3 Penyebab jerawat yang tidak Anda sadari

Selasa, 25 Agustus 2020 | 09:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
3 Penyebab jerawat yang tidak Anda sadari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada umumnya, penyebab jerawat adalah hormon dan produksi minyak berlebih. Hormon meningkatkan produksi minyak sehingga menyumbat pori-pori wajah.

Meski faktor genetik berperan penting dalam reaksi tubuh terhadap hormon pemicu jerawat, ada kebiasaan sehari-hari yang membuat kondisi jerawat lebih parah. Melansir dari Cosmopolitan, (cosmopolitan.com), Anda mungkin tak menyadari penyebab jerawat berikut.

Baca Juga: Perlu dihindari! Inilah 3 makanan penyebab jerawat

Sarung Bantal Kotor

Debu, kotoran, dan sisa make up menumpuk pada wajah. Jika tidak dibersihkan sebelum tidur, kotoran-kotoran itu akan berpindah ke sarung bantal yang Anda gunakan dan akan berpindah lagi ke wajah Anda.

Mengutip dari Cosmopolitan, jenis kotoran tersebut dan gesekan kulit wajah dengan sarung bantal kotor menjadi penyebab jerawat yang tidak disadari. Hal tersebut menyebabkan inflamasi dan kondisi jerawat semakin parah.

Cosmopolitan merekomendasikan agar Anda mengganti sarung bantal setelah beberapa malam digunakan. Anda juga bisa memakai sarung bantal berbahan sutra untuk mengurangi gesekan yang dialami kulit wajah Anda.

Waktu Tidur

Penyebab jerawat lainnya yang biasanya tak disadari adalah waktu tidur yang kurang. Waktu tidur digunakan tubuh untuk beristirahat dan memperbaiki bagian tubuh yang rusak. Jika Anda tidak mendapat waktu tidur yang cukup, jumlah kortisol akan meningkat sehingga menyebabkan jerawat.

Kondisi tersebut sama dengan saat Anda stres. Kortisol melepaskan hormon yang dapat mengikat pada kelenjar minyak sehingga jerawat bertambah.
Ada banyak cara untuk bisa mendapat waktu tidur yang cukup. Salah satunya dengan tidak bermain handphone sebelum tidur karena cahaya tidurnya bisa mengganggu.

Baca Juga: 4 Obat sakit punggung tanpa operasi

Produk Perawatan dengan Kandungan yang Salah

Kandungan produk perawatan atau skincare yang tidak sesuai dengan kebutuhan kulit jadi penyebab jerawat lainnya yang tidak banyak disadari. Cosmopolitan menggunakan mineral oil sebagai contoh. Mineral oil adalah agen pelembab yang dapat menyumbat pori-pori.

Selain itu, fragarance atau pewangi dan sodium lauryl sulfate adalah kandungan lain yang jadi penyebab jerawat. Cosmopolitan menyarankan agar Anda membaca label produk terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Editor: Belladina Biananda
Terbaru