kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

14 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan dan Cegah Penyakit Tidak Menular


Sabtu, 25 Maret 2023 / 06:35 WIB
14 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan dan Cegah Penyakit Tidak Menular


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah manfaat pepaya bagi tubuh untuk membantu mencegah penyakit tidak menular. 

Salah satu manfaat pepaya adalah melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol, mengurangi risiko kanker, mengurangi risiko penyakit jantung, melindungi hati, dan indeks glikemik rendah yang baik bagi penderita diabetes.

Selain itu, manfaat pepaya juga bisa membantu menurunkan berat badan karena kandungan seratnya tinggi dan kalorinya pun rendah. 

Buah pepaya juga mudah ditemukan di Indonesia dan harganya pun murah. Lantas, apa saja manfaat pepaya? 

Baca Juga: 7 Obat Ini Punya Efek Samping Menaikkan Gula Darah, Penderita Diabetes Wajib Tahu!

Manfaat pepaya

Dirangkum dari laman Healthline dan Kementerian Kesehatan, berikut adalah sejumlah manfaat pepaya yang dapat membantu mencegah penyakit tidak menular:

1. Melancarkan pencernaan

Manfaat pepaya yang cukup dikenal oleh masyarakat yakni dapat melancarkan pencernaan. Hal ini lantaran enzim papain dalam pepaya membuat protein lebih mudah dicerna. 

Studi menunjukkan, orang yang rutin mengonsumsi pepaya selama 40 hari terbukti lebih aman dari serangan konstipasi dan kembung. Selain itu, konsumsi pepaya yang kaya akan serat dan air juga bisa mencegah sembelit dan meningkatkan keteraturan frekuensi BAB. 

Baca Juga: 5 Jenis Obat Herbal untuk Membantu Melancarakan ASI

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Selanjutnya, manfaat pepaya jika dikonsumsi secara rutin juga bisa meningkatkan kesehatan jantung. Studi menunjukkan, buah-buahan dengan kandungan likopen dan vitamin C dapat membantu mencegah penyakit jantung. 

Sementara antioksidan dalam pepaya dapat melindungi jantung dan meningkatkan efek perlindungan dari kolesterol baik atau HDL. 

3. Bagus untuk kesehatan kulit 

Selain itu, manfaat pepaya juga dapat membantu kulit wajah dan tubuh menjadi lebih kencang serta awet muda. Aktivitas radikal bebas yang berlebihan dapat memicu munculnya kerutan, kulit kendur, dan kerusakan lain seiring pertambahan usia. 

Sedangkan vitamin C dan likopen dalam pepaya terbukti melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan tersebut. 

4. Mencegah asma 

Pepaya adalah salah satu buah yang mengandung beta karoten. Nah, manfaat buah pepaya yakni dapat mencegah asma sebab rutin mengonsumsi makanan yang mengandung beta karoten dapat menurunkan risiko terkena asma. 

Baca Juga: 11 Manfaat Daun Pepaya, Salah Satunya Menurunkan Gula Darah

5. Menjaga kesehatan tulang 

Kandungan vitamin K dalam pepaya membuat manfaat pepaya adalah dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Vitamin K penting untuk membantu penyerapan kalsium, mengurangi ekskresi kalsium sehingga bisa membuat tulang lebih kuat. 

6. Baik untuk kesehatan rambut

Buah pepaya mengandung vitamin A yang dibutuhkan untuk produksi sebum yang menjaga kelembapan rambut. Sehingga, manfaat buah pepaya yakni baik untuk menjaga kesehatan rambut. 

7. Menurunkan kolesterol

Selanjutnya, manfaat pepaya yakni dapat menurunkan kolesterol. Pepaya merupakan sumber serat, antioksidan serta vitamin C. Makan buah ini berarti menghindarkan diri dari kolesterol. 

Baca Juga: Sederet Obat Alami untuk Membantu Melancarkan Haid

8. Baik untuk penderita diabetes

Meskipun manis dalam segi rasa, pepaya memiliki kandungan gula rendah dan indeks glikemik yang juga rendah, sehingga sangat baik untuk pasien diabetes.

Kaya nutrisi phyto dan vitamin, pepaya juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung bagi penderita diabetes dan melindungi hati.

9. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat pepaya juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sebab, pepaya kaya vitamin C, dan bahkan menyediakan dua kali lipat asupan vitamin C harian yang direkomendasikan. 

Ini berarti sistem kekebalan tubuh dapat terjaga dengan makan buah ini, sehingga mampu bertahan dari semua jenis infeksi.

10. Melindungi dari radang sendi

Pepaya memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat dan kaya vitamin C. Jadi manfaat pepaya itu baik sekali untuk memperkuat tulang dan melindungi tubuh terhadap arthritis atau radang sendi.

Baca Juga: 5 Daun Ini Efektif Menurunkan Gula Darah Penderita Diabetes, Tak Ada Salahnya Mencoba

11. Mengurangi stres

Selanjutnya, manfaat pepaya adalah dapat membantu mengurangi stres. Sebab, dengan kadar vitamin C cukup tinggi yang terbukti berkhasiat menjaga produksi hormon stres agar tetap rendah.

12. Mengurangi nyeri haid

Enzim dalam pepaya, yang disebut papain membantu mengatur dan melancarkan aliran darah saat menstruasi.

13. Mencegah kanker usus & prostat

Menurut studi yang Harvard School of Public Health, beta karoten dalam pepaya efektif dalam menekan pertumbuhan kanker usus serta kanker prostat. 

Juga, antioksidan dan flavonoid dalam pepaya mencegah kerusakan radikal dalam sel dan membantu mengurangi risiko kanker.

14. Membuat mata lebih sehat

Manfaat pepaya juga bisa membuat mata lebih sehat lantaran buah ini mengandung cyptoxanthin, zeaxanthin dan lutein serta vitamin A. Sehingga, pepaya mencegah degenerasi makula akibat penuaan dan melindungi mata dari kemungkinan kerusakan. 

Demikian manfaat pepaya untuk membantu mencegah penyakit tidak menular. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×