kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kaya akan vitamin C, inilah manfaat jeruk nipis yang bisa didapat


Senin, 17 Agustus 2020 / 11:12 WIB
Kaya akan vitamin C, inilah manfaat jeruk nipis yang bisa didapat


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PRATAYANG SABTU. Jeruk nipis adalah salah satu buah yang kaya akan antioksidan, vitamin C, dan nutrisi lainnya. Karena kandungan tersebut, bukan hal yang janggal jika manfaat jeruk nipis banyak diburu orang. Jeruk nipis bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah batu ginjal dan penyakit jantung, serta mengobati penyerapan zat besi yang terganggu.

Meski ukurannya kecil, jeruk nipis mengandung banyak nutrisi bermanfaat. Mengutip dari Healthline (healthline.com), dalam 67 g jeruk nipis terdapat 20 kalori, 7 g karbo, 0.1 g lemak, 22% vitamin C, 1.9 g serat, 2% zat besi, kalsium, vitamin B6, dan tiamin. Dari kandungan tersebut, ada banyak sekali manfaat jeruk nipis yang bisa Anda rasakan.

Baca Juga: Ingin gemuk? Makanan penambah berat badan inilah jawabannya

Sumber Antioksidan yang Baik

Antioksidan adalah kandungan penting yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Jika tidak segera dihilangkan, radikal bebas berlebih bisa membuat tubuh terkena penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, dan jenis-jenis kanker.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat jeruk nipis untuk meningkatkan daya tahan tubuh didapat karena adanya vitamin C yang banyak. Vitamin C bisa membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang bisa menjaga tubuh dari serangan penyakit. Vitamin C juga bisa bermanfaat untuk mengobati luka lebih cepat dengan mengurangi inflamasi dan menstimulur produksi kolagen. 

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Jeruk nipis juga bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan kesehatan kulit. Melansir dari Healhtline, satu penelitian melibatkan 4000 dan vitamin C. Hasilnya, wanita yang mengonsumsi vitamin C lebih banyak bisa menurunkan resiko kerutan dan kulit kering.

Baca Juga: 3 faktor risiko penyebab kanker ginjal yang sebaiknya Anda waspadai

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Manfaat jeruk nipis juga bisa dimaksimalkan untuk mengurangi resiko penyakit jantung. Vitamin C dalam jeruk nipis bisa menurunkan tekanan darah tinggi, faktor utama yang menyebabkan penyakit jantung. Selain itu, vitamin C juga dapat mencegah atherosclerosis (penyakit yang disebabkan oleh terbentuknya plak pada arteri).

Mencegah Terbentuknya Batu Ginjal

Jeruk nipis memiliki kandung citric acid yang tinggi sehingga bisa meningkatkan jumlah sitrat dalam tubuh. Manfaat jeruk nipis ini juga dapat mengikat mineral penyebab batu ginjal.

Hasil penelitian yang dilansir dari Healthline menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak jeruk nipis memiliki resiko batu ginjal lebih rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×