kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Obat Ini Punya Efek Samping Menaikkan Gula Darah, Penderita Diabetes Wajib Tahu!


Selasa, 11 Oktober 2022 / 09:17 WIB
7 Obat Ini Punya Efek Samping Menaikkan Gula Darah, Penderita Diabetes Wajib Tahu!
ILUSTRASI. Sejumlah obat dapat menjadi pemicu gula darah Anda naik, sebagai bentuk efek sampingnya.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Bagi penderita diabetes, sangat penting untuk memperhatikan obat apa saja yang Anda konsumsi. Pasalnya, sejumlah obat dapat menjadi pemicu gula darah Anda naik, sebagai bentuk efek sampingnya. 

Mengutip Kementerian Kesehatan, normalnya kadar gula darah sewaktu (GDS)/tanpa puasa kurang dari 200 mg/dl, lalu gula darah puasa (GDP) kurang dari 126 mg/dl. Jika lebih dari itu, Anda memiliki gula darah tinggi yang menjadi penyebab diabetes. 

Mengutip Everyday Health, berikut sejumlah obat yang memiliki efek samping meningkat gula darah tinggi: 

1. Beta-blocker

Beta-blocker merupakan obat penurun tekanan darah. Sehingga, umum untuk mengobati kondisi medis, seperti detak jantung tidak teratur, kecemasan, dan semacamnya. Namun, obat ini memiliki efek samping yang bisa meningkatkan gula darah Anda.

Beberapa jenis beta-blocker memiliki efek samping peningkat gula darah lebih kecil, tetapi umumnya harganya lebih mahal.

Baca Juga: 11 Manfaat Daun Pepaya, Salah Satunya Menurunkan Gula Darah

2. Statin

Statin biasanya digunakan sebagai obat penurun kadar kolesterol LDL serta obat terapi yang mencegah penyakit jantung dan stroke. Namun, statin juga bisa menjadi obat pemicu gula darah tinggi. Bagi orang-orang dengan pradiabetes, penggunaan statin dikaitkan dengan risiko lebih besar terkena diabetes.

Studi diterbitkan pada Oktober 2017 di jurnal BMJ Open Diabetes and Research Care, melacak orang dengan pradiabetes selama 10 tahun. Ditemukan hasilnya bahwa penggunaan statin dikaitkan dengan risiko 30 persen lebih tinggi terkena diabetes.

Namun, para ahli mengatakan bahwa efek samping statin tidak lebih parah dari manfaatnya karena tidak ada obat alternatif yang baik untuk mengatasi jantung dan stroke. Serangan jantung dan stroke adalah pembunuh utama bagi penderita diabetes.

3. Niasin

Niasin adalah vitamin B yang tersedia sebagai suplemen yang dijual bebas (over-the-counter/OTC). Niasin biasanya berguna untuk menurunkan kolesterol LDL, tetapi dapat menjadi pemicu gula darah tinggi.

Ini seperti statin, dapat meningkatkan glukosa darah pada penderita diabetes. Studi yang diterbitkan pada Februari 2016 di jurnal Heart menyimpulkan bahwa niasin meningkatkan risiko terkena diabetes. 

4. Kortikosteroid 

Kortikosteroid merupakan obat penurun peradangan yang biasa digunakan untuk:

  • Radang sendi
  • Asma
  • Alergi
  • Cedera sendi

Kortikosteroid yang digunakan dalam inhaler atau krim kulit cenderung tidak memengaruhi glukosa darah karena itu tidak memasuki aliran darah dalam jumlah yang cukup besar. Sementara jika obat disuntikkan atau dicerna melalui mulut, dapat secara signifikan meningkatkan glukosa darah.

“Jika hanya pengobatan jangka pendek, efeknya tidak akan terlalu lama dan mungkin tidak banyak mempengaruhi," kata Timothy In-Chhu Hsieh, kepala endokrinologis di Kaiser Permanente West Los Angeles Medical Center di California.

Baca Juga: 9 Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan, Mampu Mengurangi Tekanan Darah

Namun, jika digunakan selama beberapa hari atau minggu, maka kadar gula darah bisa naik dan menjadi masalah yang signifikan.

Sehingga, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan obat yang tepat dengan efek samping minimal.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×