kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan yang Terbukti Klinis, Wajib Tahu!


Selasa, 21 Maret 2023 / 14:02 WIB
5 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan yang Terbukti Klinis, Wajib Tahu!
ILUSTRASI. Manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Simak beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh yang terbukti secara klinis. Oleh sebab itu, manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh sangat menarik perhatian dan wajib diketahui.

Dengan begitu manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi dan direkomendasikan untuk dikonsumsi.

Berbagai manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh tidak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam daun kelor di antaranya seperti protein, vitamin C, vitamin A, vitamin B2, kalium, zat besi, magnesium dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan yang Menarik Perhatian, Cek!

Lantas apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh?

Melansir dari BBC Good Food, berikut beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan:

1. Mengandung Banyak Antioksidan

Salah satu manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh yang cukup menarik perhatian di antaranya mengandung banyak antioksidan. Pasalnya, senyawa antioksidan membantu melindungi sel dari kerusakan yang ditimbukan oleh radikal bebas.

Baca Juga: 7 Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui, Sudah Tahu?

2. Mengontrol Gula Darah

Manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu mampu mengontrol gula darah. Hal tersebut dikarenakan daun kelor terbukti dapat merangsang sel-sel pankreas yang bertanggung jawab untuk menyimbangkan gula darah.

Sebuah penelitian menarik yang mengamati efek bubuk daun kelor pada wanita pascamenopause menunjukkan bahwa mengonsumsi 1½ sendok teh bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan mengurangi kadar glukosa darah puasa rata-rata 13,5 persen. Ini menunjukkan bahwa kelor dapat membantu dalam mengatasi beberapa perubahan fisiologis yang dialami oleh wanita paruh baya.

Baca Juga: Suka Terong? Ini 5 Manfaat Terong Untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

3. Mengurangi Peradangan

Tak berhenti disitu manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh lainnya adalah mampu mengurangi peradangan. Hal tersebut dikarenakan mengkonsumsi daun kelor mampu menghambat proses peradangan tersebut.

Studi pada hewan dan tabung reaksi mendukung penggunaan daun kelor, meskipun masih relatif sedikit penelitian yang mengkonfirmasi efek ini pada manusia.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Buah Kesemek Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

4. Melindungi Hati

Manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh sangat efektif untuk melindungi hati. Oleh sebab itu, daun kelor sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi.

Dalam penelitian pada hewan, senyawa pelindung tingkat tinggi daun kelor yang disebut polifenol membantu melindungi hati dan meningkatkan pemulihan jaringan yang rusak.

Dilansir BBC Good Food, uji coba pada manusia yang sangat baru menunjukkan kemungkinan peran kelor sebagai obat anti kanker untuk kanker hati.

Baca Juga: Kenali 10 Manfaat Jeruk Bali Untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui

5. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh yang tak boleh terlewatkan yakni dapat meningkatkan fungsi kognitif. Sifat antioksidan yang kaya dari kelor dapat mendukung fungsi kognitif dan berguna dalam memerangi penurunan kognitif, serta kondisi seperti demensia dan Alzheimer. 

Selain itu, tampaknya daun kelor mungkin berguna dalam mendukung keseimbangan suasana hati, memori, dan neurotransmitter. Demikian beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan yang menarik diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×