kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Manfaat Bunga Pepaya untuk Kesehatan yang Menakjubkan


Jumat, 14 April 2023 / 09:13 WIB
9 Manfaat Bunga Pepaya untuk Kesehatan yang Menakjubkan
ILUSTRASI. salah satu manfaat bunga pepaya yakni membantu menurunkan kadar insulin dalam tubuh. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Bunga pepaya kaya akan vitamin dan mineral penting untuk tubuh. Bunga pepaya juga memiliki sifat antioksidan dan mengandung folat. Sehingga, ada banyak manfaat bunga pepaya untuk kesehatan. 

Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah pepaya antara lain, vitamin A, Vitamin E dan Vitamin C. Sama seperti buahnya, bunga pepaya juga sumber serat makanan yang baik untuk tubuh.

Baca Juga: 9 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan, Bisa Lancarkan ASI

Nah, salah satu manfaat bunga pepaya yakni membantu menurunkan kadar insulin dalam tubuh. Di Indonesia, bunga pepaya biasanya diolah dengan cara ditumis. 

Namun, perlu diingat bahwa bunga pepaya hanya dapat dikonsumsi dalam keadaan matang. Jangan pernah konsumsi bunga pepaya dalam mentah karena bersifat racun dan dapat membahayakan kesehatan. 

Lalu, apa saja manfaat bunga pepaya untuk kesehatan? 

Baca Juga: Penting Bagi Penderita Gout, Ini 14 Makanan yang Bisa Bikin Asam Urat Rontok

Manfaat bunga pepaya untuk kesehatan 

Dirangkum dari laman NDTV Food dan Kementerian Pertanian, berikut adalah sejumlah manfaat bunga pepaya untuk kesehatan yang jarang diketahui: 

1. Membantu mengobati masalah hati dan infeksi paru 

Manfaat bunga pepaya untuk kesehatan yang pertama adalah dapat membantu mengobati masalah hati dan infeksi paru. Bunga pepaya sarat dengan vitamin dan serat esensial yang sangat baik untuk hati. 

Kandungan ini dapat membantu hati membuang racun dari tubuh. Karena itu, konsumsilah bunga pepaya secara rutin untuk menghilangkan zat limbah dari dalam tubuh.

Baca Juga: Selain Pahit, Ini 10 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh

2. Melancarkan pencernaan

Manfaat bunga pepaya untuk kesehatan berikutnya adalah membantu melancarkan sistem pencernaan.

Bunga pepaya kaya akan tanin, yaitu enzim yang memperlancar sistem pencernaan dan mencegah sembelit. 

Baca Juga: Selain Mentimun dan Pepaya, Ini Bahan Alami yang Bisa Menurunkan Asam Lambung Tinggi

3. Meningkatkan nafsu makan 

Manfaat bunga pepaya yang lain adalah menambah nafsu makan. Biasanya, bunga pepaya digunakan untuk meningkatkan nafsu makan anak. 

Cara ini sudah lama digunakan oleh masyarakat Indonesia dan merupakan pengobatan kuno untuk meningkatkan nafsu makan.

Caranya, konsumsilah bunga pepaya matang setelah bangun tidur sebelum mengonsumsi makanan lain untuk meningkatkan nafsu makan. 

Baca Juga: 9 Gejala Anemia Pada Ibu Hamil dan Cara Mencegahnya

4. Menurunkan berat badan 

Kemudian, manfaat bunga pepaya juga bisa membantu menurunkan berat badan. Mengonsumsi bunga pepaya setiap hari bisa sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. 

Bunga pepaya memiliki semua vitamin penting seperti vitamin A, vitamin B, dan vitamin C yang bermanfaat bagi kesehatan dan membantu menurunkan berat badan lebih cepat. 

Baca Juga: 9 Gejala Anemia Pada Ibu Hamil dan Cara Mencegahnya

5. Mencegah stroke

Salah satu manfaat bunga pepaya juga bisa membantu mencegah stroke. Bunga pepaya kaya akan antioksidan yang dapat membantu menurunkan risiko paparan radikal bebas ke dalam tubuh. 

Bunga pepaya mengandung enzim yang membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Sehingga, dipercaya mampu membantu mencegah risiko stroke jantung. 

Baca Juga: Asam Lambung Tinggi Bisa Diatasi dengan 7 Herbal Ini

6. Mengontrol kolesterol

Manfaat bunga pepaya juga bisa membantu mengontrol kolesterol dalam tubuh. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel yang sehat. 

Namun, kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit, khususnya yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. 

Hal ini karena kebiasaan makan yang tidak sehat dapat membuat penumpukan lemak di arteri. Bunga pepaya memiliki kandungan folat dan antioksidan yang tinggi yang membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Baca Juga: Sariawan Tak Kunjung Sembuh? Coba Konsumsi 5 Buah ini untuk Mengobati Sariawan

7. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat bunga pepaya juga bisa dirasakan oleh penderita diabetes. Kandungan bunga pepaya membantu menghasilkan insulin dalam tubuh yang membantu memecah gula secara alami.

Jurnal BMC Complementary Medicine and Therapies menjelaskan ekstrak tumbuhan pepaya memiliki efek hipoglikemik dan anti oksidan. Hal ini tentu baik untuk penderita diabetes karena dapat menurunkan kadar gula darah. 

Baca Juga: 14 Makanan Penurun Asam Urat yang Baik Dikonsumsi, Ada Kuaci

8. Meningkatkan metabolisme tubuh

Manfaat bunga pepaya juga bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme penting bagi tubuh karena banyak energi yang dikonsumsi tubuh untuk menjalankan fungsi sehari-hari. 

Semakin tinggi metabolisme tubuh, semakin cepat makanan dicerna dan energi dilepaskan dalam tubuh. Sistem ini dapat membantu mencegah penumpukan lemak dalam tubuh. 

Konsumsi bunga pepaya secara rutin dapat membantu meningkatkan fungsi metabolisme dalam tubuh.

Baca Juga: 4 Nutrisi yang Bermanfaat untuk Meningkatkan Produksi Kolagen, Yuk Catat!

9. Manfaat bunga pepaya untuk kesehatan jantung 

Manfaat bunga pepaya juga baik untuk kesehatan jantung. Bunga pepaya kaya akan vitamin A, C dan E yang menjadikannya sumber serat makanan yang baik. 

Bunga pepaya juga kaya folat dan memiliki sifat antioksidan yang mencegah oksidasi kolesterol. Sehingga, bunga pepaya dapat digunakan dalam mencegah penyakit seperti aterosklerosis, stroke, serangan jantung, dan penyakit jantung terkait diabetes.

Demikian sejumlah manfaat bunga pepaya untuk kesehatan yang menakjubkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×