kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nyeri Asam Lambung Bisa Diredakan dengan Lemon? Simak Penjelasannya


Sabtu, 15 April 2023 / 15:30 WIB
Nyeri Asam Lambung Bisa Diredakan dengan Lemon? Simak Penjelasannya


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Saat seseorang terserang asam lambung atau acid reflux, dia akan merasakan mulas hingga rasa panas di dada. 

Dilansir dari Medical News Today, asam lambung menyebabkan mulas dan sensasi terbakar akibat sebagian kandungan asam lambung naik ke kerongkongan. 

Ketika mengalami gejala asam lambung yang parah dan terlalu sering, bisa jadi merupakan tanda gastroesophageal reflux disease (GERD) atau kondisi asam lambung kronis. 

Gejala utama saat mengalami asam lambung adalah rasa mulas yang akrab kita sebut sakit maag, serta rasa asam yang tidak enak di mulut akibat asam lambung. 

Gejala asam lambung sering kali semakin parah setelah makan, saat berbaring, atau saat membungkuk. 

Air lemon dan asam lambung 

Dilansir dari Healthline, dalam sebuah studi, diketahui bahwa ada bukti makanan kaya asam askorbat, seperti jus lemon, dapat membantu melindungi lambung dari kanker tertentu dan kerusakan lainnya. 

Temuan ini terutama berlaku untuk orang dengan kondisi tukak atau luka pada lambung. Jika kondisi asam lambung Anda disebabkan oleh naiknya kandungan asam lambung yang rendah, minum air lemon bisa bermanfaat bagi karena potensi efek alkalisasinya. 

Baca Juga: Asam Lambung Sebabkan Sensasi Terbakar di Tenggorokan, Ini 9 Minuman untuk Obatnya

Meskipun jus lemon sangat asam, jumlah yang kecil dan dicampur dengan air dapat memiliki efek alkali ketika dicerna. Ini dapat membantu menetralkan asam di perut Anda. 

Selain itu, sebuah studi pada 2014 menemukan bahwa lemon dikaitkan dengan penurunan tekanan darah, terutama pada orang yang berisiko terkena tekanan darah tinggi dan kolesterol. 

Lemon kaya akan vitamin C atau asam askorbat, yang merupakan antioksidan kuat dan membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh asam lambung. 

Jika Anda ingin mencoba ramuan sederhana ini, Anda bisa mencampurkan satu sendok makan jus lemon segar dengan 0,2 liter air. Minum sekitar 20 menit sebelum makan untuk membantu mencegah gejala yang mungkin dipicu oleh makanan. 

Hindari mengonsumsi jus lemon secara langsung, karena kandungan keasamannya. Anda perlu mengencerkannya dengan air terlebih dahulu. 

Baca Juga: 9 Manfaat Bunga Pepaya untuk Kesehatan yang Menakjubkan




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×