kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Minuman Ini Bisa Redakan Sensasi Terbakar & Nyeri Tenggorokan Akibat Asam Lambung


Jumat, 14 April 2023 / 03:25 WIB
9 Minuman Ini Bisa Redakan Sensasi Terbakar & Nyeri Tenggorokan Akibat Asam Lambung
ILUSTRASI. Seseorang yang mengalami refluks asam, atau asam lambung, kerap merasakan sensasi terbakar dan nyeri di tenggorokan dan dada.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Seseorang yang mengalami refluks asam, atau asam lambung, kerap merasakan sensasi terbakar dan nyeri di tenggorokan dan dada. 

Mengutip The Quint, jika Anda ingin menghilangkan gejala tanpa usaha atau diet khusus, Anda harus mulai minum lebih banyak air dan mengunyah makanan secara perlahan. 

Beberapa dokter juga merekomendasikan makan makanan kecil secara berkala untuk mencegah refluks asam.

Refluks asam terjadi ketika asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan atau pipa makanan seseorang. Adalah umum bagi orang untuk mengalami refluks asam sebentar-sebentar.

Namun, orang yang secara konsisten mengalami refluks asam mungkin menderita penyakit gastroesophageal reflux (GERD).

Beberapa faktor dapat berkontribusi terhadap asam lambung seperti waktu makan, postur setelah makan, konsumsi alkohol, merokok, konsumsi minuman berkafein dan penggunaan rempah-rempah yang berlebihan dalam makanan. 

Baca Juga: Aturan Konsumsi Ketumbar agar Efektif Menurunkan Asam Lambung

Oleh karenanya, diet memainkan peran penting dalam mencegah kumatnya asam lambung dan komplikasinya. 

Melansir NDTV, Sweedal Trinidade, ahli gizi senior di P.D. Rumah sakit Hinduja menyarankan beberapa minuman terbaik yang dapat bekerja sebagai obat yang efektif untuk asam lambung. Apa saja?

1. Air kelapa

Asam lambung menyebabkan tenggorokan Anda seperti terbakar. Dalam situasi seperti itu Anda mencari minuman dingin yang menenangkan. 

Minum air kelapa menawarkan beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa. Jadi, inilah cara kerjanya. Kelapa kaya akan karbohidrat dan elektrolit seperti natrium, kalium dan magnesium. 

Ini adalah minuman yang sempurna untuk rehidrasi yang meninggalkan efek pendinginan. Kandungan kalium air kelapa (7mEq dalam 100ml) cukup baik untuk menyeimbangkan pH lambung.

2. Smoothie

Minuman smoothie terdiri dari sayuran, buah-buahan dan smoothie oat yang sarat dengan serat. Asupan serat yang tinggi memiliki nilai rasa kenyang yang lebih tinggi. Makan lebih sedikit juga mencegah asam lambung. Anda dapat menyiapkan smoothie pisang oat dalam susu dingin dengan mudah di rumah.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×