kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menu Sarapan Ini Bisa Mencegah Asam Urat Datang Lagi


Sabtu, 18 Maret 2023 / 10:02 WIB
Menu Sarapan Ini Bisa Mencegah Asam Urat Datang Lagi


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak cara mencegah asam urat kambuh. Cara mencegah asam urat bisa dimulai dengan memilih menu sarapan yang tepat.

Ada banyak makanan penyebab asam urat. Oleh karena itu, untuk mencegah asam urat kambuh, kita harus memilih menu sarapan yang tidak menyebabkan kadar asam urat naik.

Seiring bertambahnya usia, maka risiko seseorang terkena penyakit asam urat akan meningkat. Asam urat rata-rata mulai dirasakan ketika menginjak usia 30 tahun.

Ada banyak faktor yang membuat penyakit asam urat ini sering kambuh. Rasa panas, nyeri, dan bengkak pada sendi ketika asam urat kambuh bisa disebabkan oleh makanan yang tinggi zat purin, obat-obatan tertentu, hingga faktor keturunan.

Ada pun, asam urat merupakan senyawa alami yang diproduksi tubuh sebagai hasil pemecahan purin.

Namun, apabila kadarnya meningkat di dalam tubuh karena asupan makanan yang kaya purin akan menimbulkan gangguan kesehatan. Biasanya, organisme menghilangkan antara 80-90 persen dari asam urat yang dihasilkan pada siang hari.

Dengan kata lain, ada keseimbangan antara jumlah yang diproduksi dan jumlah yang dikeluarkan. Jika keseimbangan ini tidak teratur, seseorang dapat terkena asam urat. Selain itu, urat yang tinggi juga berpotensi menimbulkan hipertensi dan gangguan pada jantung.

Baca Juga: Hindari dari sekarang, ini makanan dan minuman pantangan penderita asam urat

Menurunkan asam urat dengan diet

Jika seseorang harus dirawat secara medis karena asam urat, biasanya ia akan diberikan pembatasan asupan makanan yang kaya purin dan obat-obatan tertentu. Ketika kadar asam urat meningkat dalam darah, ini menyebabkan kristal kecil purin terbentuk dan menumpuk di persendian.

Penumpukan di sendi inilah yang menyebabkan peradangan dan rasa sakit yang hebat. Selain itu, kelebihan asam urat juga dapat menyebabkan batu ginjal.

Meski ada sejumlah pantangan bagi orang yang menderita asam urat, nyatanya menghentikan suatu makanan tertentu tidak perlu dilakukan. Sebabnya, yang perlu dilakukan adalah menetapkan pola makan yang sehat dan seimbang. Orang yang menderita asam urat juga wajib membatasi konsumsi makanan laut, ikan berminyak, daging merah, atau minuman beralkohol.

Baca Juga: Mau Berat Badan Turun Tanpa Olahraga? Cara Diet Ini Cocok Buat Anda




TERBARU

[X]
×