kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45912,11   2,80   0.31%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan, Bisa Lancarkan ASI


Jumat, 14 April 2023 / 07:51 WIB
9 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan, Bisa Lancarkan ASI
ILUSTRASI. Manfaat daun katuk untuk ibu menyusui lantaran kandungan asam seskuiterna yang berperan dalam melancarkan ASI. KONTAN/Daniel Prabowo/19/01/2009


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Daun katuk kaya zat gizi. Kandungan kalori, protein, dan karbohidrat daun katuk hampir setara dengan daun pepaya dan daun singkong. Namun, kandungan zat besinya lebih tinggi. Hal itu membuat ada banyak manfaat daun katuk untuk kesehatan, terutama ibu menyusui. 

Dikutip dari buku "Ragam & Khasiat Tanaman Obat Sehat Alami dari Halaman Asri" (2008) oleh Hieronymus Budi Santoso, daun katuk juga kaya akan vitamin A, B1, dan C.

Selain itu, daun katuk juga mengandung tanin, saponin, flavonoid, dan alkaloid papaverin, sehingga manfaat daun katuk sangat potensial untuk menjadi bahan obat tradisional. 

Baca Juga: Inilah Fakta dan Mitos tentang Ibu Menyusui yang Penting Dipahami oleh Perempuan

Salah satu manfaat daun katuk yang paling banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah untuk melancarkan produksi air susu ibu (ASI). Manfaat daun katuk untuk ibu menyusui ini lantaran kandungan asam seskuiterna yang berperan dalam melancarkan ASI. 

Selain melancarkan ASI, ternyata masih ada sejumlah manfaat daun katuk untuk kesehatan. Namun, meski ada banyak manfaat daun katuk, daun katuk juga memiliki efek samping yang dapat mengganggu penyerapan fosfor. 

Efek samping daun katuk juga bisa menimbulkan gangguan sesak nafas, sulit tidur, dan tidak enak makan. Lalu, apa saja manfaat daun katuk untuk kesehatan? 

Baca Juga: 3 Rekomendasi ASI Booster yang Bagus untuk Melancarkan ASI

Manfaat daun katuk untuk kesehatan 

Manfaat daun katuk yang paling populer adalah sebagai pelancar ASI.

Dirangkum dari buku "Manfaat Daun Katuk dan Bunga Pepaya Jantan Pada Status Gizi Ibu Hamil", (2021) oleh Tanty Wulan Dari, berikut adalah sejumlah manfaat daun katuk untuk kesehatan: 

1. Melancarkan ASI

Manfaat daun katuk yang paling populer adalah sebagai pelancar ASI. Hal ini lantaran daun katuk mengandung protein, senyawa minyak esensial (saponin, flavonoid, tanin, triterpenoid), sejumlah asam amino, vitamin A, B, dan C, mineral (kalsium, fosfor, zat besi) serta tujuh senyawa aktif lainnya. 

Penelitian terhadap kemampuan daun katuk dalam memproduksi ASI juga sudah banyak dilakukan. Selain itu, banyak tablet suplemen pelancar ASI dengan bahan utama ekstrak daun katuk. 

Baca Juga: 4 Terapi Komplementer untuk Meningkatkan Produksi ASI

2. Kesehatan mata 

Manfaat daun katuk berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan betakaroten yang tinggi dipercaya membantu mencegah gangguan mata. 

3. Mencegah osteoporosis

Salah satu manfaat daun katuk yakni membantu mencegah osteoporosis. Kandungan kalsium pada katuk cukup baik untuk diasup, terutama bagi perempuan yang tidak ingin terkena osteoporosis. 

Baca Juga: Cegah Stunting, Dexa Group Gandeng BKKBN Lewat Produk OMAI

4. Mengatasi hipertensi

Selanjutnya, manfaat daun katuk yakni membantu mengatasi hipertensi. Kadar kalsium yang sangat rendah dapat menyebabkan naiknya tekanan darah tinggi. 

Untuk mengatasinya, cobalah mengonsumsi daun katuk yang cukup baik kadar kalsiumnya. 

Baca Juga: 5 Manfaat Kelor untuk Kecantikan, Cari Tahu Yuk

5. Vitalitas pria 

Kemudian, manfaat daun katuk juga bisa membantu meningkatkan vitalitas pria.

Dalam daun katuk terdapat zat aktif yang mampu merangsang sintesis hormon steroid seperti progesteron dan testoteron sehingga membangkitkan vitalitas seksual, memacu kualitas dan kuantitas sperma. 

Baca Juga: 5 Jenis Obat Herbal untuk Membantu Melancarakan ASI

6. Mengatasi flu dan anemia

Salah satu manfaat daun katuk juga bisa membantu mengatasi flu dan anemia. Daun katuk mengandung efedrin yang sangat baik bagi penderita influenza. 

Kandungan zat besi yang cukup tinggi tentunya dapat mengatasi anemia. 

Baca Juga: Wow, Daun Kelor Ternyata Bermanfaat untuk Kecantikan. Anda Perlu Tahu!

7. Mengobati frambusia 

Manfaat daun katuk salah satunya adalah membantu mengobati frambusia. Frambusia adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum pertenue

Cara mengobati frambusia dengan daun katuk yakni siapkan seperempat genggam daun katuk yang telah dicuci bersih dan giling sampai halus.

Baca Juga: Punya nutrisi tinggi, berikut 24 makanan pelancar ASI

Tambahkan seperempat cangkir air masak dan sedikit garam, lalu aduk sampai merata. 

Berikutnya, peras dan saring. Air perasan diminum dan ampasnya digosok-gosokan ke bagian badan yang terserang frambusia. Lakukan dua kali sehari hingga sembuh. 

Baca Juga: Moms, ini Resep Sup Udang Favorit untuk Keluarga

8. Mengatasi sembelit 

Manfaat daun katuk berikutnya adalah mengatasi sembelit. Sembelit bisa terjadi karena banyak hal. Di antaranya karena duduk terlalu lama, kurang minum air, menahan-nahan buang air besar, kerja hati dan kantong empedu yang tidak lancar. 

Untuk mengusir sembelit, siapkan 200 gram daun katuk segar yang sudah dicuci bersih. Rebus dengan segelas air selama 10 menit, lalu saring. 

Minum air hasil saringan tersebut secara teratur dua kali sehari, masing-masing 100 ml. 

Baca Juga: 7 Cara memperbanyak produksi ASI secara alami

9. Menyembuhkan borok 

Berikutnya, manfaat daun katuk juga bisa membantu menyembuhkan borok. Cara menggunakan daun katuk untuk mengobati borok yakni siapkan segenggam daun katuk. 

Lalu cuci dan lumatkan. Tempelkan lumatan daun katuk pada bagian badan yang terserang borok.

Demikian sejumlah manfaat daun katuk untuk kesehatan, terutama manfaat daun katuk untuk ibu menyusui sebagai pelancar ASI. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×