Penyakit Menular

Minyak sawit bisa tingkatkan kekebalan tubuh atas Covid-19, loh! Ini penjelasanya...

Rabu, 29 April 2020 | 11:51 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Minyak sawit bisa tingkatkan kekebalan tubuh atas Covid-19, loh! Ini penjelasanya...

ILUSTRASI. Ilustrasi kelapa sawit. REUTERS/Lim Huey Teng


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wabah pandemi virus corona (Covid-19) masih menjadi momok bagi dunia, tak terkecuali Indonesia. Berdasarkan data terkini dari Worldometers, hingga Rabu (29/4/2020), jumlah kasus positif Covid-19 mencapai 3.128.995 kasus. Adapun korban yang meninggal dunia mencapai 217.094 jiwa. 

Sedangkan untuk Indonesia, jumlah kasus yang terkonfirmasi mencapai 9.511 dengan kasus meninggal dunia 773 jiwa. 

Untuk melawan penyakit ini, sangat penting bagi kita untuk mempraktikkan jarak sosial dan tetap tinggal di rumah. Di sisi lain, kita juga disarankan untuk menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan paru-paru. 

Baca Juga: Ini manfaat kurma untuk kesehatan tubuh

Terkait hal ini, ada penemuan menarik dari penelitian yang dilakukan oleh pakar Teknologi Pangan dan Produk Pertanian Universitas Gadjah Mada Sri Raharjo. Yakni, minyak kelapa sawit bisa meningkatkan kekebalan tubuh atas virus corona. 

Sri menjelaskan, untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sangat penting bagi kita mengonsumsi makanan yang mengandung pro-vitamin A, vitamin E dan vitamin C. Semua vitamin ini berfungsi untuk menjaga kesehatan paru-paru dalam menghadapi pandemi Covid-19. Nah, vitamin ini bisa didapat dengan mengonsumsi Virgin Red Palm Oil (VRO).

Baca Juga: Ternyata, puasa Ramadan di tengah pandemi covid-19 justru menguatkan daya tahan tubuh

Sri menjelaskan, VRO mengandung beta karoten atau pro-vitamin A yang 15 kali lebih tinggi dari pro-vitamin A yang terkandung dalam wortel. Sementara itu, minyak kelapa sawit juga mengandung vitamin E (tokoferol) dan tokotrienol tinggi, yang dikenal sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan manusia.

“Vitamin E, tocotrienol, dan pro-vitamin A yang dilarutkan dalam VRO adalah antioksidan kuat yang dapat menangkal radikal bebas. Vitamin C, yang tersedia dalam banyak buah, berfungsi untuk menyegarkan vitamin E sebagai antioksidan yang melemah setelah bereaksi dengan radikal bebas," jelas Sri dalam seminar online atau webinar berjudul "Virgin Red Palm Oil (VRO) untuk meningkatkan kekebalan terhadap pandemi COVID-19" yang diselenggarakan oleh Masyarakat Perkelapasawitan Indonesia (MAKSI) pada Selasa (21/4) lalu.

Baca Juga: Ingat, makan berlebihan saat buka puasa dan sahur bisa turunkan imunitas

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie


Terbaru