kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,26   9,90   1.07%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada, Ini 5 Bahaya Minum Kopi Susu Berlebihan Setiap Hari


Minggu, 17 September 2023 / 11:10 WIB
Waspada, Ini 5 Bahaya Minum Kopi Susu Berlebihan Setiap Hari


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pahami beberapa bahaya minum kopi susu berlebihan bagi kesehatan. Konsumsi kafein tentu baik untuk kesehatan dengan takaran tertentu tanpa adanya tambahan bahan lainnya termasuk susu.

Menu kopi susu tentu menjadi salah satu minuman yang digemari di tahun 2023 yakni campuran kopi dengan susu hewani maupun nabati.

Secara umum, kopi susu dibuat dengan mencampurkan espresso atau kopi hitam yang kuat dengan susu, biasanya susu sapi.

Namun, variasi kopi susu dapat menggunakan berbagai jenis kopi dan susu, seperti susu almond, susu kedelai, atau susu kelapa.

Baca Juga: 4 Makanan Penyebab Gula Darah Melambung Tinggi, Pantangan Penderita DIabetes

Bahaya minum kopi susu setiap hari

Kandungan kopi susu terdiri dari dua komponen utama, yaitu kopi dan susu. Seiring perkembangan zaman, kini banyak penjual yang menambahkan pemanis pada kopi susu.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang kandungan utama kopi susu:

Kopi: Bahan ini mengandung kafein, senyawa stimulan yang memberikan efek merangsang pada sistem saraf pusat. Kafein dapat meningkatkan kewaspadaan, memperbaiki mood, dan meningkatkan konsentrasi. Selain itu, kopi mengandung antioksidan, seperti asam klorogenat, yang dapat memberikan manfaat kesehatan.

Susu: Susu mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Susu juga merupakan sumber kalsium yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, susu memberikan kelembutan dan rasa kreaminess pada kopi susu.

Baca Juga: Muncul Rasa Gelisah di Malam Hari, Ada 9 Minuman yang Bisa Atasi Insomnia

Sayangnya, minum kopi susu berlebihan dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Penting untuk dicatat bahwa kandungan kopi susu dapat bervariasi tergantung pada jenis kopi yang digunakan, proporsi kopi dan susu, serta tambahan bahan lainnya seperti gula atau sirup.

Apabila Anda memiliki preferensi diet atau batasan tertentu, misalnya intoleransi laktosa atau alergi susu, Anda dapat mengganti susu sapi dengan alternatif susu nabati.

Berikut ini beberapa bahaya minum kopi susu setiap hari bagi kesehatan dilansir dari Eat This.

Bahaya minum kopi susu setiap hari

1. Gangguan Pencernaan

Jika Anda sering mengalami sakit perut, kembung, atau mual, kemungkinan besar morning latte Anda bisa menjadi penyebabnya.

Penelitian dari Cleveland Clinic sebanyak 36% orang di Amerika berjuang dengan intoleransi laktosa. Sehingga semua kandungan dalam kopi susu dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan.

Apabila Anda merasakan salah satu dari gejala intoleransi laktosa ini, anggap itu sebagai tanda bahwa Anda harus konsumsi susu nabati seperti susu oat.

2. Muncul jerawat

Susu dan gula dalam kopi susu dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Studi observasional dan eksperimental yang tak terhitung jumlahnya telah menemukan hubungan antara susu sapi dan jerawat.

Apabila konsumsi susu tidak hanya dapat menyebabkan jerawat, tetapi juga dapat menentukan tingkat keparahan jerawat.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa asupan gula yang tinggi meningkatkan kemungkinan timbulnya jerawat.

3. Rasa cemas berlebihan

Konsumsi kopi susu setiap hari bisa saja menjadi alternatif pembangkit semangat, tetapi jangan terlalu banyak. Hal itu akan berubah menjadi musuh terburuk.

Dengan konsumsi kafein, otak mulai melepaskan hormon stres seperti epinefrin, norepinefrin, kortisol, dan glukokortikoid. 

Meskipun efek kopi susu pasti membangunkan dan membuat bersemangat, ini akan membuat tubuh merasa dalam "keadaan stres".

Pelepasan hormon ini dapat secara langsung memengaruhi perasaan cemas dan gelisah sepanjang hari.

4. Lemak tubuh meningkat

Bahaya minum kopi susu setiap hari tentu turut meningkatkan konsumsi lemak. Ini terjadi karena kopi susu mungkin memiliki kandungan lemak tinggi dalam susu murni, tetapi Anda mungkin tidak berpikir dua kali saat disajikan dalam kopi.

Dalam segelas kopi susu bisa saja mengandung sekitar 10,6 gram lemak, sedangkan ukuran besar bisa mengandung 17,9 gram lemak.

Bagi wanita, jumlah besar kopi susu tercatat sekitar sepertiga dari asupan lemak harian yang direkomendasikan.

5. Gula darah meningkat

Terakhir, efek yang paling buruk dari minum kopi susu setiap hari adalah peningkatan gula darah. Menu dengan tambahan gula tentu tidak baik dikonsumsi setiap hari.

Terlebih lagi, takaran gula dari beberapa kopi susu tidak tercatat dengan jelas. Menurut WHO pada 2019, batas normal kadar gula darah ante prandial yaitu tidak melebihi atau kurang dari 126 mg/dl.

Tentu, apabila tidak diatur konsumsi kopi susu, bisa saja menimbulkan peningkatan risiko diabetes di kemudian hari.

Sebagai minuman yang mengandung kafein, penting untuk mengonsumsi kopi susu dengan bijak dan memperhatikan batasan asupan kafein harian yang direkomendasikan.

Jumlah kafein dalam kopi susu juga dapat bervariasi tergantung pada seberapa kuat atau lemah kopi yang digunakan.

Itulah sederet informasi terkait bahaya minum kopi susu setiap hari bagi tubuh yang patut diwaspadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×