kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara mengatasi bibir kering dengan bahan alami


Rabu, 26 Agustus 2020 / 11:02 WIB
Cara mengatasi bibir kering dengan bahan alami
ILUSTRASI. Cara mengatasi bibir kering bisa menggunakan bahan alami seperti madu. REUTERS/Tatyana Makeyeva


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bibir kering, pecah-pecah, hingga mengelupas merupakan suatu masalah yang perlu diselesaikan. Selain bisa mengganggu penampilan, bibir kering juga bisa membuat Anda tidak nyaman. Cara mengatasi bibir kering bisa menggunakan beberapa hal, yaitu menggunakan pelembab bibir atau bahan alami.

Mengutip dari Healthline (healthline.com), bibir kering bisa dikarenakan udara kering dan dingin, efek sinar matahari, dan efek produk kosmetik. Cara mengatasi bibir kering bisa memakai bahan alami berupa minyak kelapa, madu, dan bahan alami lainnya.

Mulai dengan Exfoliating

Bibir kering dan pecah-pecah bisa menyebabkan kulit mengelupas. Anda perlu melakukan exfoliating untuk membersihkan sel kulit mati. Dengan begitu, pelembab bibir akan semakin mudah menjangkau kulit baru di bawah area kulit yang mengelupas.

Baca Juga: 4 Penyebab penyakit kulit yang perlu diperhatikan

Mengutip dari Healthline, Anda bisa membuat bahan exfoliating sendiri. Siapkan gula atau garam dapur (1 sdm), madu (1 sdm), mangkuk, cotton bud, dan lap basah. Selanjutnya, campurkan semua bahan dalam mangkuk.

Setelah semua bahan tercampur, gunakan cotton bud untuk mengambil bahan, kemudian balurkan pada bibir. Anda bisa mengaplikasikan bahan dengan gerakan memutar dan beri sedikit tekanan. Jika dirasa sudah cukup, bersihkan bahan dari bibir menggunakan lap basah.

Minyak Kelapa

Setelah sel kulit mati dibersihkan, cara mengatasi bibir kering bisa dengan minyak kelapa. Tujuannya agar kelembaban bibir tetap terjaga. Tak hanya melembabkan, minyak kelapa berfungsi meningkatkan barrier kulit.

Minyak kelapa juga memiliki kandungan antiinflamasi dan antibakteri sehingga cocok digunakan sebagai cara mengatasi bibir kering. Anda bisa menggunakan minyak kelapa selama seharian. Aplikasikan minyak kelapa pada bibir menggunakan cotton bud atau jari tangan bersih.

Baca Juga: 3 Cara menghilangkan jerawat batu dengan bahan alami

Madu

Melansir dari Healthline, madu memiliki kandungan antiinflamasi, antimikroba, dan penyembuh luka. Kandungan itu membuat madu cocok dipakai sebagai cara mengatasi bibir kering. Madu bisa melembabkan dan mencegah infeksi pada kulit kering dan pecah-pecah.

Sama seperti minyak kelapa, madu bisa Anda gunakan selama seharian. Aplikasikan pada bibir menggunakan cotton bud atau jari tangan yang bersih. Jika Anda memiliki alergi pada serbuk sari bunga, sebaiknya menggunakan bahan alami lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×