kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Minum Kopi Tiga Cangkir Sehari Bikin Liver Sehat?


Selasa, 17 Oktober 2023 / 15:19 WIB
Minum Kopi Tiga Cangkir Sehari Bikin Liver Sehat?
ILUSTRASI. Kopi hitam memberikan manfaat baik untuk kesehatan liver.


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KOPI DAN KESEHATAN HATI - Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi hitam terbukti bisa mencegah kekakuan hati. 

Kopi merupakan minuman favorit masyarakat tanah air. Selain diminum saat pagi, sebagian orang memilih minum kopi pada siang hari. 

Baca Juga: Kaya Serat dan Vitamin, Jus Buah Ini Efektif Membersihkan Usus Kotor

Kopi hitam memberikan banyak dampak positif untuk tubuh secara keseluruhan mulai dari meningkatkan mood, konsentrasi, sampai dengan menurunkan berat badan.

Mengutip dari Eating Well, hasil sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology menunjukkan bahwa minum kopi yang tinggi bisa membantu melindungi hati dari penyakit kronis. 

Berdasarkan penelitian tersebut mengungkapkan minum lebih dari tiga cangkir kopi dikaitkan dengan berkurangnya kekauan hati. 

Penelitian 

Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data dari 4.510 orang dewasa yang tinggal di Amerika Serikat. Para partisipan berusia 20 tahun dan 73% mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. 

Semua partisipan menjalani anaslisis makanan. Para partisipan mengonsumsi kopi hitam tanpa gula. 

Dalam penelitian ini penelitian mengamati hubungan antara konsumsi tiga minuman berbeda dan kekakuan hati. 

Mereka menemukan bahwa partisipan yang minum tiga cangkir kopi berkafein setiap hari memiliki tingkat kekakuan hati yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi apa pun. Tidak ada hubungan signifikan antara pengukuran kekakuan hati dan konsumsi kopi atau teh tanpa kafein.

Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa minum kopi tidak berdampak pada timbulnya penyakit hati berlemak. 

Sekedar info, orang dengan kekakuan hati yang lebih tinggi lebih rendah terhadap sirosis hati, sejenis penyakit hari kronis yang menyebabkan organ kehilangan kemampuan untuk berfungsi dan menyembuhkan dirinya sendiri. 

Penelitian ini adalah penelitian paling komprehensif mengenai hubungan kopi dengan kesehatan hati karena penelitian ini menggunakan dua kali penarikan kembali pola makan selama 24 jam, di mana peserta ditanyai apa yang mereka makan dan minum selama periode 24 jam. 

"Dengan tidak adanya uji coba secara acak, data cross-sectional yang representatif secara nasional menggunakan pengukuran langsung kesehatan hati dan inventarisasi makanan standar emas memberikan beberapa bukti terkuat untuk hubungan ini." kata penulis penelitian. 

Namun, minum kopi saja bukanlah solusi untuk meningkatkan kesehatan hati. Anda sebaiknya tetap mengonsumsi makanan sehat dan mengurangi minum beralkohol untuk agar organ hati tetap sehat. 

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Bermanfaat Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Liver

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×