kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perlu dihindari! Inilah 3 makanan penyebab jerawat


Jumat, 21 Agustus 2020 / 12:57 WIB
Perlu dihindari! Inilah 3 makanan penyebab jerawat
ILUSTRASI. Gula jadi salah satu makanan penyebab jerawat yang sebaiknya Anda hindari.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang cukup menyebalkan. Kemunculan jerawat bisa mengurangi rasa percaya diri. Ada banyak hal yang menstimulus kehadiran jerawat, salah satunya makanan penyebab jerawat.

Makanan dan minuman yang Anda konsumsi berperan pada kondisi kulit wajah Anda. Mengutip The Dermatology Specialist, makanan penyebab jerawat meningkatkan kemunculan masalah kulit tersebut sebanyak 10%.

Ada banyak sekali produk perawatan kulit yang bisa Anda gunakan. Namun, menghindari makanan penyebab jerawat adalah salah satu kunci untuk mencegah munculnya jerawat dan masalah kulit lain.

Melansir The Dermatology Specialist, sebaiknya Anda membatasi konsumsi junk food dan makanan manis. Berikut makanan dan minuman penyebab jerawat yang perlu Anda hindari:

Baca Juga: Ampuh! Inilah 3 cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami

Susu

Susu dan makanan yang mengandung susu merupakan makanan penyebab jerawat yang perlu Anda waspadai. Jerawat terasa semakin parah karena adanya bovine hormone pada makanan tersebut.

Meski sulit untuk dihindari, membatasi konsumsi susu dan makanan mengandung susu perlu Anda lakukan. Anda bisa mencoba susu almon sebagai pengganti.

Alkohol

Minuman penyebab jerawat adalah alkohol. Mengonsumsi banyak alkohol bisa mengubah jumlah hormon dalam tubuh. The Dermatology Specialist menyebutkan, alkohol belum terbukti berpengaruh langsung terhadap jerawat.

Namun, konsumsi alkohol membuat jumlah estrogen atau testosteron menjadi tidak seimbang. Hal itulah yang menjadi faktor utama munculnya masalah kulit seperti jerawat. Saat jumlah hormon meningkat, kulit akan memproduksi sebum.

Baca Juga: 3 Cara mengatasi gigi berlubang yang perlu Anda tahu

Sebum akan menyumbat pori-pori bersama minyak dan bakteri. Kondisi tersebut menimbulkan jerawat dan membuatnya terasa sakit. Anda perlu memperhatikan konsumsi makanan penyebab jerawat ini agar tidak menimbulkan masalah.

Gula

Gula jadi salah satu makanan penyebab jerawat. Makanan yang mengandung gula membuat jumlah insulin dalam tubuh meningkat drastis. Saat jumlah insulin meningkat, produksi minyak di kulit juga ikut bertambah.

Minyak berlebih di kulit dan sebum bisa membuat pori-pori tersumbat. Anda bisa mulai berhenti mengonsumsi makanan penyebab jerawat ini dengan menguranginya sedikit demi sedikit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×