oleh seseorang. Mengutip dari healthline.com, ada 85% orang yang memiliki jerawat. Itulah mengapa cara menghilangkan jerawat selalu dicari. Mulai dari resep dokter hingga bahan alami, semua digunakan agar jerawat tidak semakin parah.

Ada banyak sekali bahan alami yang bisa dipakai sebagai cara menghilangkan jerawat. Meski demikian, tidak semua bahan alami sudah terbukti kualitasnya. Healthline.com menyebutkan ada 3 bahan alami sebagai cara menghilangkan jerawat yang bisa Anda coba.

Baca Juga: 4 obat herbal turun panas anak yang ampuh khasiatnya

  • Tea Tree Oil

Bahan alami pertama yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat adalah tea tree oil. Dalam Bahasa Indonesia, tea tree oil memang bisa dialihabahasakan menjadi minyak pohon teh. Namun, teh yang dimaksud bukanlah teh yang biasa Anda minum, ya.

Tea tree oil merupakan minyak hasil ekstrasi pohon Melaleuca alternifolio. Pohon ini hanya tumbuh di Benua Australia. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari tea tree oil. Karena itu, bahan alami ini digandrungi oleh banyak orang.

Cara menghilangkan jerawat menggunakan tea tree oil sangat ampuh. Tea tree oil memiliki kandungan antibakteri dan mengurangi inflamasi pada kulit. Kemampuan khusus yang dimiliki oleh tea tree oil adalah melawan P. acnes dan S. Epidermis di mana kedua hal itu menjadi penyebab jerawat.

Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan oleh healthline.com, gel yang mengandung 5% tea tree oil terbukti lebih efektif sebagai cara menghilangkan jerawat daripada losion yang mengandung 5% benzoyl peroxide, bahan yang biasa dipakai untuk menghilangkan jerawat.

Baca Juga: 3 obat jerawat yang ampuh dari bahan alami

  • Teh Hijau

Banyak orang yang mengonsumsi teh hijau untuk kesehatan tubuh. Namun, tahukah Anda bahwa teh hijau juga ampuh sebagai cara menghilangkan jerawat? Teh hijau cukup ampuh menghilangkan jerawat karena adanya kandungan flavonoid dan tannin. Dua kandungan itu mampu mengatasi inflamasi dan melawan bakteri penyebab jerawat.

Dilansir dari helathline.com, teh hijau juga mengandung antioksidan epigallocatechin-3-gallate atau EGCG. Kandungan itu terbukti mengatasi inflamasi, mengurangi produksi sebum pada kulit, dan mencegah pertumbuhan P. acnes pada orang-orang yang sering berjerawat.

  • Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya adalah bahan lainnya yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat. Sama seperti dua bahan alami sebelumnya, cara menghilangkan jerawat menggunakan aloe vera juga ampuh karena adanya sifat antiinflamasi dan antibakteri.

Urea nitrogen, lupeol, dan cinnamonic acid adalah beberapa kandungan yang ada dalam aloe vera. Kandungan-kandungan itu mampu melawan bakteri penyebab jerawat.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru