kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hindari dari sekarang, ini makanan dan minuman pantangan penderita asam urat


Selasa, 14 Desember 2021 / 08:33 WIB
Hindari dari sekarang, ini makanan dan minuman pantangan penderita asam urat
ILUSTRASI. Hindari dari sekarang, ini makanan dan minuman pantangan penderita asam urat


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak daftar makanan dan minuman pantangan asam urat. Penderita asam urat harus menghindari sejumlah makanan dan minuman yang menjadi pantangan agar tidak kambuh lagi.

 Asam urat adalah jenis radang sendi yang dapat menyebabkan rasa sakit, nyeri tekan, kemerahan, dan peradangan. Melansir dari Medical News Today, ada bukti yang menunjukkan bahwa mengonsumsi jenis makanan tertentu dapat memicu asam urat kambuh.

Lalu apa saja makanan dan minuman pantangan penderita asam urat? Berikut ini beberapa daftar makanan dan minuman yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat.

Makanan tinggi purin

Pantangan penderita asam urat yang pertama adalah makanan tinggi purin. Purin, yang terdapat dalam makanan hewani dan nabati, dapat memperburuk gejala asam urat. Oleh karena itu, beberapa penelitian menyarankan agar penderita asam urat tidak mengonsumsi makanan hewani yang tinggi purin.

Namun, makan makanan nabati yang mengandung purin tampaknya tidak memiliki efek yang sama. Selain itu, produk susu, makanan tinggi vitamin C, produk kedelai, dan minyak nabati tertentu sebenarnya dapat mengurangi risiko asam urat.

Baca Juga: Sering diremehkan, ini manfaat minum air hangat setelah makan

Selain makanan hewani seperti daging dan makanan laut, sumber purin lain yang dapat meningkatkan kadar asam urat adalah alkohol dan makanan tinggi fruktosa, yang merupakan jenis gula sederhana yang ada dalam buah dan madu.

  • Makanan mengandung purin yang harus menjadi pantangan penderita asam urat adalah sebagai berikut:
  • daging merah, seperti daging sapi, babi, dan domba jeroan, termasuk hati dan ginjal
  • Makanan laut, seperti remis, kerang, teri, sarden, trout, dan tuna
  • Alkohol, terutama bir

Orang dengan asam urat harus mencoba membatasi atau menghindari makanan pantangan tersebut.

Makanan tinggi fruktosa

Pantangan penderita asam urat yang kedua adalah makanan tinggi fruktosa. Ketika orang makan makanan tinggi fruktosa, itu dapat menyebabkan penipisan adenosin trifosfat.

Kondisi ini, pada gilirannya, dapat menyebabkan produksi asam urat yang berlebihan. Untuk itu, penderita asam urat sebaiknya membatasi makanan yang secara alami banyak mengandung fruktosa.

Ini tidak berarti mengecualikan buah atau madu dari makanan seseorang tetapi memakannya dalam jumlah kecil atau sedang. Namun, seseorang penderita asam urat harus berusaha menghindari konsumsi minuman pantangan seperti soda manis, dan makanan olahan yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi sebagai aditif.

Makanan tinggi karbohidrat

Pantangan penderita asam urat yang ketiga adalah makanan tinggi karbohidrat. Karena karbohidrat juga mengandung gula dan dapat meningkatkan gula darah seseorang, karbohidrat dapat memainkan peran dalam perkembangan resistensi insulin. Ini memiliki hubungan yang kuat dengan kadar asam urat yang tinggi.

Setiap makanan yang mengandung karbohidrat memiliki skor indeks glikemik (GI). Ini mengukur seberapa banyak makanan meningkatkan gula darah seseorang.

Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan asam urat mungkin harus membatasi konsumsi karbohidrat agar GI tetap rendah. Beberapa makanan berkarbohidrat GI tinggi yang harus dibatasi dan menjadi pantangan penderita asam urat meliputi :

  • Sereal sarapan
  • Buah-buahan seperti nanas, pisang, semangka, anggur, dan mangga, serta jus buah
  • Sayuran bertepung, seperti kentang, jagung, labu musim dingin, dan parsnip
  • Nasi
  • Roti putih
  • Makanan ringan seperti kue kering, donat, keripik, pretzel, kue, dan pop tart

Makanan lain yang harus dibatasi karena mengandung karbohidrat dan memiliki skor GI tinggi termasuk minuman manis dan saus manis.

Dehidrasi

Pantangan penderita asam urat yang keempat adalah dehidrasi. Dehidrasi bisa terjadi jika penderita asam urat melakukan puasa. Beberapa orang memilih untuk berpuasa sesekali. Ini mungkin karena alasan agama atau karena alasan kesehatan, seperti untuk menurunkan berat badan.

Meskipun penurunan berat badan dapat bermanfaat untuk mengurangi gejala asam urat, Arthritis Foundation mencatat bahwa puasa dapat memicu gejala asam urat jika orang yang berpuasa mengalami dehidrasi. Orang dengan asam urat harus mengambil tindakan pencegahan khusus saat berpuasa untuk memastikan bahwa mereka minum cukup cairan.

Namun, sebuah studi 2014 membantahnya. Studi tersebut membandingkan orang-orang yang berpuasa dan mereka yang tidak berpuasa selama bulan Ramadan. Studi ini tidak menemukan bahwa orang yang berpuasa mengalami lebih banyak episode asam urat atau kadar asam urat yang lebih tinggi daripada peserta yang tidak berpuasa.

Itulah sejumlah pantangan penderita asam urat, baik makanan dan minuman. Hindari daftar makanan dan minuman pantangan asam urat di atas agar tidak kambuh lagi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Daftar Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat",


Penulis : Galih Pangestu Jati
Editor : Galih Pangestu Jati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×