kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45937,00   8,64   0.93%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 6 Bahaya Minum Susu Kental Manis Berlebihan bagi Kesehatan


Jumat, 21 Juli 2023 / 13:45 WIB
Ini 6 Bahaya Minum Susu Kental Manis Berlebihan bagi Kesehatan
ILUSTRASI. Ini 6 Bahaya Konsumsi Susu Kental Manis Berlebihan bagi Kesehatan


Penulis: Bimo Kresnomurti

6 Bahaya Minum Susu Kental Manis - JAKARTA. Simak beberapa bahaya minum susu kental manis berlebihan bagi kesehatan. Penggunaan susu kental manis tentu sering ditemui pada makanan dan minuman di Indonesia

Susu kental manis adalah jenis susu yang telah diolah dengan cara menambahkan gula untuk memberikan rasa manis dan tekstur yang lebih kental atau pekat.

Ini merupakan variasi dari susu biasa yang umumnya lebih encer dan tidak memiliki rasa manis.

Proses pembuatan susu kental manis melibatkan pemanasan susu dengan gula tambahan hingga larut dan menghasilkan konsistensi yang lebih tebal.

Baca Juga: Sedang Tren, Kenali 7 Bahaya Minum Es Teh Manis Berlebihan bagi Kesehatan

Umumnya, susu kental manis digunakan sebagai pemanis dalam berbagai makanan dan minuman, serta sebagai bahan dalam hidangan penutup atau pencuci mulut, seperti dalam es krim, puding, kue, dan minuman manis seperti es teh kental manis

Konsumsi susu kental manis berlebihan dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan.  Meskipun susu kental manis memiliki rasa yang enak dan manis, sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah terbatas.

Susu kental manis juga mengandung banyak kalori, tapi itu juga memiliki banyak lemak jenuh, yang berbahaya bagi orang dengan diabetes dan masalah jantung.

Berdasarkan studi, makan diet tinggi lemak jenuh dapat meningkatkan insulin dan kolesterol Low Density Lipoprotein (LDL).

Baca Juga: Standar Gula Darah Pria & Wanita Dewasa, Cek Ciri-Ciri Gula Darah Tinggi

Ketika kadar kolesterol LDL tinggi, masalah kardiovaskular lebih mungkin terjadi. Ini juga bisa memperburuk resistensi insulin, yang menghambat tubuh dari metabolisme gula yang mengarah ke diabetes tipe 2.

Selain itu, ada beberapa bahaya minum susu kental manis berlebihan lainnya dilansir dari TDSIB.

Bahaya minum susu kental manis berlebihan

1. Risiko Obesitas

Konsumsi susu kental manis mengandung banyak gula tambahan, yang menyumbang kalori tinggi. Minum kental manis berlebihan gula dapat menyebabkan penambahan berat badan dan berisiko mengalami obesitas.

Tentunya, hal tersebut merupakan faktor risiko bagi berbagai masalah kesehatan, termasuk diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

2. Masalah Gigi

Jika minum susu kental manis berlebihan pada anak-anak, kandungan gula yang tinggi bisa menganggu pertumbuhan gigi. Gula dalam susu kental manis bisa menyebabkan kerusakan pada gigi dan meningkatkan risiko karies gigi jika kebersihan mulut tidak terjaga.

3. Gangguan Metabolisme

Konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan resistensi insulin, yang dapat berkontribusi pada perkembangan diabetes tipe 2 dan masalah metabolisme lainnya.

4. Gangguan Gula Darah

Gula dalam susu kental manis dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat, diikuti oleh penurunan tajam. Hal ini dapat menyebabkan perasaan lelah, lemas, dan peningkatan nafsu makan, yang bisa berujung pada pola makan yang tidak sehat.

5. Kurangnya Nutrisi Penting

Apabila terlalu banyak mengonsumsi susu kental manis, anak-anak atau orang dewasa mungkin mengabaikan konsumsi makanan yang lebih sehat dan bergizi, karena perut mereka sudah kenyang dengan gula dari susu kental manis.

Nutrisi susu kental manis mungkin mengandung lebih sedikit nutrisi dibandingkan susu alami, karena gula dan bahan tambahan lainnya yang digunakan dalam proses pembuatannya.

6. Ketergantungan pada Makanan Manis

Saat minum susu kental manis berlebihan dapat membentuk kebiasaan mengonsumsi makanan manis secara berlebihan, yang bisa menyebabkan ketergantungan pada makanan dengan rasa manis.

Untuk menjaga kesehatan, disarankan untuk mengonsumsi susu kental manis dengan bijaksana dan dalam batas yang wajar.

Apabila memungkinkan, pilih alternatif yang lebih sehat seperti susu rendah lemak tanpa tambahan gula atau sumber kalsium lainnya seperti susu kedelai, almond, atau yogurt tanpa pemanis tambahan.

Pilihlah makanan yang lebih sehat dan kaya nutrisi untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Demikian informasi terkait minum susu kental manis yang memiliki risiko bagi kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×