kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Minum Air Putih Efektif Menurunkan Berat Badan?


Rabu, 10 Mei 2023 / 11:40 WIB
Minum Air Putih Efektif Menurunkan Berat Badan?


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Minum air putih kerap disebut-sebut bisa membantu menurunkan berat badan, benarkah demikian? 

Anda pasti sering mendengar tentang minum air putih lebih banyak bisa menurunkan berat badan. 

Baca Juga: 5 Alasan Kadar Asam Urat Harus Dijaga tetap Stabil

Benarkah, minum air efektif menurunkan berat badan? 

Mengutip dari Health Shots, ahli kesehatan mengatakan bahwa meningkatkan asupan air membantu menurunkan berat badan karena meningkatkan metabolisme. 

Minum air memang bisa membantu menurunkan berat badan tapi harus dikombinasikan dengan olahraga secara rutin. 

Jumlah air yang harus diminum untuk menurunkan berat badan 

Jumlah air yang diminum untuk menurunkan berat badan sekitar 1,5 sampai 2 liter per hari. 

Asal tahu saja, air berfungsi untuk membantu membuang racun dari tubuh. 

Namun, Anda harus memahami kapan tubuh merasa lapar, mengalami dehidrasi, dan membutuhkan air. Misalnya, setelah olahraga, Anda cenderung minum minuman manis dengan anggapan merasa lapar. 

Padahal, minum satu atau dua gelas air sudah cukup dan bisa menyelamatkan Anda dari konsumsi kalori yang tidak diperlukan. 

Waktu yang tepat minum air putih untuk menurunkan berat badan

Air putih memang bisa membantu menurunkan berat badan, namun Anda harus meminumnya di waktu yang tepat yakni: 

  • Segelas air sebelum makan bisa membuat Anda makan lebih sedikit karena air bisa menghilangkan rasa lapar. 
  • Pola makan yang tepat dengan defisit kalori dan latihan bersama dengan 1,5 sampai 2 liter air akan memberikan hasil terbaik dibandingkan hanya minum air putih tanpa usaha. 
  • Minum air putih 500 ml saat pagi hari karena bisa membantu meningkatkan metabolisme sepanjang hari dan memberikan awal yang baik setelah delapan sampai sembilan jam berpuasa saat tidur. 
  • Minum air sebelum olahraga karena bisa membuat tubuh terhidrasi sepanjang sesi dan membantu Anda bekerja lebih baik untuk membakar lemak. 
  • Minum air setelah melakukan tugas yang melelahkan. 

Perlu diingat, Anda sebaiknya menghindari minum air putih setelah makan karena bisa membuat kembung. 

Anda sebaiknya tidak minum banyak air putih saat malam hari karena bisa menganggu waktu tidur. 

Baca Juga: Ini Alasan Makan Gorengan Berbahaya untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×